Orang Bandung Berbagi Informasi seputar Bandung itu kaya curhat aja ke temen tentang indahnya kota Bandung. Banyak hal menarik di Bandung, gak cuma fashion doang, ulik yuk!

9 Faktor yang Mempengaruhi Pola Hidup Sehat

faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat

Pola hidup sehat sering orang lakukan sebagai salah satu upaya untuk menjaga badannya agar tetap bugar dan sehat. Pola hidup yang mereka lakukan biasanya adalah mulai dari istirahat yang cukup, olahraga, dan makan makanan yang baik dan bergizi. Namun tahukah anda, bahwa ada banyak faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat  selain dari pada hal tersebut.

Sudah tahu apa saja faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat? Nah berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi pola hidup sehat yang harus benar-benar anda perhatikan dengan baik.

Kebersihan Diri dan Lingkungan  

faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat

Kebersihan adalah salah satu faktor yang bisa menunjang dan paling berpengaruh dalam menjalankan pola hidup sehat. Akan sangat percuma anda melakukan olahraga secara rutin namun badan dan tempat tinggal anda tidak bersih.

1. Kebersihan kulit

Kulit adalah bagian terluar dari tubuh, ketika tubuh terserang penyakit, maka kulitlah yang terlebih dahulu terkena hal tersebut. Kulit yang kotor cenderung akan memberikan masalah serius bagi tubuh. Maka dari itu, hal terpenting yang harus dilakukan ketika menjalankan pola hidup sehat adalah merawat dan membersihkan kulit dengan baik.

2. Kebersihan rambut

Rambut adalah bagian kepala yang juga sangat penting sekali untuk kita bersihkan. Ini juga penting kita rawat dengan baik baik agar tubuh kita sehat dan terhindar dari beragam jenis penyakit. Perawatan rambut ini bisa dilakukan mandiri ataupun ke salon. 

3. Kebersihan Tempat Tinggal

Bukan hanya tubuh, lingkungan tempat kita tinggal sangat berpengaruh pada kesehatan kita lho. Tidak jarang beragam jenis penyakit berbahaya datang dari tempat yang kita tinggali. Maka dari itu, bersihkan tempat tinggal kita secara berkala mulai dari ruangan kamar hingga daur dan kamar mandi.

Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi

faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat

Selain kebersihan, faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat lainnya adalah masalah makanan dan minuman yang kita konsumsi. Beberapa jenis penyakit juga banyak yang berasal dari makanan atau minuman yang kita konsumsi.

1. Makan tidak teratur

Pola makan sangat berperan penting dalam menentukan tingkat kesehatan tubuh. Pola makan yang baik cenderung akan memberikan efek kesehatan yang jauh lebih baik. Begitu juga sebaliknya, jika pola makan Berantakan maka akan membuat badan menjadi kurang sehat. Jaga selalu pola makan, pagi sebelum jam 9, siang sebelum jam 14.00 dan malam sebelum jam19.00.

2. Makan makanan yang tidak cocok di tubuh

Dari sekian banyak jenis makanan, pasti ada salah satu jenis makanan yang tidak cocok dengan tubuh anda. Tidak jarang reaksinya bisa membuat anda sakit parah. Seperti makanan ikan laut yang bagi beberapa orang bisa menimbulkan efek samping gatal-gatal dan lain sebagainya.

3. Makan secara berlebih

Makanan secara berlebih adalah salah satu tindakan yang tidak bagus dilakukan. Ini juga bisa berdampak buruk bagi tubuh. Terlalu banyak makan maka bisa menumpuk berbagai zat tidak baik bagi tubuh. Apalagi jika anda makan makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan gula. Ini sangat berbahaya dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Pola Kegiatan Harian

faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat

Selain kedua faktor di atas, faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat terakhir adalah pola kegiatan harian. Walau sering disepelekan, namun percayalah bahwa ini bisa berdampak lho pada kesehatan anda.

1. Jarang berjalan kaki

Jam modern membuat banyak orang lebih mudah pergi kemanapun tanpa harus berjalan kaki. Ini memang bisa mempermudah dan membuat kita nyaman. Namun di sisi lain, orang yang terlalu bergantung akan hal tersebut dan jarang berjalan kaki akan berdampak pada kesehatannya.

2. Terlalu lama duduk

Para pekerja kantoran biasanya memang dituntut untuk duduk dalam kursi kerja mereka dalam waktu lama. Jika tidak ditangani dengan baik, ini bisa menjadi salah satu masalah kesehatan yang juga cukup serius lho.

3. Jarang keluar rumah dan kurang bersosial

Anda mungkin tidak menyadari bahwa kegiatan sosial dan keluar dari rumah serta bercengkrama dengan tetangga juga merupakan bagian penting dari pola hidup sehat. Karena hal ini memiliki dampak pada pola pikir dan kesehatan pikiran anda.

Nah itulah beberapa faktor yang mempengaruhi pola hidup sehat. Perhatikan hal ini agar hidup berjalan lebih baik dan lebih sehat.

Orang Bandung Berbagi Informasi seputar Bandung itu kaya curhat aja ke temen tentang indahnya kota Bandung. Banyak hal menarik di Bandung, gak cuma fashion doang, ulik yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *