Orang Bandung Berbagi Informasi seputar Bandung itu kaya curhat aja ke temen tentang indahnya kota Bandung. Banyak hal menarik di Bandung, gak cuma fashion doang, ulik yuk!

4 Gejala, dan Cara Mengobati Penyakit Diabetes Insipidus

cara mengobati penyakit diabetes insipidus

Diabetes Insipidus adalah salah masalah ketidakseimbangan cairan dalam tubuh yang menyebabkan seringnya seseorang merasa haus dan ingin buang air kecil secara  berlebih. Salah satu dampak dari masalah ini adalah berkurangnya waktu istirahat malam si penderita. Cara mengobati penyakit diabetes Insipidus ini tidak mudah ditangani. Harus melalui serangkaian analisa gejala dan penyebabnya.

Apalagi masalah ini sangat berkaitan dengan masalah gula darah dalam tubuh. Namun apabila anda mengalaminya, maka segera lakukan penanganan dengan baik dan cepat.

Gejala Diabetes Insipidus

cara mengobati penyakit diabetes insipidus

Mengetahui gejala Diabetes Insipidus sejak dini adalah hal yang penting dilakukan guna dapat melakukan tindakan pengobatan secara dini dengan baik dan tepat. Pada dasarnya, ada beberapa gejala yang kerap kali dialami oleh penderita masalah diabetes, seperti:

  1. Sering merasa haus secara berlebih bahkan di atas normal
  2. Sering buang air kecil hingga 15 liter
  3. Ingin buang air kecil di malam hari
  4. Sering buang air kecil di celana
  5. Hampir tidak bisa menahan air kencing

Penyebab Diabetes Insipidus

cara mengobati penyakit diabetes insipidus

Penyakit Diabetes Insipidus ini disebabkan oleh beberapa faktor. Ini penting untuk dipahami sejak dini agar anda bisa menghindari masalah tersebut dengan baik. Secara umum, Diabetes Insipidus ini disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mengontrol cairan dalam tubuh. Namun berdasarkan beberapa faktor penyebabnya, Diabetes Insipidus disebabkan oleh:

  1. Karena Adanya kerusakan kelenjar hipotalamus yang menyebabkan gangguan pada penyimpanan ADH
  2. Karena adanya tubulus ginjal
  3. Terjadi karena faktor kehamilan dan hanya terjadi sementara saja
  4. Karena terjadi kerusakan mekanisme pengaturan haus pada hipotalamus

Diagnosis Diabetes Insipidus

cara mengobati penyakit diabetes insipidus

Untuk mengetahui Diabetes Insipidus secara tepat, maka harus dilakukan beberapa diagnosa,mulai dari wawancara, pemeriksaan fisik serta melakukan beberapa proses pemeriksaan lainnya seperti berikut:

  1. Melakukan tes deprivasi air dengan membiarkan pengidap Diabetes Insipidus tidak minum berjam-jam
  2. Melakukan tes darah dan tes  urine untuk mengetahui kadar hormon antidiuretik dalam darah
  3. Tes hormon antidiuretik dengan menyuntikannya hormon antidiuretik pada tubuh untuk mengetahui reaksi yang terjadi
  4. MRI untuk mengetahui kerusakan pada hipotalamus

Komplikasi Diabetes Insipidus

cara mengobati penyakit diabetes insipidus

Diabetes Insipidus menjadi salah satu masalah yang cukup serius ketika dialami oleh seseorang. Bukan tanpa alasan, penyakit ini kerap kali memberikan komplikasi beberapa jenis masalah penyakit lainnya yang justru membuat beberapa orang merasa tidak bisa melakukan beragam jenis aktivitas harian mereka. Adapun beberapa jenis komplikasi yang ditimbulkan oleh Diabetes Insipidus adalah:

  1. Gangguan keseimbangan elektrolit dalam tubuh
  2. Dehidrasi
  3. Bibir pecah-pecah
  4. Lemas tidak bertenaga
  5. Muka pucat

Cara Mengobati Penyakit Diabetes Insipidus

cara mengobati penyakit diabetes insipidus

Penyakit Diabetes Insipidus memang merupakan jenis penyakit yang cukup mengganggu bagi kesehatan. Apalagi bagi anda yang saat ini memiliki aktivitas super padat, maka penyakit Diabetes Insipidus ini akan sangat mengganggu aktivitas anda. Walau bisa menimbulkan banyak komplikasi, namun penyakit Diabetes Insipidus ini dapat diatasi dengan beberapa cara.

Cara mengatasi Diabetes Insipidus ini disesuaikan dengan jenis Diabetes Insipidusnya. Adapun beberapa cara yang dapat digunakan untuk atasi Diabetes Insipidus adalah sebagai berikut:

Cara obati penyakit diabetes insipidus sentral:

  1. Konsumsi banyak air untuk mencegah dehidrasi
  2. Suntikan hormon antidiuretik untuk menghentikan produksi urine secara berlebih

Cara mengobati penyakit diabetes insipidus netfrogenik:

  1. Menjaga konsumsi air tetap stabil agar  tidak dehidrasi
  2. Hentikan konsumsi obat-obatan yang diduga jadi penyebab diabetes netfrogenik
  3. Ganti obat-obatan sebelumnya dengan yang lebih baik

Pencegahan Diabetes Insipidus

cara mengobati penyakit diabetes insipidus

Hingga saat ini belum ditemukan cara tepat yang bisa anda gunakan untuk mengatasi masalah diabetes dengan tepat. Bahkan para dokter sekalipun belum bisa melakukan pencegahan untuk hal ini. Namun sebagai salah satu langkah antisipasi, disarankan untuk tetap menjaga pola hidup sehat di rumah.

Apakah Harus ke Dokter?

cara mengobati penyakit diabetes insipidus

Tentu saja, ketika anda mengalami masalah buang air kecil secara berlebihan atau merasa haus yang luar biasa seperti gejala Diabetes Insipidus  yang disebutkan di atas, maka segeralah lakukan konsultasi dan pemeriksaan oleh dokter.

Nah itulah sedikit penjelasan tentang masalah cara mengobati penyakit diabetes insipidus, faktor penyebab hingga berbagai gejala dan diagnosis penyakitnya. Selalu menjaga pola hidup dan membiasakan istirahat dan makan serta minum yang cukup.

Orang Bandung Berbagi Informasi seputar Bandung itu kaya curhat aja ke temen tentang indahnya kota Bandung. Banyak hal menarik di Bandung, gak cuma fashion doang, ulik yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *