Orang Bandung Berbagi Informasi seputar Bandung itu kaya curhat aja ke temen tentang indahnya kota Bandung. Banyak hal menarik di Bandung, gak cuma fashion doang, ulik yuk!

11 Tips Mencegah dan Cara Mengatasi Penyakit Jantung

cara mengatasi penyakit jantung

Siapa sih yang tidak takut dengan penyakit jantung. Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit pembunuh nomor satu di dunia. Saat mengalami serang jantung, hampir kecil kemungkinan bisa ditolong. Maka dari itu penting sekali untuk memahami beberapa tips mencegah dan cara mengatasi penyakit jantung berikut sejak sekarang.

Dengan memahami beberapa tips ini maka anda bisa menghindari risiko dan dapat menanganinya dengan tepat. Sehingga bisa meminimalisir terjadinya risiko mati karena serangan jantung. Lalu apa tips dan cara mengatasi penyakit jantung?

1. Lakukan Management Pikiran

Semua orang setuju, bahwa stres dapat menjadi salah satu pemicu masalah jantung. Stres dapat memicu tekanan darah menjadi tinggi yang akan memaksa jantung bekerja dengan tidak normal. pada tingkatan yang tidak normal, stres bisa memicu terjadinya serangan jantung yang sangat berbahaya. Lakukan Management pikiran dengan baik agar anda tidak terserang penyakit jantung.

2. Cukupi Kebutuhan Istirahat

Seperti yang dikatakan oleh berbagai ahli kesehatan bahwa kurang istirahat bisa berakibat tidak baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya bagi jantung. Bukan hanya serangan jantung, kurang istirahat juga bisa dapat mengakibatkan hipertensi, obesitas, diabetes dan menurunnya mood serta mengurangi konsentrasi.

3. Lakukan Aktivitas Fisik

Salah satu tips mencegah dan cara mengatasi penyakit jantung paling efektif dan paling direkomendasikan adalah melakukan aktivitas fisik. Aktivitas fisik dapat dengan baik mengontrol kinerja jantung. Disamping itu, melakukan aktivitas  fisik juga dapat meningkatkan kesehatan tubuh, memperbaiki kinerja sel, membakar glukosa jadi energi dan juga mengurangi berat badan berlebih.

4. Sebaiknya Hindari Alkohol

Dalam dunia kesehatan, alkohol termasuk jenis  minuman yang dianjurkan untuk dikonsumsi apalagi secara berlebih. Bagi penderita penyakit jantung, alkohol dapat meningkatkan tekanan darah  sebaiknya kurangi konsumsinya atau tinggalkan saja jangan konsumsi kembali.  Namun apabila tidak bisa, konsumsi maksimal 2 gelas bagi pria dan 1 gelas bagi wanita.

5. Berhenti Merokok

Merokok memiliki berbagai zat racun yang sangat berbahaya bagi darah dan jantung. Disarankan untuk berhenti mengkonsumsi rokok. Apalagi jika anda sudah didiagnosa menderita penyakit jantung. Rokok bisa merusak jantung dan pembuluh darah serta mengurangi kadar oksigen dalam darah yang akan berisiko untuk merusak kinerja jantung.

6. Jaga Berat Badan Tetap Ideal

Jangan anggap remeh, orang yang memiliki berat badan berlebih memiliki risiko yang jauh lebih tinggi. Berat badan berlebih akan menyebabkan diabetes tipe 2 yang dapat meningkatkan risiko terkena serangan penyakit jantung. Maka dari itu, disarankan untuk menjaga berat badan tetap ideal.

7. Kontrol Gula Darah

Gula darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung yang sangat berbahaya dan mematikan. Pada tahapan lanjutan, kadar gula yang tinggi dalam tubuh dapat merusak sel syaraf dan pembuluh yang mengendalikan kinerja jantung. Untuk itu, penting rasanya untuk selalu mengontrol gula darah tubuh.

8. Jaga Kolesterol

Kolesterol juga masuk ke dalam list salah satu jenis penyakit yang berisiko terkena penyakit jantung. Kolesterol dapat menyebabkan penyumbatan pada arteri yang bisa meningkatkan risiko serangan jantung atau arteri koroner. Lakukan pemeriksaan kolesterol secara berkala agar anda bisa kontrol dengan baik.

9. Kontrol Tekanan Darah

Tekanan darah menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya serangan jantung yang sering kali dialami oleh kebanyakan orang yang mengalami serangan jantung. Jika  sebelumnya tidak memiliki riwayat darah tinggi cukup kontrol 1 tahun sekali. Namun jika sebelumnya pernah memiliki riwayat darah tinggi maka lakukan pemeriksaan dengan lebih banyak.

10. Lakukan Diet Jantung Sehat

Diet jantung sehat sangat dianjurkan untuk mengatasi masalah penyakit jantung. Lakukan diet jantung sehat dengan baik. Caranya bisa dengan mengonsumsi sayuran, buah dan daging yang rendah lemak atau bahkan tanpa lemak sama sekali.

11. Konsumsi Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan memiliki lemak tak jenuh tunggal dan beragam jenis nutrisi lain yang sangat bagus dan dibutuhkan oleh jantung. Jika dikonsumsi secara rutin, maka dapat meningkatkan kinerja jantung dan membuatnya lebih sehat.

Nah 11 tips mencegah dan cara mengatasi penyakit jantung ini apabila dilakukan dengan baik akan dapat meminimalisir masalah penyakit jantung hingga 70%. Bukan hanya untuk penderita yang sudah didiagnosa saja, anda yang masih sehatpun bagus pakai cara ini.

Orang Bandung Berbagi Informasi seputar Bandung itu kaya curhat aja ke temen tentang indahnya kota Bandung. Banyak hal menarik di Bandung, gak cuma fashion doang, ulik yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *