Scroll untuk baca artikel
Warta Bandung

Contoh Artikel Deskripsi, Unsur Kebahasaan dan Ciri-Cirinya

×

Contoh Artikel Deskripsi, Unsur Kebahasaan dan Ciri-Cirinya

Sebarkan artikel ini
Contoh Artikel Deskripsi, Unsur Kebahasaan dan Ciri-Cirinya

Artikel memiliki banyak ragamnya salah satunya adalah artikel deskripsi. Dan artikel deskripsi ini adalah artikel yang ditulis dan memiliki fungsi untuk menggambarkan sesuatu dengan menggunakan verbal.

Bagi kamu yang sedang mencari contoh artikel deskripsi kamu bisa banget simak artikel ini akan kami jelaskan beberapa contoh artikel deskripsi hingga ciri dan juga pengertiannya. Simak sampai akhir ya!

Pengertian Artikel Deskripsi

Dalam dunia penulisan ilmiah tentunya ada berbagai macam artikel yang perlu kamu pahami. Seperti artikel deskripsi, eksposisi, argumentasi dan narasi.

Namun, pada kesempatan kali ini kami hanya akan membahas satu artikel saja. yaitu artikel deskripsi. Dimana artikel deskripsi adalah artikel yang ditulis memiliki fungsi untuk menggambarkan sesuatu dengan menggunakan verbal.

Dalam penulisan, artikel deskripsi menjadi kalimat pembuka dalam sebuah artikel. Biasanya penulis menuliskan pengantar paragraf dengan menggunakan kalimat deskripsi.

Artikel deskripsi menggambarkan tentang sesuatu, sehingga pembaca seakan bisa merasakan, mendengarkan dan memahami isi dari artikel tersebut.

Ciri-Ciri Artikel Deskripsi

Nah, sebelum beranjak ke contoh artikel deskripsi penting untuk kamu pahami juga bahwa artikel deskripsi ini memiliki ciri-ciri dan hal ini membuat kamu semakin mudah mengenali artikel deskripsi ini.

Berikut beberapa ciri-ciri dari artikel deskripsi yang perlu kamu ketahui, diantaranya adalah:

  • Menggambarkan atau melukiskan sesuatu
  • Penggambaran dilakukan dengan jelas dan melibatkan kesan indera
  • Membuat pembaca ikut merasakan sendiri atau mengalaminya sendiri
  • Menjelaskan ciri-ciri objek seperti warna, ukuran, bentuk dan keadaan secara terperinci

Kebahasaan Artikel Deskripsi

Berikut beberapa kebahasaan artikel deskripsi, diantaranya adalah:

  • Penggunaan kata baku (formal, kreativitas, aktif, dan lain sebagainya)
  • Penggunaan kata hubung.kata sambung atau konjungsi (atau, dan, tetapi, sehingga)
  • Penggunaan kata berimbuhan (ber-men, dan lain sebagainya)
  • Penggunaan kata rujukan (ini, itu, di sana, di sini dan tersebut.

Contoh Artikel Deskripsi Singkat Berbagai Tema

IMG 20240218 105020

Contoh 1

“Lingkungan Perkampungan

Suasana desa saya masih asri, ada banyak pepohonan, kicau burung, meski jalannya tak semulus di jalan tol.

Lalu lintas masih sangat sepi dengan banyak lubang di jalan. Bukan hanya itu, jalan di perkampungan juga memiliki kondisi yang berkelok-kelok dengan tanah yang naik turun.

Hanya orang dengan keahlian khusus yang bisa menggunakan mobil atau motor di jalan kampung.

Terlepas dari itu, lingkungan desa masih terlihat harmonis. Dan gotong royong dan saling membantu masih begitu kental terasa.

Contoh 2

Naik Kereta

Saat itu dipertengahan bulan Oktober. Aku melakukan perjalanan yang cukup panjang dari Jakarta ke Malang. Aku pergi bersama dengan seorang teman.

Kamu memulai perjalanan menggunakan kereta dari jakarta perjalanan yang kami tempuh memakan waktu sekitar 17 jam.

Di dalam kereta suasana sangat ramai namun tetap tertib. Bangku yang kami pilih dapat memuat 6 orang yang saling berhadapan. Bangku ini terbuat dari besi yang dilapisi sedikit busa.

Kami duduk saling berhadapan dengan penumpang lain. meskipun tidak saling mengenal namun seiring berjalannya waktu kami saling sapa dan mengobrol selama perjalanan.

Suasan kereta sangat tenang. Apalagi saat hujan di luar turun dan membekaskan embu di kaca. Ditambah lantunan lagu jawa yang sendu dan merayu mata seakan memanjakan untuk tidur.

Ketika waktu beranjak gelap, suasana kereta tampak hening karena penumpang mulai terlelap. Pengalaman dalam perjalanan saat naik kereta sangat menyenangkan dan ingin rasanya mengulang kembali.

Contoh 3

Kebaya Di Jawa Tengah

Banyak daerah yang menggunakan kebaya sebagai pakaian adat masing-masing yang di khususkan untuk para wanita.

Sebut saja kebaya rancangan dari Madura, kebaya sunda dari sunda dan kebaya lainnya. termasuk Jawa tengah menjadikan kebaya sebagai busana adat jawanya.

Istilah kebaya itu sendiri merupakan barasal dari bahasa Arab yaitu Abaya yang berarti pakaian. Kebaya Jawa Tengah ini tentunya memiliki keunikan tersendiri. Dengan tampilan yang klasik namun berkelas.

Kebaya Jawa Tengah sedikit menyimpan kesan misterius. Kebaya Jawa Tengah seringkali digunakan untuk mempelai wanita dalam upacara pernikahan. Pada umumnya kebaya ini berwarna hitam dengan kain berudru atau sutra.

Untuk memastikan bagian dada tertutup dengan aman, wanita Jawa tenagh menggunakan kemben sebagai dalaman.

Contoh 4

Keberhasilan Sebuah Pendidikan

Di Indonesia pendidikan diatur dalam peraturan yang mewajibkan setiap warganya menempuh pendidikan. suatu pendidikan dapat dikatakan berhasil atau tidak tergantung pada hasil dari pendidikan itu sendiri.

Apakah anak menempuh pendidikan terlihat lebih baik atau tidak dapat menjadi tolak ukur suatu keberhasilan. Karena sering kita temui orang yang menganggap nilai dari hasil belajar merupakan hasil dari pendidikan.

Padahal salah. Hakikat pendidikan bukanlah angka, tapi proses. Bagaimana seseorang terbentuk menjadi manusia yang semestinya adalah inti dari pendidikan.

Jadi, mari kita lihat dunia pendidikan kita apakah anak-anak yang setiap hari sekolah itu menjadi manusia yang lebih baik?.

Contoh 5

Parangtritis yang Indah

Salah satu andalan wisata kota Yogyakarta adalah Pantai Parangtritis. Tepatnya di Kecamatan Kretek Bantul Yogyakarta. Pantai ini terletak di sekitar 27 km arah selatan Yogyakarta.

Pemandangan pantai ini sudah tidak diragukan lagi, di sebelah kiri terlihat tebing yang sangat tinggi, di sebelah kanan kita bisa melihat batu karang besar yang seolah menjadi penjaga gempuran ombak yang datang setiap hari.

Pantai bersih dengan buih-buih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh sangat indah. Di sore hari, kita bisa melihat matahari terbenam dan semburat merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa sinar matahari.

Rasa hangat berbaur dengan lembutnya embusan angin sore yang menenangkan hati.

Akhir Kata

Demikian penjelasan mengenai contoh artikel deskripsi dengan berbagai tema serta pengertian dan juga ciri-cirinya semoga bermanfaat ya.