Scroll untuk baca artikel
Warta Bandung

20 Cara Merawat Motor Matic Biar Awet dan Gak Mudah Rusak

×

20 Cara Merawat Motor Matic Biar Awet dan Gak Mudah Rusak

Sebarkan artikel ini
20 Cara Merawat Motor Matic Biar Awet dan Gak Mudah Rusak

Kamu punya motor matic? Berdasarkan data penjualan seluruh kendaraan motor di indonesia, salah satu yang paling laku adalah motor matic. Faktanya bisa kita coba lihat di jalanan saja, banyak banget kan motor matic yang digunakan oleh para pengendara? Benar banyak banget..

Apa itu motor matic? Perlu diketahui bahwa motor matic itu adalah motor dengan tipe automatic yang tak perlu melakukan oper gigi dalam berkendara. Kendaraan matic ini biasanya memiliki tipe mesin silinder kecil dan lebih ringan dibanding dengan motor bebek.

Dua Jenis Motor Matic yakni Injeksi dan Karbu

Ada dua jenis kendaraan motor matic yang saat ini dijual di pasaran. Hal itu dibedakan atas dua jenis yakni yang bermesin injeksi dan bermesin karburator. Keduanya dibedakan oleh generasi dimana versi karburator lebih dulu hadir dibanding dengan versi injeksi. Beda mesin injeksi dan karburator akan dibahas dalam artikel lain..

Nah kita masuk ke bagaimana cara merawat motor matic. Mungkin banyak diantaranya yang belum tahu dan belum paham bagaimana seharusnya perawatan itu dilakukan. Perawatan untuk cara merawat motor matic injeksi dan cara merawat motor matic karbu memang ada sedikit perbedaan. Namun secara umum sebetulnya hampir sama saja.

Untuk membantu kamu mengetahui tentang bagaimana cara cara merawat motor matic mio, atau kendaraan lain seperti cara merawat motor matic vario, dan lainnya bisa kamu simak dalam tulisan dibawah ini. Ada setidaknya 25 poin penting yang bisa kamu gunakan sebagai bahan pertimbangan saat mau merawat motor matic.

  1. Memanaskan motor sebelum dijalankan (5-10 menit)
  2. Cek Bahan Bakar jangan sampai kehabisan
  3. Gunakan Bahan Bakar Berkualitas (Pertamax atau Pertalite)
  4. Ganti Oli secara teratur (1500-2000 km)
  5. Periksa Roler dan Ventbelt
  6. Cek Oli Shockbreaker, kalau perlu ganti
  7. Cek Kondisi busi
  8. cek kondisi oli
  9. cek oli rem tangan
  10. cek kanvas rem belakang
  11. Cek Kondisi ban
  12. Perhatikan beban barang bawaan saat berkendara
  13. Perhatikan kecepatan saat berkendara
  14. Berhenti sebentar jika berkendara jauh untuk mendinginkan mesin
  15. Cek kipas di bagian mesin samping
  16. Cek lampu utama dan sein
  17. Ganti cairan injeksi untuk yang bermesin injeksi
  18. Periksa Ruang Transmisi
  19. Berkendaran Secara Seimbang
  20. Pergi ke Bengkel Resmi Secara Berkala

Nah itulah beberapa cara yang bisa dilakukan baik cara merawat motor matic vario 150 atau motor yang lainnya juga. Bahkan saat kamu akan coba terapkan pada perawatan motor matic injeksi yamaha juga, beberapa cara diatas bisa coba kamu terapkan sehingga kamu benar-benar bisa membuat kendaraan motor anda tetap dalam kondisi prima dan awet.

Dengan pemahaman yang baik akan perawatan tersebut, ini juga memungkinkan kamu bisa melakukan cara merawat motor matic vario techno dan lainnya diatas itu oleh sendiri tanpa harus pergi ke bengket. Kamu pasti tahu kalau harus datang ke bengket, pastinya butuh luangin waktu buat ngantri dan harus keluarin dana lebih banyak juga.