Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Mengetahui Frekuensi WIFI Android

Cara Mengetahui Frekuensi WIFI Android

Setiap smartphone pasti sudah dipasangi fitur WIFI. Tentu seperti yang kita ketahui, WIFI digunakan untuk mengakses jaringan internet yang ada di sekitar. Misalnya dari perangkat modem WIFI yang ada di salah satu ruangan.

WIFI memudahkan kita untuk menggunakan jaringan internet tanpa memerlukan kuota internet. Tetapi apakah kamu pernah memikirkan cara mengetahui frekuensi WIFI android?

Jika kamu memikirkan cara itu, berarti kamu juga sedang memikirkan berapa besar sih frekuensi yang sering digunakan ketika menghidupkan WIFI. Apakah frekuensi yang ada pada WIFI tersebut sama dengan frekuensi yang ada pada gelombang radio?

Pertanyaan itu akan mendapatkan jawaban dapat di lihat dari sisi kegunaannya. di mana, WIFI digunakan untuk mencari gelombang internet sedangkan radio memiliki jalur lain.

Pengertian Frekuensi WIFI Android

Belum banyak orang tahu tentang WIFI yang juga memiliki frekuensi mirip dengan radio. Frekuensi di dalam WIFI berguna untuk mengetahui berapa besar kecepatan internet dari modem atau perangkat yang memancarkan jaringan internet.

Itu karena, kecepatan dapat menjadi acuan beberapa orang pengguna WIFI. Semakin besar kecepatan internet, maka semakin besar pula peminatnya.

Fungsi Frekuensi Wifi Android

Sebagai pengguna WIFI akan sangat memalukan apabila tidak mengetahui fungsi dari frekuensi WIFI. Karena fitur yang kerap kali kita gunakan ini tidak pernah terpikirkan komponen-komponen yang ada di WIFI tersebut.

Tidak heran jika demikian, karena kebanyakan orang dan bahkan hampir semua hanya memakai WIFI begitu saja tanpa memikirkan fungsi atau komponen-komponen yang ada di dalam WIFI itu.

Padahal dengan mengetahui komponen-komponen WIFI kamu bisa mengotak-atik WIFI tersebut. Keahlian mengotak-atik itu akan berguna ketika kecepatan internet dari WIFI tersebut lambat.

Kamu bisa mengandalkan keahlianmu tersebut agar kecepatan internet yang dihasilkan WIFI tersebut bisa stabil dan bahkan bisa lebih cepat.

Nah seperti mengetahui fungsi dari frekuensi WIFI ini. Ketika kamu mengetahui fungsi dari frekuensi ini, kamu bisa mengatasi masalah WIFI seperti berapa kecepatannya dan bagaimana agar WIFI stabil sinyalnya. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa fungsi frekuensi WIFI yang wajib kamu ketahui:

1. Mencari sumber masalah ketika WIFI sedang down. Keadaan lingkungan sekitar membuat jaringan WIFI kurang stabil. Sehingga ketika tiba-tiba saja WIFI menjadi down atau malah tidak bisa digunakan sama sekali, kamu bisa mencari sumber masalah menggunakan frekuensi dari WIFI tersebut. Aliran yang berfrekuensi akan dapat dideteksi menggunakan alat pendeteksi.

2. Meningkatkan performa WIFI. Sistem WIFI yang berfungsi untuk mengedarkan jaringan internet bagi perangkat yang membutuhkannya, membuat frekuensi pada WIFI berfungsi untuk meningkatkan performa dari WIFI tersebut. Karena frekuensi yang besar akan membuat performa kinerja WIFI membaik. Gangguan-gangguan yang sering dikeluhkan tidak lagi bisa terdengar.

3. Memudahkan perangkat menjangkau jaringan internet. Hal ini sudah bukan menjadi rahasia lagi jika frekuensi digunakan untuk membuat radar seberapa jauh WIFI bisa diakses. Tanpa frekuensi ini, WIFI tidak dapat diakses dengan jarak yang jauh. Kamu hanya bisa mengaksesnya dengan berdiri di dekat modem tersebut. Tidak terbayangkan kamu harus terus berdiri di dekat modem itu?

4. Mengetahui seberapa cepat koneksi internet yang dihasilkan oleh WIFI. Koneksi internet yang kurang cepat membuat beberapa orang menggunakan WIFI. Tetapi tidak semua WIFI memiliki kecepatan internet yang bagus. Ada juga WIFI yang memiliki kecepatan minim. Untuk mengetahuinya kamu memerlukan frekuensi ini. Apakah internet cepat atau tidak.

5. Membantumu memutuskan pilihan saat ingin mendownload. Jika kamu memiliki aplikasi game atau misalnya saja sistem android. Tentu kamu sering diminta untuk update. Biasanya ketika meminta update aplikasi tersebut memberi keterangan koneksi internet jangan sampai terputus atau koneksi buruk. Frekuensi ini dapat membantumu menentukan kapan waktu mendownloadnya.

Cara Mengetahui Frekuensi WIFI Android

Setelah mengetahui fungsi dari frekuensi WIFI, kamu ingin cepat-cepat mencoba cara mengetahui frekuensi WIFI android. Agar kamu bisa mengetahui mana saja WIFI yang memiliki performa bagus dan jaringan internet yang cepat.

Dengan mengetahui ini pula, kamu semakin memilih-milih WIFI. Selain itu, kamu juga bisa mengatasi sales-sales WIFI rumah yang sering menawarkan barangnya.

Kamu bisa menggunakan beberapa cara untuk mengetahui caranya. Yakni dengan aplikasi atau tanpa aplikasi kamu bisa mengetahui frekuensi WIFI di android.

Jadi tidak perlu repot-repot membawa alat cek frekuensi ke mana-mana saat hendak mengetahui besarnya frekuensi sebuah WIFI. Selain itu, kamu juga akan dihindarkan dari file corrupt akibat koneksi internet yang buruk.

Untuk itu berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengetahui frekuensi WIFI di android. Cara ini sangat ampuh dan bisa membawamu dari hal-hal yang tidak diinginkan saat menggunakan WIFI. Lakukan dengan teliti jangan loncat-loncat ketika mencobanya. Cekidot!

1. Cara Mengetahui Frekuensi WIFi tanpa Aplikasi

Cara pertama yang dapat kamu gunakan untuk mengetahui kekuatan frekuensi WIFI di HP android adalah dengan memanfaatkan menu pengaturan opsi pengembang atau developer option.

Untuk menggunakan metode ini salah satu syaratnya adalah kamu aktifkan terlebih dahulu fitur opsi pengembang tersebut. Jika sudah berikut langkah-langkahnya, yaitu:

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka menu pengaturan di HP android kamu.
  • Kemudian cari dan temukan menu pengaturan Opsi Pengembang.
  • Jika sudah kamu temukan, silahkan aktifkan fitur opsi pengembang.
  • Setelah fitur tersebut aktif, silahkan scroll ke bagian bawah untuk menemukan menu Aktifkan Pencatatan Log Panjang.
  • Nah jika sudah kamu temukan, silahkan aktifkan fitur tersebut dengan menggeser switch ke posisi ON.
  • Apabila sudah, silahkan kembali ke bagian WIFI.
  • Jika kamu mengaktifkannya dengan benar, maka detail frekuensi pun akan terlihat di bagian bawah nama WIFI tersebut.

2. Cara Mengetahui Frekuensi WIFI Menggunakan Aplikasi

Selain menggunakan metode di atas, yaitu tanpa menggunakan aplikasi. Ada cara lain yang dapat kamu gunakan untuk melihat cara frekuensi WIFI di HP android. Yaitu dengan memanfaatkan bantuan aplikasi bernama 5GHz WIFI Tester. Berikut caranya:

  • Download aplikasi tersebut di internet menggunakan browser yang ada di Android kamu
  • Pertama silahkan download dan instal aplikasi di atas ke HP android kamu.
  • Setelah itu buka aplikasi 5GHz WIFI Tester tersebut.
  • Pada halaman utama silahkan kamu klik pada tulisan Check.
  • Silahkan tunggu hingga beberapa saat hingga kamu mendapatkan hasilnya.
  • Jika pada tampilan hasil menampilkan warna Merah berarti merupakan frekuensi 2.4 Ghz.
  • Apabila hasil menampilkan warna hijau, bisa diartikan bahwa WIFI tersebut berada pada frekuensi 5Ghz.

Kedua cara mengetahui frekuensi WIFI Android tersebut dapat kamu coba untuk mengetahui seberapa bagus performa dari WIFI yang hendak kamu gunakan atau misalnya saja kamu ingin memasang WIFI di rumah kamu.

Namun, kamu bingung mau pilih WIFI yang mana karena banyak sekali perusahaan WIFI yang gencar mempromosikan produknya. Jangan khawatir, kamu tinggal mengecek frekuensi dari WIFI tersebut dengan mengikuti panduan cara mengetahui frekuensi WIFI Android.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.