Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

4 Cara Scan Barcode Dengan Mudah

Cara Scan Barcode

Untuk memudahkan aktivitas sehari-hari, barcode sering kali digunakan sebagai alternatif. Karena dengan menggunakan barcode semua bisa diakses hanya dengan menscan barcode tersebut.

Apalagi sekarang banyak sekali aplikasi scan yang bertebaran. Sehingga semakin memudahkan siapa saja yang menggunakan barcode. Nah oleh sebab itu, apa kamu sudah tahu cara scan barcode tersebut?

Jika belum, sebaiknya kamu belajar cara itu. Karena nyaris semua yang bersifat informasi sekarang dibungkus menggunakan barcode.

Selain untuk menghemat tempat, barcode juga bisa menghemat waktu karena informasi tersebut bisa diakses kapan saja setelah kamu menyimpannya usai mengscan barcode tersebut. Bahkan untuk memberi petunjuk denah tempat, beberapa undangan dilengkapi dengan barcode.

Dunia yang semakin canggih ini, memaksa semua orang harus belajar dan mengikuti perkembangannya. Karena kalau tidak, mereka akan kesulitan.

Gagap teknologi dapat membuat mereka tidak bisa berkembang dan bahkan bisa juga mengalami kemunduran. Segala aktivitas saat ini nyaris semuanya berpindah menggunakan elektronik dan digital.

Barcode merupakan suatu kemudahan yang mengubah informasi entah berupa data atau tulisan menjadi sekotak kecil dengan kode dan gambar hitam-hitam.

Data atau informasi yang kamu miliki akan terjamin keamanannya ketika memakai barcode. Karena hanya dengan menscan barcode kamu baru bisa membacanya. Jika tidak, kamu tidak akan menemukan apa-apa di sana. Hanya secuil kotak hitam biasa.

Cara Scan Barcode

Sebagai pengguna android, kamu merupakan orang beruntung. Karena saat ini android bisa digunakan untuk menscan barcode. Dulu tentu kamu berpikir barcode hanya bisa dibaca dengan menggunakan alat scan yang memanfaatkan kecanggihan infra merah.

Tetapi seiring berkembangnya zaman, kini barcode bisa dibaca menggunakan android. Tentunya dengan bantuan aplikasi atau memang dari androidnya sendiri.

Cara scan barcode ini wajib sekali kamu ketahui karena untuk berjaga-jaga. Misalnya di suatu tempat kamu sedang berada di stasiun atau di tempat layanan publik lainnya, kamu bisa membaca informasi yang memang sengaja dibuat menjadi barcode agar keamanannya terjaga dan agar memudahkan seseorang mengakses menggunakan perangkat androidnya sendiri.

Nah jika kamu belum mengetahui, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu coba dan lakukan ketika hendak membaca barcode yang kamu temukan di jalan atau di tempat layanan publik. Simak beberapa cara berikut ini:

Cara Scan Barcode Menggunakan Google Lens

Google mengeluarkan aplikasi scan barcode yang bisa kamu manfaatkan untuk membaca barcode. Kemudahan yang diberikan oleh google ini bisa kamu nikmati dengan menggunakan aplikasi Google Lens.

Google Lens sendiri biasanya sudah tersedia di perangkat android. Nah jika kamu masih asing dengan aplikasi tersebut, kamu bisa mencoba cara berikut ini:

1. Masuk ke Google Assistant dengan menekan tombol Home.

2. Kemudian tap fitur Google lens.

3. Arahkan kamera HP kamu ke barcode atau QR code.

4. Maka akan muncul sebuah lingkaran kecil di barcode atau QR kode.

5. Tap ikon lingkaran tersebut.

6. Informasi dari kode QR atau barcode akan muncul.

Sekarang kamu sudah berhasil memindai kode QR atau barcode sendiri lewat google di HP Android. Setelah itu, kamu juga dapat menyalin teks atau langsung mengunjungi link dari hasil scan kode QR atau barcode tersebut.

Cara Scan Barcode Menggunakan QR & Barcode Scanner

Aplikasi QR & barcode Scanner ini merupakan aplikasi scanner yang paling popular. Ketajaman dan ketepatan pembacaan barcodenya sudah tidak bisa diragukan lagi.

Hanya dengan mendekatkan HP kamu sekali saja ke barcode, maka kamu sudah bisa membaca informasi atau isi dari barcode tersebut. Untuk lebih jelasnya berikut ini cara membaca barcode menggunakan aplikasi QR & Barcode Scanner:

1. Pasang aplikasi QR & Barcode Scanner melalui playstore.

2. Kemudian buka aplikasi tersebut.

3. Pada menu Pindai, arahkan kamera ke kode QR atau barcode.

4. Aplikasi ini langsung melakukan scanning.

5. Tidak perlu menunggu waktu yang lama, kode QR atau barcode sudah berhasil dideteksi.

Setelah berhasil mendeteksi barcode tersebut, kamu akan mendapatkan informasi berupa link atau berupa bentuk lain. Sehingga kamu bisa menyalin link tersebut dan mengaksesnya melalui aplikasi browser yang ada di android kamu. Dengan demikian kamu bisa mendapatkan informasi dengan lebih mendetail.

Cara Scan Barcode Menggunakan QR Code Reader

Aplikasi ini sebetulnya memiliki fungsi utama yakni memindai folder. Akan tetapi perusahaan yang mengeluarkan barcode tersebut, mengembangkan aplikasi tersebut hingga aplikasi ini dapat digunakan untuk menscan barcode.

Kamu bisa mengakses informasi yang berbentuk barcode menggunakan QR code reader ini. Caranya sih tidak berbeda jauh. Berikut cara membaca barcode menggunakan aplikasi ini:

1. Instal aplikasi QR Code Reader terlebih dahulu.

2. Setelah terpasang, buka aplikasi.

3. Kamu hanya perlu mengarahkan kamera HP ke barcode atau QR.

4. Kemudian akan muncul hasil dari scan barcode atau QR Kamu.

Aplikasi ini memiliki kelebihan lain yakni dapat kamu gunakan untuk membuar barcode dan menyimpan riwayat scan barcode yang kamu lakukan. Sehingga kamu tidak perlu repot-repot mendatangi tempat di mana barcode tersebut kamu scan.

Karena hanya dengan membuka aplikasi dan riwayat scan, kamu bisa melihat kembali barcode yang sudah kamu scan lagi. Aplikasi ini memang dilengkapi fitur yang lengkap.

Cara Scan Barcode Tanpa Menggunakan Kamera

Cara yang ketiga ini merupakan cara yang muncul karena sebuah pertanyaan nyeleneh. Apakah bisa membaca barcode tanpa kamera, padahal sejatinya scan memerlukan alat untuk melihat barcode tersebut.

Maka aneh bila rasanya membaca barcode tanpa menggunakan kamera. Tetapi kenyataannya, cara tersebut ada. Jika kamu mau mencobanya membaca barcode tanpa menggunakan kamera, langsung saja!

1. Buka web browser seperti google chrome atau opera.

2. Kemudian kunjungi situs web berikut onlinebarcodereader.com

3. Tekan Upload file lalu pilih gambar barcode atau QR kamu.

4. Selanjutnya tekan tombol Start.

5. Tunggu proses hingga selesai.

6. Terakhir kamu akan diarahkan ke hasil scan barcode atau QR.

Dengan menggunakan link ini, kamu juga bisa membaca barcode tanpa mendekatkan kamera ke barcode tersebut. Caranya mudah, kamu tinggal menyimpan barcode tersebut di galeri.

Misalnya ketika kamu terburu-buru ingin segera pergi, kamu bisa memfoto barcode tersebut terlebih dulu. Lalu kamu simpan di galeri android kamu. Nah ketika kamu sudah longgar, kamu tidak perlu mendatangi tempat itu lagi.

Selain karena tempatnya jauh dan kamu tidak memungkinkan ke sana lagi, tidak ada waktu lagi untuk menscan ulang. Nah kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa mengupload foto barcode tadi di link yang sudah dijelaskan di atas.

Dengan begitu semua informasi akan terbaca sama seperti kamu menggunakan kamera untuk scan barcode secara langsung. Cara yang berbeda tetapi hasil yang sama.

Nah itulah berbagai cara scan barcode yang bisa kamu coba atau lakukan saat melihat informasi di suatu tempat yang ternyata dibalut menjadi bentuk barcode.

Memang semua itu tidak salah, karena seiring berkembangnya zaman semua orang menginginkan hal yang instan. Semoga artikel cara scan barcode ini dapat bermanfaat untuk kita semua, selamat mencoba.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.