Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

2 Cara Membuat Subtitle

Cara Membuat Subtitle

Karena beragam bahasa yang ada di dunia ini, membuat para konten kreator harus senantiasa mempelajari bahasa internasional yakni bahasa Inggris.

Kenapa para konten kreator harus mempelajari bahasa lain? Karena video yang dibuat dan di upload ke Youtube bukan hanya dilihat oleh masyarakat negeri ini saja. Tetapi, seluruh dunia melihat video tersebut.

Namun bukankah sangat di sayangkan apabila tidak ada subtitle, orang hanya dapat melihat gambar tanpa mengetahui isi dari video tersebut.

Tapi beda halnya jika ada subtitle pada video tersebut, tentunya video tersebut akan terlihat lebih menarik. Lalu apakah kamu tahu cara membuat subtitle?Berbagai aplikasi dikembangkan oleh beberapa perusahaan untuk mempermudah kamu membuat subtitle.

Peranan subtitle yang sangat penting karena dapat menunjukkan makna sesuatu yang ada di film atau di video yang dibuat, menjadi alasan terkuat mereka dalam menciptakan aplikasi yang khusus digunakan untuk membuat subtitle. Tidak ada alasan lagi untuk tidak membuat subtitle pada konten.

Subtitle

Subtitle merupakan terjemahan dari bahasa satu ke bahasa lainnya. Karena semua orang tidak bisa menguasai bahasa internasional dan bahasa dari negara lain, para penerjemah kerap sekali menggunakan subtitle untuk menerjemahkan bahasa atau tulisan yang ada di film, video, atau karya lain dalam bentuk bahasa dari negara mereka masing-masing. Dengan demikian para penonton dapat terbantu.

Manfaat Subtitle

Selain digunakan untuk memahami bahasa yang ada sebuah film atau video, subtitle memiliki manfaat lain yang bisa membantu kamu dalam beberapa hal.

Tidak heran apabila penonton kerap meraung-raung meminta subtitle, karena menonton sebuah film atau video tanpa mengetahui bahasa yang digunakan dalam film atau video tersebut, sama saja tidak menonton.

Apalagi adegan di dalam film atau video tersebut juga sulit dipahami. Beberapa film atau video yang tidak mempunyai subtitle di dalamnya kadang memiliki penonton sedikit.

Karena tentu, video tersebut hanya bisa ditonton dan dinikmati oleh beberapa orang yang satu bahasa dan satu negara dengan pembuat. Subtitle ini juga bisa digunakan untuk strategi marketing agar bisa menarik banyak perhatian.

Akan sangat disayangkan, video atau film yang bagus tidak memiliki penonton yang banyak karena tidak memberi subtitle.

Padahal film atau video tersebut memiliki potensi besar ditonton oleh ribuan hingga jutaan orang yang kini mudah sekali mengakses media sosial dan media internet.

Untuk lebih lengkapnya, berikut manfaat subtitle yang dapat kamu ketahui selain beberapa hal yang sudah disebutkan di atas, yaitu:

1. Meningkatkan Minat Baca Seseorang

Secara tidak sadar ketika menonton film atau video yang memiliki subtitle, kita sedang melakukan proses membaca. Karena subtitle terbuat dari tulisan, mau tidak mau kita akan membacanya agar mengetahui apa isi dari film atau video tersebut.

Nah seringnya menonton film atau video yang memiliki subtitle, kita juga akan sering membaca tulisan-tulisan itu. Sehingga tanpa kita sadari, kita bisa meningkatkan minat baca diri kita sendiri karena seringnya membaca subtitle.

Selain itu, subtitle dapat merangsang seseorang untuk bisa menulis. Beberapa film yang dibuat sering kali menyajikan kata-kata yang puitis dan kadang menusuk di hati.

Dari hal tersebut, banyak orang yang ingin menulis dan mencoba membuat kata-kata yang ada di film tersebut. Dengan begitu secara otomatis literatur yang sudah tertanam di diri kita akan terangsang dan bakat yang selama ini terpendam akan muncul juga dengan sendirinya.

2. Mempelajari Bahasa Asing

Ketika bertanya pada beberapa orang yang bisa berbahasa asing kenapa mereka bisa secepat itu menguasai bahasa asing, tentu saja mereka akan menjawab karena sering menonton film-film luar negeri.

Nah buat kamu yang ingin belajar bahasa asing dan ingin cepat mudah lancar, kamu bisa menonton film-film asing dengan bantuan subtitle.

Dengan demikian kamu bisa mencatat atau menghafal tiap kata dan tiap arti sembari menonton film kesukaanmu. Mempelajari hal yang disuka tentu akan terasa mudah dan tidak ada beban sedikit pun di dalamnya.

Selain film dan video, ternyata bermain game juga bisa membuat beberapa orang bisa mempelajari bahasa asing. Karena beberapa game yang digandrungi oleh orang-orang biasanya memakai bahasa asing.

Bahasa asing yang ada di game tersebut, merangsang anak untuk menerjemahkan agar mengetahui maksud dari jalannya game tersebut.

Berangkat dari situ, seseorang bisa menghafal satu per satu bahasa asing dan mengumpulkannya menjadi satu-kesatuan.

3. Meningkatkan Daya Tarik

Film-film atau video-video bagus kerap kali menjadi perbincangan orang-orang. Secara otomatis ketika sering dibicarakan orang apalagi pembicaraannya mengarah ke pujian, film-film atau video-video tersebut akan berpeluang memiliki penonton yang banyak.

Sebagai pembuat film selain mengemas penyuguhan film tersebut, kamu harus memperhatikan juga cara memasarkannya, salah satunya memperhatikan subtitle.

Sebaiknya kamu membuat subtitle untuk film atau video yang kamu buat. Karena selain suguhan adegan dan jalannya sebuah film, subtitle memiliki peranan penting dalam meningkatkan daya tarik.

Maka tak heran beberapa negara kerap memberikan subtitle pada film atau video yang dia buat untuk menarik perhatian dan mengulur-ulur rasa penasaran penonton sebanyak-banyaknya.

Cara Membuat Subtitle

Setelah mengetahui manfaat dan betapa pentingnya sebuah subtitle. Kamu juga harus tahu cara membuat subtitle agar film dan video kamu mendapatkan penonton sebanyak-banyaknya ketika di upload atau diedarkan melalui media sosial.

Ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh untuk membuat subtitle sebaik mungkin. Selain penerjemahan, kamu juga perlu sedikit memoles tampilan agar subtitle tersebut dapat dibaca dengan menyenangkan sembari menyimak adegan yang muncul di dalam film atau video tersebut.

Nah kamu tentu penasaran bagaimana membuat subtitle dan meletakkannya di dalam sebuah video. Mau tahu banget ya? Ayo simak caranya dengan baik dan khidmat ya!

1. Cara Membuat Subtitle Dengan Menggunakan Notepad

Cara termudah dalam proses pembuatan subtitle adalah menggunakan notepad. Kamu tidak perlu bingung mencari ke mana-mana, karena notepad ini sudah tersedia di setiap komputer berbasis Windows.

Notepad ini bisa kamu gunakan untuk membuat subtitle yang paling simpel karena kamu tidak perlu mengombinasikan tulisan atau teks dengan warna-warna. Selain itu subtitle ini berformat SubRip. Kamu bisa mencobanya dengan mengikuti langkah berikut ini:

  • Kamu bisa mulai baris pertama dengan angka 1
  • Di bawah angka tersebut, masukkan waktu subtitle tersebut dimulai dan berakhir. Tulislah waktu tersebut dengan format begini: 00:00:20,000
  • Nah setelah menentukan waktu, kamu tinggal menuliskan subtitle di bawah format tersebut
  • Usai menulis subtitle yang pertama, jangan lupa memberi jarang ketika hendak membuat subtitle yang kedua ya
  • Ulangi cara yang pertama tadi untuk subtitle kedua dan seterusnya sesuai dengan durasi film atau video yang kamu buat, jangan sampai terlewat

2. Cara Membuat Subtitle Dengan Menggunakan Aegisub

Cara kedua jika kamu ingin membuat subtitle dengan kombinasi warna-warna, kamu bisa menggunakan aplikasi Aegisub untuk membuatnya.

Fitur pada aplikasi-aplikasi ini juga lebih lengkap dari fitur notepad tadi. Berikut ini langkah-langkahnya yang bisa kamu pelajari, di antaranya:

  • Buka aplikasi Aegisub yang sudah kamu pasang
  • Lalu pilih menu video dan pilihlah video yang ingin kamu beri subtitle
  • Kamu bisa mengatur ukuran atau yang lainnya dengan mengklik menu subtitle dan styles manager
  • Ikuti langkahnya kamu akan bisa membuat subtitle pada video kamu

Cara membuat subtitle mudah sekali dilakukan. Kamu harus memanfaatkan kemudahan ini untuk mengembangkan dan menarik perhatian orang-orang.

Terkhusus kamu yang memang adalah seorang konten kreator. Karena dengan subtitle kamu bisa mengembangkan bakatmu lagi.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.