Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Membuat Tabel Di Microsoft Word

Cara Membuat Tabel Di Microsoft Word

Tabel merupakan suatu wadah yang biasanya digunakan untuk mengelompokkan sesuatu, seperti mengelompokkan nama-nama barang sesuai harga, tanggal, hingga yang lainnya.

Meskipun tidak semua bisa dijadikan dalam satu tabel, tetapi tabel memiliki peranan penting untuk menyusun laporan.

Nah cara membuat tabel di Microsoft Word perlu kamu ketahui ketika hendak menyusun laporan, dan ternyata tabel juga bisa mempersingkat informasi sehingga tidak terlalu rumit dipahami.

Coba kamu bayangkan nama-nama barang dan harga produk yang akan dijual tidak disusun di dalam tabel.

Apa yang terjadi? Kamu akan menggelengkan kepala karena sulit sekali memahami barang-barang yang seharusnya dikelompokkan menjadi tabel-tabel malah ditulis secara mendetail menggunakan metode deskripsi.

Cara Membuat Tabel Di Microsoft Word

Sebenarnya ada dua cara yang bisa kamu lakukan ketika membuat tabel, cara pertama membuat tabel menggunakan Microsoft Word dan yang kedua membuat tabel menggunakan Microsoft Excel.

Kedua cara tersebut sangat efektif tergantung penggunanya, apabila pengguna nyaman dan sering membuat tabel menggunakan Word, maka tidak heran tabel akan tidak jelas wujud ketika menggunakan Excel.

Fungsi Tabel

Sebelum kita membahas mengenai cara membuat tabel di Microsoft word, kita harus tahu bukan mengenai fungsi tabel?

Tentu ada beberapa alasan yang menjadi landasan mengapa tabel sangat diperlukan dalam sebuah dokumen. Memang benar adanya, karena tabel memiliki fungsi yang begitu banyak.

Fungsi ini dapat membantu pekerjaan seseorang yang senantiasa bergelut dengan laporan atau dokumen-dokumen atau lembar-lembar kerja lainnya di Microsoft Word.

Salah satunya untuk pengelompokan agar informasi dapat dipahami dengan jelas, karena beberapa jenis barang atau produk yang banyak tidak akan efektif apabila disusun dalam laporan tanpa menggunakan tabel.

Selain bisa memakan halaman berlembar-lembar, orang atau pimpinan kamu akan malas membacanya, makanya diperlukan tabel dalam mengatasi solusi tersebut.

Fungsi tabel bisa dimanfaatkan dalam hal-hal lain seperti misalnya dalam menyusun jadwal, kelompok kerja, kelompok bisnis, atau kelompok yang lain dan tentunya berjumlah lebih dari satu atau dua.

Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa fungsi tabel yang bisa kamu rasakan ketika nanti menggunakannya dalam menyusun laporan atau menyusun yang lainnya:

  • Untuk membantu meringankan seseorang dalam menyusun laporan. Laporan produk penjualan atau produk yang masuk ke gudang tentu membutuhkan tabel untuk menyusunnya. Sehingga pimpinan dan kamu sendiri tidak akan kesulitan memilah-milah data-data produk yang akan masuk dan yang akan laporan.
  • Mengurangi selisih keuangan. Jika berkaitan dengan laporan keuangan, sebaiknya kamu menggunakan tabel dalam menyusun harga-harga dari produk yang akan masuk dan yang akan keluar. Karena dengan adanya tabel, kamu bisa menghitung keuangan dari hasil penjualan dengan mudah dan selisih dari hitungan bisa kamu hindari.
  • Merapikan laporan. Laporan yang rapi akan enak dilihat dan mudah dipahami. Maka untuk merapikan laporan, kamu perlu mengelompokkan yang bisa kamu kelompokkan ke dalam tabel. Kamu bisa membuatnya menggunakan Microsoft Word.
  • Menghemat halaman laporan. Laporan tentunya berisikan beberapa data yang jumlahnya pasti banyak. Maka untuk itu kamu juga memerlukan tabel untuk menghemat halaman. Halaman yang digunakan seharusnya 30 halaman, hanya 20 halaman saja yang digunakan karena tabel-tabel yang digunakan tersebut.
  • Menyusun jadwal kerja dan kelompok kerja yang sistematis. Penyusun jadwal kerja dan kelompok kerja tidaklah mudah. Ada beberapa orang serta shift yang harus dibagi secara merata. Dengan menggunakan tabel kamu bisa menghindari jadwal yang tempuk antara pekerja satu dengan lainnya. Sehingga jadwal dan kelompok kerja bisa sistematis.

Cara Membuat Tabel Di Microsoft Word

Setelah mengetahui fungsi dari tabel, tentu kamu sudah tidak sabar mengetahui cara membuat tabel di Microsoft Word, agar laporan atau pekerjaan kamu sedikit terbantu.

Kamu bisa lebih menghemat waktu atau lembar kerja di Word, selain itu kamu juga bisa melakukan cara ini di berbagai versi Word.

Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir, semua Word bisa menggunakan cara ini. Jadi tidak perlu menginstall dan memasang versi Word untuk bisa membuat tabel menggunakan beberapa cara ini nanti.

Tentu saja cara ini merupakan cara paling simpel dan cara yang paling mudah kamu lakukan. Karena beredar informasi, banyak cara yang kelihatannya rumit.

Hal ini tentu merupakan cara yang paling kamu hindari, apalagi kamu sudah dipusingkan dengan berbagai laporan yang menumpuk.

Tentu kamu tidak akan mau lagi dipusingkan dengan cara membuat tabel yang sangat rumit. Nah berikut ini beberapa cara membuat tabel di Microsoft Word yang bisa kamu coba.

Cara yang simpel dan mudah ini akan membantumu dalam membuat tabel di Microsoft Word, di antaranya:

  • Buka aplikasi Microsoft Word yang sudah terpasang di laptop atau komputer kamu
  • Buka dokumen atau lembar kerja kosong di Word kamu tersebut
  • Pilih menu insert pada bagian atas dekat dengan menu Home
  • Silakan klik menu table
  • Pilihlah jumlah table yang kamu butuh kan dengan mengklik dan menyeret mouse kamu berdasarkan jumlah table yang kamu butuh kan. Baris dan kolom baik lebar maupun atas bawah kamu perhatikan.
  • Jika sudah sesuai dengan kebutuhan kamu, kamu lepas saja mouse kamu. Tabel akan muncul di lembar kerja Word yang kosong tadi dan siap kamu gunakan.

Setelah berhasil membuat tabel tersebut di lembar kerja Microsoft Word yang kosong, kamu juga harus bisa mengisi kolom-kolom tabel yang kosong.

Karena membuat tabel saja rasanya tidak cukup, kamu harus mengisi tabel tersebut untuk kepentingan pengelompokan.

Nah berikut ini cara menggunakan tabel atau cara mengisi tabel, sesuai kebutuhan yang diperlukan di antaranya:

  • Kamu arahkan panah pada kolom yang ada di tabel tersebut
  • Klik kolom tersebut dan kamu bisa mengisi dengan mengetikkan huruf seperti biasanya
  • Ketika ingin pindah ke kolom berikutnya, jangan tekan enter karena kamu tidak akan pindah ke kolom lain
  • Gunakan panah tadi dan klik kolom berikutnya. Atau kamu bisa dengan mudah menggunakan panah-panah yang ada di Keyboard
  • Tulislah seperti kamu mengisi kolom sebelumnya

Cara Mengubah Teks Menjadi Tabel

Lalu bagaimana jika kamu sudah terlanjur menulis teks dan belum membuat tabelnya terlebih dulu? Kamu tinggal mengikuti cara berikut ini untuk mengubah teks menjadi tabel.

Apakah bisa? Bisa, meskipun kamu sudah menuliskan teksnya terlebih dulu maka kamu masih bisa mengubah teks tersebut menjadi tabel.

Cara cukup mudah jadi kamu mengubah teks menjadi tabel tidak memerlukan waktu yang banyak. Baiklah langsung saja inilah cara mengubah teks menjadi Tabel:

  • Buka Microsoft Word yang sudah terpasang di laptop atau komputer kamu
  • Bukalah dokumen yang berisikan teks yang sudah kamu tulis sebelumnya
  • Tandai semua teks tersebut dengan klik kanan pada mouse dan tahan lalu arahkan ke semua teks tersebut
  • Jika sudah klik tab Insert dan pilih menu table. Ketika muncul menu drop-down, kamu arahkan panah ke bagian paling bawah. Kemudian klik Convert Text To table
  • Setelah itu akan muncul jendela baru berupa kotak dialog. Kamu pilih opsi separate text at

Berbagai kemudahan akan didapatkan ketika kamu mengetahui cara membuat tabel di Microsoft Word saat menyusun laporan atau menyusun lain yang berkaitan dengan Word.

Makanya kamu harus terus mencoba dan mempelajari cara membuat tabel di Microsoft Word ini agar bisa menikmati kelebihan lainnya.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.