Scroll untuk baca artikel
Rumah Sakit

Contoh Flek Tanda Kehamilan, Ibu Hami Wajib Tahu

×

Contoh Flek Tanda Kehamilan, Ibu Hami Wajib Tahu

Sebarkan artikel ini
Contoh Flek Tanda Kehamilan, Ibu Hami Wajib Tahu

Contoh flek tanda kehamilan tentunya penting sekali di ketahui bagi ibu hamil, hal ini agar menjaga pada seorang ibu hamil tidak memberikan anggapan apa – apa dengan munculnya flek. Dan tentunya tidak berpikiran yang aneh – aneh.

Apalagi bagi seorang ibu muda yang sedang baru merasakan hamil tentunya akan menganggap muncul nya sebuah penyakit. Untuk itu agar tidak beranggapan aneh mengenai flek yang muncul tanda hamil tentunya harus mempelajari mengenai contoh dari flek tanda kehamilan.

Flek Tanda Kehamilan

Sebagian wanita mungkin belum mengetahui seperti apa contoh flek tanda kehamilan, Meski hampir serupa dengan flek menstruasi, tetapi flek yang menjadi tanda kehamilan akan tampak berbeda apabila diperhatikan dari sisi durasi dan warna darah yang keluar.

Dan di kutip dari alodokter.com flek tada kehamilan atau disebut juga pendarahan implementasi terjadi saat sel telur yang dibuahi atau embrio menempel pada lapisan dinding rahim. Flek yang keluar dari vagina ini dialami setidaknya 20% wanita saat awal kehamilan atau pada 12 minggu pertama hamil.

Contoh Flek Tanda Kehamilan yang Normal

Sebenarnya munculnya flek tanda kehamilan yang normal tentunya memiliki tanda yang berbeda dengan flek tanda kehamilan yang tidak normal Dan contoh fkek tanda kehamilan yang normal bisa kamu perhatikan penjelasannya di bawah ini.

1. Waktu Yang Singkat

Yang pertama flek tanda kehamilan memiliki durasi waktu yang singkat yaitu biasanya hanya berlangsung beberapa jam atau paling lambat selama 3 hari. Dara yang keluar juga berupa bercak yang kadang terlihat dan kadang juga tidak.

Dan bedanya dengan menstruasi, yaitu awal darah yang keluar akan sedikit dan semakin banyak pada hari ke 2 hingga hari ke 4 masa menstruasi. Dan periode menstruasi pada umumnya berlangsung selama 4 hingga 7 hari.

2. Warna Merah Muda Hingga ke Coklat Tua

Contoh flek yang menjadi tanda kehamilan lainnya yaitu mengenai warna yaitu warna nya merah muda hingga ke cokelatan tua. Dan tentunya berbeda dengan darah menstruasi yang memang memiliki warna yang cenderung merah muda terang atau merah tua.

Dan jika mengalami flek maka disarankan menggunakan panty liner agar bisa mengetahui warna flak dengan jelas seberapa banyak darah yang keluar. Dan tidak disarankan untuk menggunakan tampon atau menstrual cup karena akan membahayakan pada kehamilan.

3. Rasa Nyeri Ringan

Yang selanjutnya contoh flek tanda hamil yang normal akan mengalami rasa nyeri yang ringan di bagian perut bawah. Hal ini terjadi karena embrio menempel pada dinding rahim.

4. Munculnya Tanda Tanda Kehamilan

Muncul nya flek tanda kehamilan biasanya akan disertai dengan adanya beberapa tanda awal kehamilan yang muncul. Dan penting sekali diketahui untuk memastikan bahwa flek yang keluar merupakan tanda hamil. Dan berikut ini adalah beberapa tanda-tandanya;

  • Terlambatnya menstruasi
  • Munculnya sara mual dan muntah
  • meningkatnya suhu tubuh selama awal kehamilan
  • Mudahnya mengalami lelah
  • Adanya perubahan pada Mood
  • Sering buang air kecil
  • Perut Kembung
  • Sembelit
  • Sensitif terhadap bau

Dan untuk memastikan agar tidak penasaran flek yang menjadi tanda kehamilan, maka sebaiknya kamu menggunakan test pack untuk memastikan apakan kamu sedang hamil atau tidak.

5. Bau Flek tanda Kehamilan

Mengenai bau yang muncul tentunya tidak jauh berbeda dengan bau darah yang sedang haid. Dan memang tidak ada perbedaan yang spesifik antara bau haid dan bau darah tanda kehamilan.

Yang Harus di Waspadai Contoh Flak Tanda Kehamilan

Diatas kamu mengetahui mengenai flak tanda kehamilan yang normal, dan pada kesempatan selanjutnya kamu harus mengetahui tanda flek yang harus di waspadasi. Dan berikut ini flak tanda kehamilan:

1. Keluar Darah Dengan Jumlah Yang Banyak

Flek tanda hamil yang perlu diwaspadai yang pertama yaitu keluarnya jumlah darah yang banyak atau makin bertambahnya jumlah darah dari hari ke hari, yang menandakan adanya perlukaan dan pelepasan jaringan si sekitar rahim yang cukup luas.

Seberapa luas jaringan yang lepas ini harus dievakuasi melalui pemeriksaan dokter dan USG. Kondisi ini menjadikan bahaya bia evaluasi menunjukan jaringan di sekitar kantung janin ikut terlepas bersama dengan darah yang keluar.

2. Bau Darah Yang menyengat Atau beraroma Busuk

Yang selanjutnya darah yang keluar beraroma bau busuk. Hal ini bisa disebabkan karena adanya infeksi di sekitar rahim dan jalan lahir. Dan jika terjadi seperti ini biasanya melibatkan daerah sekitar rahim dan membahayakan janin yang dikandung.

3. Keluarnya Gumpalan Bersamaan dengan Darah

Tak sedikit yang sedang mengalami flek hitam mengeluhkan adanya gumpalan menyerupai daging yang ikut keluar bersama dengan darah. Hal ini harus hati – hati karena gumpalan itu patut di curigai sebagai jaringan rahim atau bahkan kantung janin yang terlepas dan ikut keluar.

Bila muncul nya tanda ini maka ibu hamil harus segera memeriksa diri untuk memastikan kondisi kesehatan kehamilan.

4. Flek Disertai Kram Perut

Flek yang disertai dengan keram namun tidak mengganggu aktivitas dan tidak bertambah berat, maka tentunya tidak ada yang perlu di khawatirkan. Namun jika kram atau nyeri perut yang terjadi harus diwaspadai bila intensitasnya bertambah hebat.

Karena nyeri perut yang terjadi bisa menandakan adanya kontraksi rahim yang berusaha mengeluarkan jaringan kandungan, tanda awal dari keguguran.

5. Pandangan Kabur atau berkunang -kunang

Flek atau pendarahan hebat dapat membuat kamu mengalami anemia atau kurang darah. Salah satu tanda terjadinya anemia adalah pandangan kabur atau berkunang-kunang. Dan tidak hanya berbahaya pada ibu hamil, namun anemia juga berpotensi mengancam keselamatan janin yang dikandung.

Kesimpulan

Dari uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa;

  • Flek tanda kehamilan adalah pendarahan yang terjadi saat seorang ibu akan hamil dan berbeda dengan flek yang sedang haid
  • Contoh Flak tanda hamil yang normal adalah;
    • Waktu yang singkat
    • Warna Merah Muda hingga kecokelatan
    • Rasa Nyeri ringan
    • Munculnya tanda hamil yang lain
    • Bau Flek tanda kehamilan
  • Contoh flak tanda hamil yang harus di waspadai;
    • Jumlah darah keluar banyak
    • Bau darah yang menyengat atau beraroma busuk
    • keluarnya gumpalan bersamaan dengan darah
    • Flek disertai keram perut
    • Pandangan kabur atau berkunang – kunang

Dan itulah penjelasan yang bisa mendia Mustakim uraikan, semoga bermanfaat.