Scroll untuk baca artikel
Warta Bandung

Disyanjak Kota Bandung: Alamat, Layanan, Fasilitas

×

Disyanjak Kota Bandung: Alamat, Layanan, Fasilitas

Sebarkan artikel ini
disyanjak kota bandung

Dinas Pelayanan Pajak atau lebih dikenal dengan Disyanjak Kota Bandung tentu tidak asing lagi bagi Anda. Terlebih lagi saat Anda selaku wajib pajak (WP) mengurus berbagai hal yang berhubungan dengan pajak, seperti SPT dan PBB (Pajak Bumi dan Bangunan), maka akan langsung datang ke kantor.

Sekarang ini, Disyanjak Kota Bandung ternyata sudah melakukan terobosan terbaru agar mempermudah para wajib pajak membayar pajak tanpa harus datang dan mengantri di kantor tersebut. untuk lebih jelasnya bisa Anda ikuti ulasan lengkap dari Disyanjak Kota Bandung di bawah ini.

Alamat dan Lokasi Strategi Disyanjak Kota Bandung

Untuk alamat dari Disyanjak Kota Bandung ini terletak di Jalan Sendi Kencana, Suka Asih, Kecamatan Bojongloa Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya pun begitu strategi karena berada di pusat kota, dekat dengan fasilitas umum, seperti halte bus, stasiun kereta dan juga pusat perbelanjaan.

Disyanjak Kota Bandung

Jadinya, Anda pun tidak begitu sulit untuk menjangkaunya dan mudah sekali menemukan berbagai kegiatan usaha yang ada di sekitar. Selain itu juga, Disyanjak Kota Bandung ini sudah menawarkan fasilitas super lengkap yang bakalan memanjakan para pengunjung saat berada disini.

Fasilitas yang Ada di Kantor Disyanjak Kota Bandung

Ruangan kantor telah dilengkapi dengan meja, kursi, hingga akses WiFi super cepat. Ada pula ruangan khusus meeting, ruang istirahat dan juga cafe yang menyediakan minuman dan makanan.

Dari segi keamanan sudah jadi prioritas utama disini. kantor Disyanjak Kota Bandung pun telah dilengkapi dengan sistem keamanan berupa CCTV dan juga akses kunci elektronik sehingga Anda pun tidak perlu khawatir mengenai keamanan yang ada disini.

Kendala yang Sering Dialami Oleh Disyanjak Kota Bandung Terkait PBB

Setidaknya terdapat dua permasalahan utama atau kendala yang kerap kali dialami oleh Disyanjak Kota Bandung dalam pelayanan publik. Secara spesifiknya untuk pelayanan publik Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), di antaranya adalah sebagai berikut:

Kebutuhan masyarakat pada ketersediaan serta kemudahan dalam mengakses informasi dengan data-data PBB yang tepat, cepat dan akurat, lebih khususnya lagi tentang informasi PBB. Dengan adanya kemudahan akses pada informasi-informasi PBB tersebut, maka bisa pula berhubungan dengan penerimaan di sektor PBB, sebab wajib pajak bakal dimudahkan mengetahui data tagihan PBB sehingga akan mempercepat pula proses pembayarannya tanpa harus menunggu SPPT.

Disyanjak Kota Bandung

Lanjut, ada jumlah wajib pajak yang datang secara langsung ke kantor Disyanjak Kota Bandung pelayanan PBB guna memperoleh pelayanan PBB berdasarkan data hingga tahun 2015 saja ada sebanyak 80 ribu lebih wajib pajak.

Pelayanan pembayaran PBB online pun ternyata dibutuhkan sekali terlebih lagi untuk kegiatan pendaftaran permohonan PBB secara online serta monitoring pada proses pelayanan yang telah diberikan oleh Disyanjak Kota Bandung.

Terobosan untuk Sistem Informasi Pelayanan PBB di Disyanjak Kota Bandung

Guna menjawab berbagai kendala tersebut, maka Dinas Pelayanan Pajak Kota Bandung pun telah mencoba melakukan inovasi guna memberikan peningkatan pelayanan publik, lebih spesifiknya lagi pada pelayanan PBB dengan cara membangun Sistem Informasi Pelayanan PBB.

Sistem Informasi Pelayanan PBB ini adalah portal layanan online yang saat ini sudah bisa diakses oleh masyarakat Kota Bandung guna mendapatkan pelayanan yang disediakan oleh Dinas Pelayanan Pajak atau Disyanjak Kota Bandung, khusus untuk pelayanan PBB. Untuk Sistem Informasi Pelayanan PBB ini telah menyediakan 2 menu utama, antara lain:

Portal Layanan Informasi PBB dari Disyanjak Kota Bandung

Portal layanan informasi PBB ini bisa berikan kemudahan akses informasi kepada masyarakat dengan cara menyediakan data-data PBB tepat, akurat dan juga cepat. Portal layanan satu ini sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur, seperti:

  • Pengecekan tagihan PBB
  • Pengecekan NJOP PBB
  • Pencarian data PBB

Pelayanan pembayaran PBB online

Penerimaan Pelayanan online ini dikhususkan untuk wajib pajak yang ingin mendaftarkan permohonan PBB secara online, tanpa perlu lagi kamu datang ke kantor Disyanjak Kota Bandung. Nantinya, di menu tersebut kamu akan diberikan fasilitas berupa memonitor dan memantau proses permohonannya.

Proses pendaftaran permohonan PBB secara online pun bisa kamu lakukan kapan saja dan dari mana pun. Pelayanan pembayaran PBB online sudah dilengkapi dengan sejumlah fitur, seperti:

  • Form pendaftaran untuk akun baru
  • Form permohonan pelayanan online
  • Upload dokumen
  • Monitoring approval permohonan
  • Monitoring proses permohonan
  • Dashboard statistik

Jenis Pelayanan PBB dari Disyanjak Kota Bandung

Sistem Informasi Pelayanan PBB online ini bisa jadi sarana guna mempermudah kamu sebagai wajib pajak PBB guna dapatkan akses informasi lengkap yang berhubungan langsung dengan data-data PBB.

Disyanjak Kota Bandung

Dalam kontribusinya pada penerimaan sektor pajak, lebih khususnya PBB, Sistem Informasi Pelayanan PBB jadi salah satu faktor pendorong keberhasilan dalam pencapaian target.

Sebab dengan adanya informasi tersebut, khusus pada fitur pengecekan tagihan Pajak Bumi dan Bangunan, kamu bisa langsung mengetahui jumlah besaran taruhannya, termasuk pula piutang PBB di tahun sebelumnya tanpa harus menunggu SPPT.

Selanjutnya, Sistem Informasi Pelayanan PBB sudah membuahkan kam untuk pelayanan PBB serta memperoleh 10 jenis layanan lainnya, antara lain:

  • Pendaftaran objek pajak baru
  • Mutasi
  • Pembetulan
  • Pembatalan
  • Salinan
  • Keberatan atas pajak terutang
  • Pengurangan atas besarnya pajak terutang
  • Pengurangan denda administrasi
  • Penentuan kembali tanggal jatuh tempo
  • Permohonan SK NJOP

Cara Mudah Cek Tagihan PBB Online Disyanjak Kota Bandung

Pemerintah Kota Bandung melalui Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (BPPD) telah memberikan kepada masyarakat atau wajib pajak (WP) untuk mengakses data informasi Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Informasi PBB dapat kamu peroleh secara online langsung dari laman Sistem Informasi Pelayanan PBB (SIPP) BPPD Kota Bandung. SIPP diantaranya telah menyediakan portal informasi publik guna cek tagihan PBB dan juga NJOP.

1. Cara cek tagihan PBB

  • Akses ke dalam sitsu web sipp.bapenda.bandung.go.id
  • Pilih Portal Informasi Publik
  • Pilih Cek Tagihan PBB
  • Masukan nomor objek pajak (NOP) guna cari tahu jumlah tagihan PBB
  • Data tahun pajak, nama wajib pajak juga jumlah bulanan akan segera muncul

2. Cek NJOP PBB

  • Pilih menu Portal Informasi Publik di halaman SIPP
  • Pilih Cek NJOP PBB
  • Masukkan NOP
  • Data informasi seputar objek pajak, NJOP bumi per meter dan bangunan akan segera muncul

Akhir Kata

Disyanjak Kota Bandung memberikan kemudahan kepada para wajib pajak (WP) dalam proses pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan yang diakses secara online, baik pengecekan jumlah pajak yang dibayar hingga informasi lengkap lainnya sudah tertera disini.