Orang Bandung Berbagi Informasi seputar Bandung itu kaya curhat aja ke temen tentang indahnya kota Bandung. Banyak hal menarik di Bandung, gak cuma fashion doang, ulik yuk!

8 Cara Mengobati Diabetes Pada Wanita Tipe 1 & Tipe 2

cara mengobati diabetes pada wanita

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit kronis yang berlangsung dalam waktu yang cukup lama. Penyakit ini dapat menyerang siapa saja, tanpa pandang jenis kelamin. Wanita juga memiliki risiko terkena penyakit diabetes ini. Lantas bagaimana cara mengobati diabetes pada wanita?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengobati diabetes pada wanita. Namun setiap jenis diabetesnya, memiliki cara pengobatan yang berbeda-beda. Apabila Anda saat ini mengalami masalah diabetes, simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Faktor Penyebab  Diabetes Tipe 1 Pada Wanita

cara mengobati diabetes pada wanita

Antara diabetes 1 dan 2 memiliki beberapa faktor berbeda yang menyebabkan keduanya. Adapun beberapa faktor penyebab diabetes tipe 1 di antaranya adalah:

  1. Faktor DNA atau keturunan
  2. Faktor geografi, orang yang jauh dari garis khatulistiwa memiliki risiko tinggi terkena diabetes tipe 1
  3. Faktor usia, umumnya terjadi pada anak usia 4-7 tahun dan 10-14 tahun
  4. Ketidakmampuan pankreas memproduksi insulin
  5. Infeksi virus

Faktor Penyebab Diabetes 2 Pada Wanita

cara mengobati diabetes pada wanita

Berbeda dengan Diabetes tipe 1, Diabetes tipe 2 memiliki faktor penyebab yang jauh lebih kompleks. Adapun beberapa faktor penyebab Diabetes tipe 2 di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Gangguan jantung dan pembuluh darah
  2. Hipetensi
  3. Obesitas
  4. PCOS
  5. Agantosis nigrikans
  6. Kurang olahraga
  7. Kurang istirahat
  8. Sering setres
  9. Merokok

Cara Mengobati Diabetes Pada Wanita [Tipe 1]

cara mengobati diabetes pada wanita

Diabetes adalah salah satu jenis penyakit yang sangat sulit sekali untuk diobati. Selain proses penyembuhannya yang membutuhkan waktu, obat yang digunakan juga belum ada yang bisa menyembuhkan Diabetes  secara permanen. Orang yang mengalami diabetes, jika diobati masih memiliki risiko untuk kembali lagi terserang Diabetes, termasuk Diabetes tingkat 1.  

Walau begitu, ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengatasinya. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Suntik Hormon

Cara pertama, orang yang mengalami masalah diabetes tipe 1 dapat di suntikan hormon tertentu yang dapat dengan baik glukosa dalam darah. Sehingga kadar gulanya akan berkurang dan diabetes akan diatasi dengan baik.

2. Olahraga dan menjalankan pola hidup sehat

Olahraga dan menjalankan aktivitas hidup sehat juga merupakan salah satu upaya untuk mengatasi masalah diabetes tipe 1  dengan baik. Olahraga secara teratur serta menjaga pola makan dengan baik maka Anda akan terhindar dari masalah diabetes.

3. Merawat kaki dan mata

Rawat kaki dan mata Anda dengan baik untuk mencegah komplikasi gula darah yang berlanjut dan membahayakan keduanya. Lakukan  konsultasi dengan dokter agar masalah diabetes dapat diatasi dengan cara yang tepat.

Cara Mengobati Diabetes Pada Wanita [Tipe 2]

cara mengobati diabetes pada wanita

Apabila masalah diabetes yang Anda alami berlanjut atau sudah parah hingga ke tipe 2, maka lakukan penanganan dengan cara yang lebih serius lagi. Jangan sampai Anda lakukan dengan cara penanganan yang sembarangan dan asal-asalan.

Untuk mengatasi masalah diabetes tipe 2 pada wanita dapat dilakukan dengan menjalankan serangkaian cara pengobatan sebagai berikut:

1. Hindari makanan bergula tinggi

Diabetes berasal dari kebiasaan makan makanan atau minuman yang mengandung gula tinggi. Sehingga akan terjadi penumpukan glukosa dalam tubuh. Apabila kondisi ini disertai dengan kurangnya aktivitas olahraga maka akan menimbulkan diabetes. Maka hindarilah hal tersebut.

2. Makan makanan tinggi serat

Makan makanan yang mengandung serat tinggi adalah salah satu cara terbaik yang dapati digunakan agar bisa mensterilkan kadar gula dalam tubuh.

3. Lakukan olahraga teratur

Olahraga adalah cara terbaik yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah diabetes. Karena dengan melakukan olahraga maka kadar lemak dalam tubuh akan dibakar dengan baik dan diubah menjadi energi.

4. Berhenti merokok dan alkohol

Alkohol dan rokok adalah 2 jenis barang konsumsi yang sama sekali tidak menyehatkan bagi tubuh. Jika anda ingin terhindar dari risiko diabetes yang semakin parah, maka hindarilah kedua jenis barang konsumsi ini.

5. Minum obat dan konsultasi kepada dokter

Cara mengobati diabetes pada wanita tipe 2 selanjutnya adalah dengan mengonsumsi obat dan melakukan konsultasi secara berkala kepada dokter spesialis yang paham dengan baik masalah hal tersebut.

6. Biasakan Gaya Hidup Sehat

Diabetes biasanya memang berasa dari gaya hidup yang tidak sehat. Mulailah perbaiki gaya hidup Anda sejak dini. Jaga pola tidur, makan dan cukupi kebutuhan vitamin dan air. Tidur tepat waktu, jangan biasakan diri Anda begadang terus menerus.

Nah itulah 8 cara mengobati diabetes pada wanita yang bisa Anda lakukan. Silakan coba dan gunakan langkah-langkah di atas.

Orang Bandung Berbagi Informasi seputar Bandung itu kaya curhat aja ke temen tentang indahnya kota Bandung. Banyak hal menarik di Bandung, gak cuma fashion doang, ulik yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *