Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

6 Cara Mengunci Hotspot Di Hp Dan Laptop: Mudah & Aman

Cara Mengunci Hotspot

Selain WiFi sebagai sumber koneksi internet, kamu juga bisa menggunakan hotspot pribadi. Dengan hotspot pribadi kamu bisa berbagi koneksi dengan siapa saja tanpa memerlukan perangkat lain.

Tak hanya cara penggunaannya yang mudah, cara mengunci hotspot dan mengatur perangkat lain yang tersambung juga mudah, jadi kamu tidak perlu khawatir akan kecolongan lagi.

Internet saat ini hampir sama pentingnya dengan kebutuhan primer karena semua aktivitas membutuhkan koneksi internet, mulai dari pekerjaan hingga pendidikan.

Oleh karena itu, tidak heran di mana ada Wifi di situ ada “perangkat” lain yang ingin ikut terhubung. Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi, kamu bisa mempelajari cara mengunci hotspot agar kuota data kamu tidak mudah habis.

Cara Mengunci Hotspot Di HP Dengan Mudah

Menggunakan hotspot pribadi dari telepon seluler memang lebih hemat dan tentunya bisa dibawa ke mana-mana serta bisa digunakan kapan saja selama ponsel kamu memiliki jaringan internet.

Namun sayangnya perangkat lain yang tidak kamu kenal bisa saja tersambung, yang nantinya dapat menyebabkan kuota data cepat habis dan daya baterai cepat berkurang.

Cara Mengunci Hotspot Dengan Menggunakan Kata Sandi

Langkah mudah pada cara mengunci hotspot pribadi kamu yakni dengan memasang password atau kata sandi, Karena dengan adanya password tidak akan ada perangkat lain yang tersambung.

Dengan kata lain, pengguna atau perangkat lain yang ingin ikut terhubung dengan wifi kamu tidak bisa tersambung tanpa memasukkan kata sandi tadi. Adapun cara mengatur kata sandi di ponsel bisa dilakukan dengan cara berikut ini:

  • Masuk pada menu “Pengaturan”, kemudian pilih sub menu “Sambungan Nirkabel Lainnya”
  • Lalu klik pada menu “Hotspot Pribadi”
  • Selanjutnya aktifkan dulu hotspot pribadi kamu, lalu masuk di menu “Pengaturan Hotspot Pribadi”
  • Kemudian di bagian kolom “Kata Sandi”, masukkan kata sandi sesuai keinginan kamu. Usahakan jangan menggunakan password yang mudah agar tidak mudah ditebak oleh orang lain
  • Lalu klik “Simpan” dan hotspot pribadi sudah terkunci

Cara Mengunci Hotspot Pribadi Dengan Menyembunyikan Hotspot

Nah, buat kamu yang sering ‘tidak enak’ untuk tidak menyebutkan kata sandi pada orang lain yang tiba-tiba minta wifi, kamu bisa banget nih pakai trik ini.

Dengan menyembunyikan hotspot pribadi kamu, maka orang lain atau perangkat lain tidak bisa mendeteksi bahwa hotspot kamu sedang aktif.

Cara untuk menyembunyikan hotspot ini sangatlah mudah dan bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi lain.  Cara menyembunyikannya, yaitu:

  • Masuk dulu di menu “Pengaturan” lalu masuk di submenu “Hotspot seluler dan Penambatan
  • Setelah itu, aktifkan dahulu “Hotspot Seluler”
  • Masih di halaman Hotspot Seluler, klik pada bagian tanda 3 titik  lalu klik “Konfigurasi Hotspot Seluler”
  • Kemudian pada halaman konfigurasi tersebut pilih “Sembunyikan Perangkat Saya”
  • Selanjutnya ubah pengamanan pada password dari WPA2 PSK menjadi kolom kosong
  • Lalu kamu juga bisa mengganti nama SSID Jaringan, kemudian klik “Simpan”
  • Sedangkan cara untuk menyambungkan dengan perangkat lain yang akan tersambung, klik “Tambah Jaringan”, kemudian tap pada bagian nama SSID kamu, lalu klik “ok” dan wifi akan otomatis tersambung dengan perangkat lain

Cara Mengunci Hotspot Dengan Merubah Password Hotspot

Jika kata sandi yang sudah kamu gunakan sebelumnya sudah bukan menjadi ‘rahasia mu’ atau sudah banyak orang yang tahu, kamu bisa langsung merubahnya agar perangkat lain tidak terhubung. Cara merubahnya sama seperti kamu memasang kata sandi pertama kali, yaitu:

  • Pada menu “Pengaturan”, pilih “Sambungan Nirkabel Lainnya”
  • Kemudian tap submenu “Hotspot Pribadi” dan masuk di “Pengaturan Hotspot Pribadi”
  • Di halaman Pengaturan tersebut kamu cukup menghapus kata sandi yang lama, kemudian mengetikkan kata sandi terbaru. Lalu klik “Simpan”
  • Sekarang password kamu kembali baru dan kembali ‘rahasia’

Cara Mengunci Hotspot Dengan Membatasi Perangkat Yang Terhubung

Satu lagi cara buat kamu yang ingin mengunci hotspot pribadi, tapi enggan untuk memasukkan kata sandi? Kamu bisa mengunci hotspot kamu dengan membatasi jumlah perangkat yang tersambung.

Caranya juga sangat simple, yakni kamu cukup ikuti cara mengunci hotspot dengan membatasi perangat yang akan terhubung, berikut ini:

  • Masuk terlebih dahulu di menu “Pengaturan” dan tap submenu “Sambungan Nirkabel Lainnya”
  • Selanjut klik “Hotspot pribadi” dan pilih menu “Manajemen Koneksi”
  • Di halaman Manajemen Koneksi kamu bisa memilih “Daftar Hitam” untuk memblokir perangkat yang tidak ingin kamu sambungkan
  • Atau kamu bisa memilih “Koneksi maksimal yang diizinkan”, lalu tentukan sendiri berapa jumlah perangkat yang ingin kamu sambungkan dengan hotspot pribadi. Kamu bisa menentukan maksimal terhubung mulai dari 1 hingga 10 perangkat. Dengan pengaturan ini, kamu tidak perlu repot memasukkan kata sandi
  • Selain itu, masih di halaman “Manajemen Koneksi” kamu juga bisa menetapkan batasan penggunaan kuota internet dengan klik submenu “Pembatasan data”. Di submenu pembatasan data kamu bisa menerapkan minimum penggunaan data mulai dari 10 MB hingga tidak terbatas

Cara Mengunci Menu Pengaktifan Hotspot Pribadi Dengan Bantuan Aplikasi

Nih, buat kamu yang teman satu tongkrongan atau anggota keluarga lainnya sering jahil dan mengaktifkan hotspot pribadi kamu, tentu cara cara mengunci hotspot di atas tidak bisa kamu andalkan lagi.

Maka dari itu, saatnya kamu menggunakan penguncian pengaktifan Hotspot dengan bantuan aplikasi Applock. Sebenarnya aplikasi Applock ini tidak hanya bisa digunakan pada hotspot pribadi saja, melainkan berlaku untuk semua aplikasi di ponsel kamu.

Aplikasi Applock sangat banyak ragamnya. Tapi buat kamu yang ingin aplikasi dengan ukuran ringan, kamu bisa menggunakan AppLock Lite.

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna ini memiliki ukuran sebesar 5,3 MB saja. Cara penggunaannya juga user friendly, langkah-langkahnya sebagai berikut ini:

  • Download dulu aplikasi AppLock Lite di Google Play Store
  • Setelah kamu install, kamu bisa langsung buka aplikasi tersebut dan buatlah pola sandi yang akan kamu gunakan
  • Jangan lupa untuk memasukkan alamat email yang masih aktif, pastikan juga kamu sudah mengizinkan akses aplikasi tersebut di menu Pengaturan ponsel
  • Saat berada di menu utama aplikasi AppLock, kamu sudah bisa mengunci aplikasi Pengaturan bawaan Hp. Jika menu pengaturan tidak bisa dibuka oleh sembarang orang, maka pengaturan pada Hotspot pribadi kamu juga akan aman

Cara Mengunci Hotspot Di Laptop Atau PC

Selain berbagi jaringan internet melalui hotspot pribadi di ponsel, kamu juga bisa berbagai melalui PC atau laptop. Cara menjalankan hotspotnya juga tidak jauh berbeda, begitu juga bagi kamu yang ingin mengatur kata sandi hotspot di laptop. Adapun cara mengunci hotspot di laptop, sebagai berikut ini:

  • Pada menu “Start”, ketikan saja “Settings” dan tekan enter
  • Kemudian saat kamu sudah berada di halaman Pengaturan Komputer, klik icon “Network & Internet”, lalu klik menu “Mobile Hotspot”
  • Pada halaman Mobile Hotspot, pilih “Edit”. Nah pada menu Edit tersebut kamu bisa mengatur mulai dari pengaturan nama hotspot hingga mengatur kata sandi
  • Setelah itu, langsung saja klik “Save”
  • Selain mengatur nama dan password, kamu bisa melihat perangkat yang terhubung di laptop kamu. Untuk hotspot di laptop atau PC, maksimal perangkat yang terhubung maksimal 8 perangkat

Cara mengunci hotspot baik di hp maupun laptop atau PC selain bertujuan untuk mengatur perangkat yang terkoneksi, kamu juga akan lebih menghemat penggunaan kuota data internet dan meminimalisir kerusakan pada perangkat kamu. Selamat mencoba!

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.