Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Menggunakan Power Bank Baru Beli 100% Aman

Cara Menggunakan Power Bank

Power bank menjelma menjadi suatu benda yang sangat dibutuhkan orang-orang. Ketergantungan pada gadget yang meningkat sampai saat ini membuat power bank beralih fungsi menjadi kebutuhan pokok.

Sebagai pembeli pemula power bank, tentu saja kamu belum mengetahui cara menggunakan power bank yang baru di beli. Entah itu cara mengisi daya dan cara mengalirkan daya ke smartphone kamu.

Sebenarnya ketika kamu sudah mengetahui caranya, cara menggunakan power bank sangat mudah. Kamu hanya tinggal menyambungkan kabel cas ke power bank dan smartphone agar bisa terhubung.

Kelebihan dari power bank ini bisa dibawa ke mana-mana ketika kamu hendak bepergian. Karena tidak semua tempat menyediakan stop kontak atau daya listrik untuk mengecas baterai smartphone.

Buat kalian yang baru membeli power bank, tapi tidak tahu bagaimana cara menggunakan power bank. Tenang saja dan tidak perlu khawatir, karena artikel kami kali ini akan membahas cara menggunakan power bank. Mari kita simak!

Power Bank

Power bank merupakan alat yang diciptakan untuk pengguna smartphone. Power bank digunakan sebagai alternatif pengisian daya listrik ketika baterai smartphone habis.

Komponen power bank sendiri terdiri dari beberapa baterai yang disusun dan dirakit menjadi satu kesatuan lalu diberi body chasing yang menarik. Baterai tersebutlah yang digunakan untuk menyimpan daya listrik.

Kelebihan dan Kelemahan Power Bank

Semua benda memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, tak terkecuali power bank ini. Power bank juga memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa berpengaruh pada smartphone atau pada yang lain.

Meskipun seperti yang kita ketahui bersama bahwasanya power bank memiliki kelebihan yakni dapat dibawa ke mana-mana dan bisa diandalkan ketika baterai smartphone habis.

Akan tetapi di balik kelebihan yang dimilikinya, ada kekurangan yang sebenarnya juga sudah kamu rasakan hanya saja tidak mengetahui kalau ternyata itu merupakan kelemahan dari power bank.

Ada catatan penting sekaligus menarik buat kamu ketika hendak membeli power bank di toko online maupun toko offline. Ini berkaitan tentang palsu atau tidaknya daya dari power bank yang diinformasikan.

Karena ada beberapa toko-toko yang menjual power bank memberikan iming-iming besarnya daya listrik yang dihasilkan dan dapat disimpan oleh power bank ini.

Akan tetapi semua itu kadang hanya iming-iming biasa atau informasi palsu. Beberapa ada yang menjual power bank bertuliskan 10000 Mah. Padahal di dalamnya, baterai tersebut hanya dapat menampung sekitar 4000 Mah saja.

Penipuan ini terus terjadi dan banyak sekali pembeli yang tertipu akan informasi tersebut. Ada tips untuk mengatasi masalah tersebut yakni jangan sampai membeli power bank yang harganya tidak lazim.

Misalnya ada power bank dengan besar daya 10000 Mah dihargai 45000 ribu rupiah saja. Padahal untuk yang asli harga sekitaran 100 ribu ke atas.

Berhati-hatilah dalam membeli. Selain itu kamu bisa menyimak ulasan dari beberapa pembeli apabila kamu ingin membeli power bank di toko online. Biasanya ada ulasan dari pembeli lain tentang keaslian produk tersebut.

Nah setelah mengetahui tipsnya, sekarang kamu bisa menyimak kelebihan dan kekurangan dari power bank tersebu di antaranya:

Kelebihan Power Bank

  • Bisa digunakan untuk mengecas ketika tidak ada listrik, hal ini tentunya berkaitan dengan sistem kerja dari power bank. Power bank memiliki sistem kerja menampung daya listrik terlebih dulu ke dalam baterainya. Lalu nanti ketika digunakan, daya listrik yang sudah tersimpan dapat dialirkan ke smartphone.
  • Bisa digunakan lebih dari dua perangkat, power bank memiliki dua port output yang berfungsi untuk mengalirkan listrik. Dua port itu bisa digunakan sekaligus. Sehingga selain mengisi smartphone milik kamu, kamu juga mengisikan daya ke smartphone milik teman kamu.
  • Bisa untuk lampu senter, beberapa power bank dibekali lampu sorot yang bisa kamu gunakan sebagai lampu senter ketika berada di kegelapan. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot membawa senter lagi.

Kelemahan Power Bank

  • Membuat usia baterai sangat singkat, meskipun power bank praktis dan mudah dibawa ke mana-mana, sebenarnya power bank dapat mempersingkat usia baterai smartphone. Smartphone yang sudah terkena power bank maka akan sangat mudah habis dan boros pemakaiannya. Selain itu baterai smartphone kamu akan mudah rusak dalam waktu dekat.
  • Pengisi dayanya lebih lama, sebagai pengguna smartphone yang sudah dilengkapi dengan fast charging tentunya akan merasakan betapa cepatnya mengisi daya. Sehingga ketika kamu nanti mengisi daya power bank, kamu akan merasakan betapa lamanya pengisian daya pada power bank. Sangat memakan waktu lama dan juga tergantung dengan kapasitas baterainya.
  • Mudah Eror, power bank yang sering digunakan lama-lama akan mudah eror. Mulai dari tidak bisa dicas hingga pengisian baterai smartphone tidak penuh karena eror tersebut. Padahal biasanya baterai akan penuh dan daya power bank sisa banyak.
  • Sering dipalsukan, karena desainnya mudah, power sering dipalsukan seperti penjelasan di atas tadi. Jumlah kapasitas daya tidak sesuai dengan tulisan yang ada di chasing power bank atau di kardus informasinya.

Cara Menggunakan Power Bank Baru Beli

Langkah pertama dalam cara menggunakan power bank yang harus kamu lakukan setelah power bank yang kamu beli datang adalah mengecek berat power bank.

Jika power bank yang ada di tangan kamu tersebut berat maka secara otomatis power bank tersebut asli. Karena kapasitas senilai 10000 Mah tidak mungkin memiliki bentuk baterai yang ringan. Komponen-komponen akan semakin banyak ketika kapasitas power bank besar.

Jika sebaliknya yang terjadi, maka secara otomatis kamu sudah terkena tipu. Lalu setelah mengecek asli atau tidak power bank tersebut, apa yang harus kamu lakukan?

Kamu wajib mencoba cara menggunakan power bank baru beli agar tahu bagaimana sih caranya menggunakan power bank dan mengetahui berapa daya yang disimpan di dalam baterainya. Yuk simak caranya:

  • Cek imei dari power bank dengan cara melihat bagian belakang power bank atau dari kardus yang digunakan tadi.
  • Ketika imei power bank tersebut terdaftar maka power bank tersebut dijamin original.
  • Colokkan kabel data yang tersedia ke power bank dan lihat lamu led
  • Jika menyala maka power bank tidak rusak dan bisa digunakan
  • Kalau ada layarnya, kamu bisa mengecek tulisan out ketika mengalirkan daya dan in ketika mengisi daya power bank.
  • Cara mengecas sama seperti kamu mengecas smartphone milik kamu
  • Karena tidak ada pemberitahuan, pakailah alarm untuk mengetahui kapan power bank tersebut penuh. Biasanya butuh waktu 6 jam agar power bank bisa penuh secara total.
  • Jangan sampai mengecas melebihi waktunya, karena akan mengakibatkan power bank melendung dan tidak bisa digunakan lagi.

Penggunaan power bank sebenarnya hanya diperuntukkan dalam keadaan genting saja bukan untuk pengisian daya ketika baterai habis karena bermain game.

Banyak pemuda-pemuda sekarang membawa power bank bukan untuk kebutuhan darurat melainkan sudah menjadi benda yang wajib di bawa ke mana-mana untuk mengantisipasi baterai habis.

Hal itu memang bukanlah dosa besar atau aib, namun justru hal tersebutlah yang dapat membuat baterai smartphone kamu berusia pendek. Cara menggunakan power bank baru beli sebagai contoh agar pengguna menggunakan power bank dengan bijak.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.