Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Cara Menghapus File Android Yang Tidak Bisa Dihapus

Cara Menghapus File Android

Ketika kamu menemukan beberapa file di android yang tidak bisa dihapus, kamu tidak perlu terlalu khawatir. Karena hal tersebut wajar terjadi. Banyak penyebab yang membuat file tersebut tidak dapat di apa-apakan, salah satunya yakni data corupt.

Lalu bagaimana mengatasi hal tersebut? Kamu hanya diminta untuk tenang dan mempelajari cara menghapus file android yang tidak bisa dihapus.

File tersebut malah akan memenuhi ruang penyimpanan apabila kamu biarkan saja. Alangkah baiknya, kamu menghadapi file semacam itu dengan menghapusnya.

Dengan demikian ruang penyimpananmu tidak akan penuh secara sia-sia. Ada juga kekhawatiran lain yang diakibatkan oleh file tersebut, takutnya file tersebut akan membawa virus dan dapat merusak sistem atau aplikasi lain.

File Android Yang Tidak Bisa Dihapus

Sistem android memang membawa beberapa file dan aplikasi yang tertanam pada sistem tersebut. Sehingga file dan aplikasi bawaan milik mereka kadang tidak bisa dihapus dan disimpan secara permanen.

Memang sekilas tampak tidak mengganggu, akan tetapi jika melihat sistemnya yang memakan ruang penyimpanan, maka aplikasi atau file bawaan tersebut menjadi sangat mengganggu.

Penyebab File Android Yang Tidak Bisa Dihapus

Soal penyebab mengapa file android tidak bisa dihapus sempat disinggung sedikit tadi. File yang tidak bisa dihapus akan menjadi parasit karena tidak ada kegunaannya sama sekali. Toh jika file itu berguna misalnya untuk memperlancar sistem RAM atau penyimpanan, maka setiap pengguna android akan membiarkannya.

Problem yang dialami oleh pengguna android bukan masalah file tersebut saja, melainkan sistemnya yang kadang bisa memakan ruang penyimpanan. Tidak hanya sedikit, bahkan hampir 40% sekalipun file tersebut bisa memakan ruang penyimpanan internal.

Membiarkan file tersebut di ruang penyimpanan sama saja kita merusak sistem android milik smartphone kita secara perlahan. File yang tidak bisa di apa-apakan memang kasap mata hanya sebatas file atau dokumen biasa.

Tetapi kadang file semacam itu membawa virus yang nantinya akan merusak aplikasi atau sistem yang sedang bekerja pada smartphone kamu.

Buat kamu yang belum mengetahui perihal virus dan problematik sistem lainnya, hal ini tetap akan menjadi hal yang tabu. Di luar sana jarang sekali ada pengguna android yang terkena penyakit file tidak dapat hapus ini.

Beberapa mungkin ada, dan mungkin dari beberapa itu, sebagian tidak mengetahui apa penyebabnya dan bagaimana cara menghindarinya.

Nah untuk itu, ada beberapa penyebab mengapa file android tidak bisa dihapus padahal sudah berkali-kali mencoba menghapusnya. Mau tahu apa saja penyebabnya? Simak dan pelajari dengan baik ya!

  • File yang tidak bisa dihapus bisa saja sudah terkena virus karena seringnya berhubungan dengan perangkat lain yang sistemnya sudah dipenuhi dengan virus. Solusinya adalah menghapus file tersebut secepat mungkin agar virus yang masih tersisa di dalamnya tidak menyebar.
  • Smartphone kamu tidak mengizinkan beberapa file atau aplikasi bawaan dihapus. File bawaan tersebut biasanya tertanam secara permanen di sistem android atau di ruang penyimpanan. Hal tersebut karena mungkin kerja sama antara pihak ketiga dengan sistem android atau smartphone.
  • File tersebut dilindungi oleh smartphone atau sistem android kamu yang apabila file tersebut dihapus, maka akan mengganggu jalannya sistem android. Untuk penyebab yang satu ini, tidak ada solusi khusus karena kamu diminta untuk senantiasa berhati-hati dan teliti dalam memilih file yang akan dihapus. Kalau salah, maka otomatis kamu harus menginstall ulang sistemnya.
  • Ada beberapa aplikasi yang memberlakukan keamanan ketat. File dari aplikasi tidak dapat dihapus apabila aplikasi tersebut masih digunakan.
  • File yang dihapus kadang memberikan bekas, nah bisa saja file yang tidak bisa dihapus tersebut adalah jejak tapak tilas dari file sebelumnya yang sudah kamu hapus.

Cara Menghapus File Android Yang Tidak Bisa Dihapus

Berbagai penyebab sudah dijabarkan sebelumnya. Kini saatnya mengetahui bagaimana sih cara menghapus file android yang tidak bisa dihapus agar file tersebut tidak mengganggu kinerja dari smartphone yang kita miliki. Ada berbagai cara yang bisa kamu tempuh. Cara ini sangat efektif dan dijamin ampuh dengan waktu yang relatif cepat.

Oh iya, karena ada beberapa file penting yang memang sengaja dilindungi dan tidak dapat dihapus secara manual, maka kamu harus berhati-hati memilih dan memilah file mana saja yang ingin kamu hapus.

File yang apabila dihapus dapat mengganggu sistem kerja android, sebaiknya dibiarkan tetap ada di ruang penyimpanan. Sebab menginstall ulang sistem android sangat sulit. Nah, berikut ini beberapa cara menghapus file android di antaranya:

1. Menggunakan Aplikasi SD Card Cleaner

Aplikasi yang berperan sebagai pihak ketiga, biasanya kerap menjadi alternatif bagi siapa pun ketika secara manual tidak bisa dilakukan. Salah satunya cara menghapus file ini. Apalagi kalau bukan aplikasi pihak lain yang bisa diandalkan?

Dengan bantuan aplikasi tentu kamu akan dengan mudah menghapus beberapa file yang selama ini mengganggu sistem pengoperasian android kamu. File yang senantiasa membuat wajahmu semakin tua sebelum waktunya itu dapat kamu binasakan menggunakan aplikasi SD Card Cleaner.

Aplikasi ini dimunculkan ke dunia software untuk mengatasi masalah seperti yang kamu rasakan saat ini. Nah bagaimana cara menghapus file tersebut menggunakan aplikasi ini? Mari simak baik-baik!

  • Download dan install aplikasi SD Card Cleaner tersebut melalui situs di internet atau Play Store
  • Pasang aplikasi tersebut dan nyalakan izin dari sumber yang tidak dikenal apabila kamu mendownload-nya melalui situs internet.
  • Buka aplikasi yang sudah terpasang tersebut
  • Kamu tekan tombol start
  • Secara otomatis aplikasi tersebut menganalisa seluruh file yang ada di ruang penyimpanan kamu
  • Selanjutnya kamu tinggal memilih folder yang di dalamnya ada file tersebut. Kemudian kamu tinggal mencentang di kotak yang ada di sebelah kiri dari file tersebut
  • Selanjutnya kamu tinggal menghapus saja aplikasi tersebut. Aplikasi tersebut sudah melengkapi panduan selanjutnya

2. Tanpa Menggunakan Aplikasi

Jika ruang penyimpanan kamu penuh, kamu tidak perlu risau. Karena ada cara lain yang bisa kamu lakukan ketika hendak menghapus tersebut tanpa harus menggunakan aplikasi. Mau tahu caranya? Berikut detail dari cara menghapus file tersebut tanpa menggunakan aplikasi:

  • Masuk ke aplikasi pengaturan
  • Tekan tulisan device maintenance lalu pilih storage
  • Kamu tinggal tekan hapus sekarang
  • Maka secara otomatis file tersebut akan terhapus dengan sendirinya

File-file semacam itu memang sangat mengganggu. Maka tidak heran banyak pengguna android mengeluhkan masalah tersebut. Terkadang ada juga file yang tidak bisa dihapus tersebut menghambat sistem kerjanya android di smartphone sehingga smartphone menjadi lambat.

Parasit seperti file-file tersebut sebaiknya segera dibasmi dengan cara menghapusnya. Meskipun sulit menghapusnya, kita tidak patut menyerah sebelum mencoba. Apalagi jaman sekarang yang semuanya serba bisa. Cara menghapus file android yang tidak bisa dihapus adalah malaikat bagi mereka yang menemukan file tersebut di androidnya.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.