Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Keunggulan dari Cara Ternak Burung Kenari

Cara Ternak Burung Kenari

Cara ternak  burung kenari sangat mudah bagi sebagian orang, karena burung ini adalah salah satu jenis burung yang mudah untuk diternak.

Burung kenari adalah salah satu jenis burung yang memili tubuh kecil, warna yang cantik serta kicauan yang merdu dibandingkan dengan burung lainnya.

Harga burung kenari pun di pasaran bisa dibilang cukup baik, sehingga para pembudidaya banyak yang lebih memilih untuk membudidayakan burung kenari tersebut.

Selain untuk dijadikan peliharaan, kicauan burung kenari ini dapat ikut berpartisipasi dalam ajang perlombaan.

Kali ini kita akan sama-sama membahas cara ternak burung kenari yang baik dan benar.

Ciri Khusus Dalam Pemilihan Indukan Burung Kenari

Ada beberapa ciri khusus yang biasanya dilakukan oleh hampir setiap peternak untuk melakukan sebuah pemilihan indukan burung kenari yang memiliki kualitas baik.

Pemilihan indukan burung kenari ini sangat berpengaruh bagi para generasi berikutnya.

Dalam cara ternak burung kenari kita akan membahas beberapa ciri-ciri khusus dalam pemilihan indukan burung kenari, di antaranya:

  • Suara dari burung kenari juga bisa dijadikan sebagai alat pemilihan indukan yang baik untuk menciptakan generasi bibit unggulan. Hal ini tentunya penting bagi para peternak lakukan yang bertujuan untuk menghindari sebuah permasalahan pada saat nanti proses perjodohan.
  • Hal yang berikutnya yaitu dapat dilihat dari kelincahan terbang burung kenari. Jika burung terlihat kurang sehat maka dia akan tetap berdiri di kandang dan tidak terbang dalam kandang tersebut. Hal ini tentunya berbeda dengan sifat asli dari burung kenari tersebut.
  • Dapat membedakan antara induk jantan dan betina juga merupakan sebuah proses untuk membudidayakan burung tersebut. Hal ini terkadang sulit untuk didapatkan karena masing-masing para pembudidaya tidak memahami cara memilih jantan dan betina.

Persiapan Tempat Untuk  Burung Kenari

Dalam ternak ini, kita pastinya ingin mendapatkan hasil yang baik dan juga menguntungkan.

Oleh sebab itu, cara ternak  burung kenari pun harus pas dan sesuai dengan standar yang berlaku pada burung kenari tersebut.

Selain dari pemilihan indukan, persiapan tempat untuk burung kenari pun harus yang baik agar nantinya burung kenari tidak mudah stres. Adapun persiapannya yaitu:

  • Menyiapkan sebuah kandang yang tepat untuk burung kenari. Tempat ini tentunya bisa besar atau pun kecil tergantung burung yang para pembudidaya ternak.
  • Menciptakan sebuah kandang yang ramah untuk burung kenari tersebut. Biasanya para peternak memberikan beberapa hiasan pada kandang namun dalam batas yang wajar, tidak berlebihan.
  • Sediakan tempat untuk makan dan minum di dalam kandang, pastikan tempat untuk makan dan minum terpisah.
  • Jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang burung kenari dari kotoran maupun debu.

Proses Dan Cara Budidaya Burung Kenari

Setelah membuat sebuah kandang untuk burung kenari yang akan dibudidayakan.

Pada tahapan berikutnya yaitu terdapat pada sebuah cara membudidayakan burung kenari agar mendapatkan sebuah bibit dari burung kenari ini.

Cara ternak burung kenari pun membutuhkan sebuah proses pengetahuan tersendiri karena prosesnya pun cukup berbeda dengan aneka jenis burung lainnya.

  • Proses tahapan pertama yaitu bagi para pembudidaya burung kenari, anda bisa mulai untuk mencoba membiarkan kandang burung kenari jantan dan juga betina untuk saling berdekatan. Hal ini sangat penting dilakukan untuk proses sebuah pengenalan dari pasangan tersebut.
  • Kenali ciri dari burung jantan ketika dia cocok dengan sang induk betina yaitu dengan cara bersuara merdu terus-menerus. Hal inilah yang terkadang menandakan bahwa burung kenari jantan setuju dengan indukan betina yang nantinya akan dijodohkan.
  • Cara ternak burung kenari yang selanjutnya yaitu terdapat pada sebuah pemasukan antara indukan kenari jantan dan betina ke dalam satu kandang. Hal ini memerlukan sebuah waktu yang tepat biasanya para pembudidaya lainnya akan memasukkan burung kenari tersebut ke dalam satu kandang di waktu yang teduh.
  • Diamkan hingga satu harian penuh, para pembudidaya pun harus memperhatikan sebuah perkembangan dari perkawinan antara indukan jantan dan betina. Hal ini akan terlihat lebih jelas dan terdapat perbedaan tersendiri.
  • Setelah itu para pembudidaya juga bisa melakukan sebuah hal lainnya yaitu berupa mengeluarkan indukan jantan pada waktu pagi hari. Hal ini terus-menerus para pembudidaya lakukan hingga anakan ataupun bibit dari pasangan tersebut menetas
  • Para pembudidaya juga tidak boleh lupa untuk memberikan makan pada burung kenari. Ketika makanan tidak sesuai maka burung pun akan mengalami sakit bahkan mati  jika tidak diberikan penanganan lebih lanjut. Jika itu terjadi, ternak burung kenari pun tidak akan  berhasil atau bisa dikatakan gagal.

Perawatan Untuk Burung Kenari

Burung kenari membutuhkan beberapa perawatan yang dilakukan secara rutin sehingga nantinya burung tersebut dapat berkembang dengan baik.

Untuk para pencinta burung pastinya sudah tahu perawatan seperti apa yang harus dilakukan, namun ada juga yang belum mengetahuinya.

Oleh karena itu, dalam cara ternak burung kenari ini akan kita beri tahu beberapa hal yang harus dilakukan dalam perawatan, di antaranya:

  • Lakukan pemberian makan untuk burung kenari secara rutin agar dapat berkembang biak dengan baik. Pemberian makan ini juga harus tepat waktu agar burung kenari tersebut tidak merasakan lapar terlebih dahulu. Hal ini agar kualitas dari burung kenari lebih bagus dan baik bila dibandingkan dengan burung lainnya.
  • Jangan memberikan makanan yang sembarangan kepada burung kenari. Hal ini jika dilakukan pemberian makanan secara sembarangan maka akan merusak suara dari burung kenari tersebut. Jadi, perlu dipastikan bahwa makanan tersebut sesuai dan baik. Pada bagian ini juga banyak pembudidaya yang melakukan banyak kesalahan dengan memberikan makanan yang tidak sesuai dengan seharusnya.
  • Kandang burung kenari pun harus dibersihkan secara rutin untuk menjaga kesehatan serta keindahan untuk burung kenari. Burung kenari banyak menghabiskan waktu di dalam kandang maka dari itu kebersihan dari kandang pun harus terjaga agar para burung kenari dapat terbang dengan bebas tanpa harus terhalang dengan bau ataupun hal lainnya yang dapat mengganggu aktivitas dari burung kenari.

Panen Burung Kenari

Setelah burung kenari dijodohkan dan juga dirawat dengan baik maka para pembudidaya bisa menghasilkan sebuah panen yang dihasilkan oleh burung tersebut.

Hasil dari ternak ini tentunya bisa dirasakan ketika melakukan perawatan burung kenari dengan baik. Cara ternak burung kenari pun tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

  •  Biasanya ketika telur-telur burung kenari ini akan menetas di beberapa hari yang akan datang atau lebih tepatnya kurang lebih dua minggu. Namun, harus terus diperhatikan agar  pada saat telur menetas  tidak mengalami sebuah kegagalan.
  • Kandang indukan burung kenari yang sedang mengerami telurnya tidak boleh terkena pancaran sinar matahari secara langsung hal ini karena akan mengakibatkan telur tersebut akan mengalami kegagalan dan tidak bisa menetas dengan baik oleh karena itu saat telur sedang dikerami pastikan bahwa tidak ada pancaran sinar matahari secara langsung.
  • Biarkan burung yang menetas tersebut tetap di kandang tersebut sembari diberikan makan. Hal ini juga tidak boleh sampai terlewatkan. Agar bibit burung kenari dapat berkembang dengan baik.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.