5 Ciri-Ciri Gejala Stroke dan Pencegahannya
Rumah Sakit

5 Ciri-Ciri Gejala Stroke dan Pencegahannya

Ciri-ciri stroke bisa dikenali sejak dini pada usia muda, biasanya diawali dengan gejala lumpuh di bagian tertentu, gangguan bicara hingga pandangan kabur. Pertolongan pertama gejala stroke ringan bisa bisa dilakukan dengan memberikan minum dan membuat posisinya senyaman mungkin. Tapi, untuk tingkatan yang lebih lanjut, Anda harus tahu ciri-ciri gejala stroke dan pencegahannya secara mendalam.

Gejala awal stroke ini bisa terjadi baik pada wanita ataupun pria muda ataupun yang sudah tua. Mengenali gejala sebelum stroke adalah cara terbaik yang harus Anda lakukan. Hal ini agar bisa dilakukan cara pencegahan yang tepat sebelum stroke parah.

Ciri-Ciri Gejala Stroke

Ciri-Ciri Gejala Stroke dan Pencegahannya

Mengenali dengan baik ciri-ciri gejala stroke ini sangat penting dipahami oleh semua orang bisa melakukan penanganan dengan tepat dan meminimalisir terjadinya korban jiwa akibat stroke. Adapun beberapa gejala yang sering kali dialami oleh penderita penyakit stroke adalah:

1. Lumpuh Pada Area Tubuh Tertentu

Gejala pertama yang sering kali dialami oleh penderita stroke adalah terjadinya kelumpuhan pada area tubuh tertentu. Beberapa area yang paling sering mengalami kelumpuhan tersebut di antaranya adalah seperti pada area wajah, kaki, paha, atau telapak kaki. Kelumpuhan ini diakibatkan oleh gangguan peredaran darah di arteri.

2. Gangguan Pada Saat Bicara

Selain itu, salah satu gejala lain yang sering kali dialami oleh orang yang mengalami masalah stroke adalah terjadinya gangguan pada saat bicara. Kadang posisi mulut tidak normal seperti biasanya. Penderita stroke akan seperti orang yang mengalami kelumpuhan masalah bicara. Ia akan seperti orang yang bisu yang tidak bis berkata-kata.

3. Pandangan Kabur

Selain terjadi gangguan pada masalah bicara, ciri-ciri gejala stroke lainnya juga terjadi pada masalah pandangan. Di mana orang yang mengalami stroke akan kehilangan pandangannya. Bukan buta, melainkan menjadi buram dan tidak normal seperti biasanya. 

4. Kehilangan Keseimbangan

Ciri yang paling membuat orang kaget dan panik dari orang yang mengalami stroke adalah terjadinya kehilangan keseimbangan. Kadang orang tersebut bisa pingsan dan jatuh mendadak di mana pun ia sedang berdiri. Ia akan sulit sekali untuk berdiri, ia akan mengalami kelumpuhan yang membuatnya tidak akan bisa berdiri apalagi untuk berjalan.

5. Sakit Kepala Parah Tanpa Sebab

Penyakit stroke berasal dari masalah gangguan syaraf pada otak sebagai akibat dari masalah peredaran darah yang tidak normal. Salah satu ciri yang akan menunjukkan bahwa Anda mengalami stroke adalah terjadinya sakit kepala yang luar biasa seperti vertigo yang sakitnya sangat luar biasa.

Cara Pencegahannya Stroke

Ciri-Ciri Gejala Stroke dan Pencegahannya

Stroke adalah jenis penyakit yang hampir sulit sekali untuk disembuhkan. Untuk meminimalisir risiko terjangkit penyakit ini, sebaiknya lakukan pencegahan sejak dini. Ada banyak cara yang harus Anda lakukan sebagai bentuk preventif dari risiko penyakit stroke, beberapa di antaranya  adalah sebagai berikut:

1. Jaga Berat Badan Ideal

Langkah pertama adalah dengan menjaga berat badan. Berat badan yang berlebih atau obesitas sering kali menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan tubuh. Maka dari itu sebaiknya Anda jaga berat badan tubuh Anda dalam posisi yang ideal. Jika saat ini berat badan Anda lebih besar maka Anda turunkan berat badan Anda tersebut.

2. Jaga Tekanan Darah Normal

Darah tinggi juga memiliki risiko terkena masalah penyakit stroke yang juga sangat berbahaya. Darah tinggi bisa membuat kerja jantung tidak baik dan aliran darah tidak normal sehingga akan meningkatkan risiko terserang stroke yang lebih tinggi.

3. Jalankan Olahraga Secara Rutin

Olahraga memang sangat disarankan untuk menjaga tubuh dari beragam jenis penyakit mematikan. Semakin jarang Anda berolahraga, maka akan semakin tinggi risiko dari serangan beragam jenis penyakit. Sebaliknya jika Anda menjalankan olahraga dengan baik, maka tubuh akan jauh lebih sehat.

4. Obati Diabetes Sejak Dini

Diabetes adalah salah satu ikal bakal masalah stroke. Kadang penyakit ini menjadi sepaket dalam tubuh. Jika gula darah tinggi maka segera atasi agar tidak menjadi diabetes yang sangat berbahaya bagi tubuh Anda. Karena risikonya Anda bisa terserang stroke jika Anda mengalami diabetes.

5. Berhenti Merokok

Cara pencegahan stroke yang terakhir yang harus Anda lakukan adalah meninggalkan kebiasaan merokok. Merokok adalah salah satu penyebab terjadinya penyakit stroke yang dialami oleh seseorang. Semakin banyak Anda konsumsi rokok maka akan semakin tinggi risiko stroke untuk Anda alami.

Ciri-ciri gejala stroke dan pencegahannya ini harus benar-benar Anda pahami dengan baik agar tidak terjadi hal yang tidak Anda inginkan di kemudian hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *