Scroll untuk baca artikel
Warta Bandung

Daftar Perusahaan di Bandung Beserta Alamat dan Kontaknya

×

Daftar Perusahaan di Bandung Beserta Alamat dan Kontaknya

Sebarkan artikel ini
Daftar Perusahaan di Bandung
Daftar Perusahaan di Bandung

Daftar perusahaan di Bandung sekarang ini cukup banyak sekali dan mudah dijumpai, mulai dari perusahaan milik negara maupun swasta. Kota Bandung dikenal sebagai Paris Van Java serta menjadi tujuan para pelajar dalam menuntut ilmu.

Selain itu juga, Bandung pun menjadi salah satu dari kota tujuan para perantau yang ingin mencari kerja dan membangun karir di Kota Kembang tersebut. terdapat juga sederet perusahaan besar yang menawarkan gaji tinggi kepada para tenaga kerjanya.

1. PT Bio Farma (Persero)

Daftar perusahaan di Bandung yang pertama adalah PT Bio Farma (Persero), termasuk ke dalam perusahaan farmasi telah beroperasi sejak tahun 1890 di Jakarta, dan berpindah ke Bandung pada tahun 1923 silam.

Bio Farma menjadi satu-satunya produsen vaksin manusia di Indonesia dan juga terbesar di kawasan Asia Tenggara. Tahun 2020 lalu, perusahaan satu ini juga ditunjuk sebagai induk holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Farmasi, yang mana di dalamnya beranggotakan Indo Farma dan Kimia Farma. Untuk detail perusahaan Bio Farma ada di bawah ini:

  • Alamat perusahaan Bio Farma: Jl. Pasteur No.28, Bandung, Jawa Barat
  • Kode poas: 40161
  • Fax: 022 2041306
  • Email: mail@biofarma.co.id
  • Website resmi: www.biofarma.co.id

2. PT Kereta Api Indonesia (PT KAI)

Kereta api pertama di Indonesia tercatat lahir pada tahun 1864 silam, yang mana pada saat in pembangunan dan juga manajemen perusahaan masih ditangani langsung oleh kolonial Belanda. Barulah setelah kemerdekaan Indonesia di tahun 1945 didirikanlah Djawatan Kereta Api Indonesia (DKARI) cikal bakal dari Djawatan Kereta Api (DKA) di tahun 1950.

Setelah beberapa kali berganti namanya, pada akhirnya perusahaan ini pun dikenal dengan nama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) dan berkantor pusat di Bandung. PT KAI sekarang sudah menyediakan sejumlah layanan kereta penumpang, seperti commuter line, kereta bandara, kereta antar kota, kereta wisata hingga kereta pengangkut barang. Berikut detail dari perusahaan PT KAI:

  • Alamat perusahaan PT KAI: Jl. Perintis Kemerdekaan No.1, Bandung, Jawa Barat
  • Kode pos: 40117
  • Email layanan consumer: cs@kai.id
  • Email korespondensi: dokumen@kai.id
  • Nomor telepon: 022-4230031
  • Website resmi: www.kai.id

3. PT Ultra Jaya Milk Industry & Trading Company Tbk

PT Ultra Jaya Milk Industry & Trading Company Tbk ini berlokasi di Jalan Raya Cimareme 131, Padalarang, Kab. Bandung. Pabrik yang memproduksi susu UHT aneka rasa dan sejumlah minuman kesehatan ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 1958 silam.

Sebelum menjadi perusahaan multinasional, PT Ultra Jaya Milk Industry & Trading Company Tbk ini hanya sekedar industri rumahan saja yang memproduksi susu sederhana. Barulah memasuki tahun 1970 an, Ahmad Prawirawidjaja, selaku pendiri dan pemilik perusahaan yang mulai menerapkan pengolahan UHT.

Secara resmi pada tahun 1975, merek susu UHT Ultra Milk pun resmi diluncurkan, disusul pula oleh produksi jus dalam kemasan bernama Buavita pada tahun 1978. Pada tahun 1980 an, industri minuman satu ini akhirnya mengeluarkan produk teh dalam kemasan, Teh Kotak dan Sari Kacang Ijo.

4. PT Telkom Indonesia Tbk

PT Telkom Indonesia Tbk merupakan perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia, yang sudah beroperasi sejak tahun 1882 silam. Sekarang ini, kurang lebih 52 Persen saham Telkom dipegang oleh Pemerintah Indonesia, sedangkan sisanya dimiliki oleh publik.

Layanan yang disediakan oleh PT Telkom Indonesia berupa jaringan telepon, internet, data, satelit dan juga televisi berlangganan berbasis internet. Dengan ada lebih dari 160 juta pelanggan, Telkom menjadi salah satu perusahaan BUMN terbesar di Indonesia saat ini. Berikut detail dari perusahaan BUMN tersebut:

  • Alamat perusahaan Telkom Indonesia: Jl. Japati No.1, Serdang Serang, Coblong, Bandung, Jawa Barat
  • Kode pos: 40133
  • Nomor telepon: 022 4521108
  • Website resmi: www.telkom.co.id

5. PT Perusahaan Industri Ceres (Delfi Group)

Perusahaan satu ini telah memproduksi merek-merek coklat ternama di Indonesia seperti Silver Queen, Delfi, Chunky, Ritz, Van Houten, dan meses Ceres. PT Perusahaan Industri Ceres ini beralamat di Jalan Raya Dayeuhkolot No.94, Pasawahan, Dayeuhkolot, Bandung Regency. Pabrikan satu ini fokus pada pengolahan makanan berbahan utama coklat sejak masa kolonial Belanda.

Sementara untuk pendiri perusahaan sendiri adalah seorang pengusaha keturunan Belanda. Saat hendak pulang kampung, ia pun menjual pabrik Ceresnya ke seorang pengusahan tanah air. Sebelum berubah menjadi perusahaan terbesar di Indonesia, awalnya pabrik ini berupa industri rumahan dengan lingkup usaha bisnis yang masih sangat terbatas sekali.

6. PT Kaldu Sari Nabati

PT Kaldu Sari Nabati adalah perusahaan di Bandung yang sudah mempunyai sejumlah produk ternama di Indonesia. Mungkin kamu sudah familiar sekali dengan produk makanan ringan seperti halnya Nextar, Simba, Richeese, Richoco dan lain sebagainya.

Perkembangan pesat dari perusahaan membuat Nabati memperluas sektor bisnisnya dengan membangun restoran cepat saji yang tersebar di sejumlah kota-kota besar di Indonesia. PT Kaldu Sari Nabati bisa kamu cek detail perusahaannya di bawah ini:

  • Alamat perusahaan: Jl. Soekarno Hatta No.122, Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat
  • Kode pos: 40223
  • Nomor telepon: 022 6000666
  • Webiste resmi: www.nabatigroup.com

7. PT LEN Industri

PT LEN Industri dikenal sebagai perusahaan yang bergerak di bidang elektronik. Perusahaan satu ini termasuk ke dalam BUMN yang ditunjuk pula sebagai induk industri pertahanan sejak tahun 2022. Dengan demikian, sekarang PT LEN Industri fokus pada industri elektronik pertahanan, sistem navigasi, ICT hingga sistem transportasi. Detail perusahaan PT LEN Industri seperti:

  • Alamat perusahaan: Jl. Soekarno Hatta No.442, Bandung, Jawa Barat
  • Kode pos: 40254
  • Email: marketing@len.co.id
  • Website resmi: www.len.co.id

8. So Good Good Manufacture

Daftar perusahaan di Bandung yang sudah sangat familiar sekali di kalangan masyarakat indonesia adalah So Good Food Manufacture. Pabriknya kini sudah tersebar di sejumlah kota di seluruh Indonesia. Untuk kantor pusat sendiri beralamat di Jalan Cibolerang, RT.03/RW.10, Margahayu Utara, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat.

Semula, perusahaan satu ini bergerak di bidang pengolahan makanan berbahan baku daging dengan nama PT Japfa OSI Food Industries. Kandungan gizi dan mutu tinggi selalu diperhatikan oleh perusahaan serta menawarkan produk dengan harga terjangkau membuatnya kian digemari oleh banyak orang.

Daftar perusahaan di Bandung sebenarnya cukup banyak sekali, namun sebagian di atas sudah mewakili perusahaan terbesar dan ternama di Indonesia dengan hasil produksi yang begtiu lekat sekali dalam kehidupan masyarakat tanah air.