Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

3 Cara Menjadikan Android Sebagai Speaker Pc: Gratis

Cara Menjadikan Android Sebagai Speaker Pc

Selain untuk memutar musik, ternyata ponsel android kamu bisa banget lho dijadikan sebagai speaker PC. Saat speaker pada PC atau laptop kamu bermasalah, jangan khawatir, ponsel pintar kamu siap menggantikan peran speaker itu kok.

Cara menjadikan android sebagai speaker PC juga bisa kamu lakukan tanpa mengeluarkan biaya sedikit pun. Memang sistem operasi kedua perangkat itu sangat berbeda.

tapi sebagai ponsel yang multifungsi, android mampu berperan sebagai output speaker PC atau laptop dengan bantuan bluetooth, aplikasi serta software pendukung dan berbagai cara berikut.

Cara Menjadikan Android Sebagai Speaker Pc Melalui Aplikasi

Karena kedua perangkat (android dan PC) tersebut memang berbeda, tapi dengan didukung oleh aplikasi atau software, kedua perangkat ini bisa kamu gunakan untuk berbagai kondisi. Tanpa perlu dibawa ke ahlinya, kamu sudah bisa menyambungkan kedua perangkat ini.

Cara Menjadikan Android Sebagai Speaker PC Atau Laptop Dengan Aplikasi Soundwire

Buat kamu yang laptop atau PC menggunakan sistem operasi Windows atau Linux, pakai saja software Soundwire ini. Soundwire sendiri merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh GeorgiaLabs sangat ringan dipasang di ponsel android maupun laptop.

Aplikasi ini sudah ada sejak tahun 2011 lalu dan telah diunduh lebih dari 1 juta pengguna. Tak hanya berperan sebagai ‘pengganti’ speaker PC yang rusak, aplikasi ini juga dapat menghasilkan suara yang jernih untuk memutar film karena suaranya mencapai 44,1/48 kHz stereo dengan dilengkapi kompresi PCM.

Untuk cara menjadikan android sebagai speaker PC dengan SoundWire sangat mudah untuk dipahami. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama unduh dan install aplikasi dari Google Play Store pada android dan PC kamu
  • Setelah terinstall semua, pastikan ponsel dan PC kamu terkoneksi dengan jaringan WiFi yang sama
  • Kemudian buka aplikasi SoundWire pada PC atau laptop kamu
  • Pada halaman SoundWire Server, ada beberapa pilihan seperti Server Address, Inpuct select, audio input, status dan lain-lain. Jika pada kolom Status masih tertera tulisan “Disconnected”, berarti antara ponsel dan PC belum terhubung kan
  • Perhatikan dulu pada Server Address
  • Selanjutnya buka SoundWire di ponsel kamu. Apabila kolom “Server” masih kosong, masukkan nomor pada “Server Address” pada PC kamu
  • Kemudian tap logo aplikasi SoundWire. Lalu periksa kembali pada kolom “Status” pada PC, jika sudah terhubung maka Status akan berubah menjadi Connected
  • Wireless speaker pun sudah berhasil disambungkan, selanjutnya kamu bisa mengontrol musik yang diputar melalui PC kamu

Cara Menjadikan Android Sebagai Speaker PC Atau Laptop Dengan Aplikasi Audiorelay

Dengan menggunakan aplikasi yang dikembangkan oleh Asapha Halifa, kamu bisa menikmati musik tanpa perlu mengosongkan banyak ruang penyimpanan karena aplikasi ini hanya sebesar 10,22 MB saja.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk headphone nirkabel, memantau mikrofon PC, dan berbagai aktivitas audio lainnya.

Aplikasi ini bisa kamu gunakan untuk menjadikan hp android kamu sebagai speaker PC dengan 2 cara seperti berikut ini:

1. Menjadikan HP sebagai Speaker PC atau Laptop melalui WiFi dengan langkah-langkah berikut:

  • Pertama, aktifkan dulu tethering hotspot dari ponsel kamu, kemudian sambungkan PC kamu dengan jaringan WiFI yang sama
  • Selanjutnya buka aplikasi AudioRelay yang sudah di install di ponsel dan laptop/PC
  •  Setelah memastikan kedua perangkat tersebut terhubung, kamu bisa langsung menggunakan android sebagai speaker
  • Tapi perlu diingat, bahwa AudioReplay hanya bertugas mengcopy suara dari output laptop/PC. Jadi pastikan ada output dari laptop
  • Karena AudioReplay ini multi device, jadi kamu bisa menghubungkan dengan lebih dari satu perangkat

2. Menjadikan HP sebagai Speaker PC atau Laptop dengan Kabel USB

Menggunakan jaringan WiFi terkadang bisa menyebabkan suara yang dihasilkan delay. Hal tersebut di karena jaringan internet yang tidak stabil. Maka dari itu, kamu bisa juga menggunakan kabel USB. Adapun cara menjalankannya yaitu:

  • Jika tadi kamu menghubungkan ponsel android dan PC pada jaringan WiFi yang sama, cara menggunakan kabel data USB juga hampir sama
  • Setelah kedua perangkat terhubung dengan kabel USB, aktifkan USB tethering di ponsel kamu
  • Jika nama jaringan laptop kamu sudah di Hp, kamu bisa langsung saja dan speaker sudah bisa dihubungkan

Cara Menjadikan Android Sebagai Speaker PC Pada Linux

Sebenarnya cara menggunakan perangkat ini juga tidak jauh berbeda dari cara menggunakan android sebagai speakar pada PC atau laptop dengan sistem operasi Windows.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kamu juga menghubungkan kedua perangkat ini dengan  bantuan aplikasi SoundWire Server.

Langkah-langkah menjalankan aplikasinya juga sama. Cukup unduh, install, lalu koneksikan kedua perangkat dengan jaringan WiFi yang sama.

Bagi kamu yang menggunakan speaker sekedar untuk mendengarkan musik atau nonton film saja, menggunakan ponsel android sebagai pengganti speaker, aplikasi seperti SoundWire sudah sangat recomended buat kamu.

Kendala Menggunakan Android sebagai Speaker ‘Sementara’

Meski cara menjadikan android sebagai speaker PC sangat mudah dan murah, namun cara ini memiliki satu kendala atau kekurangan yang kerap terjadi. Berikut beberapa diantaranya:

Output Audio Delay

Saat menggunakan ponsel android sebagai speaker dari PC, sebagian besar audio yang dihasilkan akan delay meski hanya sepersekian detik hingga 1 detik delay. Terdengar sepele dan sebentar, tapi hal tersebut tentu akan sedikit mengganggu terutama saat kamu nonton film.

Aktifas Bergantung pada Jaringan WiFi

Jika jaringan WiFi kamu jelek makan output audio di ponsel pun akan ikut jelek. Jika WiFi mati, maka musik atau audio pun akan ikut terhenti karena saat menghubungkan kedua harus menggunakan satu jaringan internet yang sama.

Apabila salah satu perangkat mati, misal karena baterai lemah, maka perangkat lainnya juga akan mati. Oleh sebab itu, semuanya tergantung pada jaringan Wifi.

Daya Baterai Cepat Habis

Terlalu lama dan terlalu sering menggunakan ponsel sebagai speaker ponsel pintar kamu akan mudah panas karena daya baterai mudah habis

Kelebihan Menggunakan Android Sebagai Speaker PC

Dari beberapa kelebihan menggunakan ponsel android sebagai speaker PC/laptop, keuntungan yang pasti didapatkan saat menggunakan android yaitu:

Sebagai Pengganti Output Suara Yang Kurang Berkualitas

Jika speaker PC kamu tidak berfungsi normal, kamu bisa menggunakan speaker dari android dengan suara yang dihasilkan lebih berkualitas dan bisa lebih keras.

Mudah Dibawa Ke Mana

Mudah di bawa kemana saja, karena tidak memakan banyak tempat, kamu bisa membawa speaker android ini ke mana pun kamu pergi.

Bisa Melakukan Kontrol Jarak Jauh

Apabila laptop atau PC yang sedang kamu gunakan jaraknya sedikit jauh dari ponsel yang dijadikan speaker, tapi malas untuk mengontrol ponsel. Dengan aplikasi di atas kamu bisa mengontrol output audio dari laptop saja.

Dengan cara menjadikan android sebagai speaker PC atau laptop, kamu tidak perlu membeli speaker baru jika belum bisa atau belum sempat memperbaiki.

Namun sebaiknya hal tersebut tidak kamu lakukan seharian penuh dalam waktu yang lama. Oh, ya, jika kamu tidak cocok dengan aplikasi SoundWire dan AudioReplay, kamu bisa kok menggunakan aplikasi sejenis lainnya. Jadi, selamat mencoba!

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.