Scroll untuk baca artikel
Warta Bandung

Gedung Perhutani Bandung: Alamat, Fasilitas, dan Penunjuk Arah

×

Gedung Perhutani Bandung: Alamat, Fasilitas, dan Penunjuk Arah

Sebarkan artikel ini
Gedung Perhutani Bandung

Gedung Perhutani Bandung merupakan salah satu tempat penting yang memiliki fungsi utama sebagai kantor pusat Perusahaan Umum Perhutani di Wilayah Jawa Barat. Dan gedung ini biasanya menjadi tempat berkumpulnya kegiatan administratif maupun operasional perusahaan.

Untuk lebih jelasnya mari simak apa itu Gedung Perhutani Bandung, fungsi, alamat lengkap hingga fasilitas dan petunjuk arahnya. Yuk, simak sampai akhir ya!

Gedung Perhutani Bandung Adalah?

Gedung Perhutani Bandung

Gedung Perhutani Bandung ini telah menjadi salah satu ikon kota Bandung yang memiliki sejarah panjang dan keindahan arsitektur yang menakjubkan. Gedung ini memiliki berbagai fungsi penting bagi masyarakat.

Mulai dari sejarahnya, fungsinya hingga sebagai markas perusahaan umum perhutani dan menjadi salah satu destinasi sejarah.

Gedung Perhutani Bandung ini memiliki sejarah yang sangat panjang dan cukup menarik. Dimana gedung ini dibangun pada tahun 1920-an oleh pemerintah Hindia Belanda, dan awalnya gedung ini digunakan sebagai kantor pusat Perusahaan Umum Perhutani.

Yaitu merupakan perusahaan negara yang bertanggungjawab atas pengelolaan hutan dan hasil-hasil hutan di wilayah Jawa Barat. Dan sejak saat itu, gedung ini telah menjadi saksi bisu dari berbagai peristiwa sejarah di Indonesia pada masa lalu.

Setelah kemerdekaan Indonesia, Gedung Perhutani Bandung tetap berfungsi sebagai markas besar Perhutani hingga saat ini. Dan bangunan ini juga pernah mengalami berbagai renovasi arsitekturnya serta memperkuat struktur bangunannya.

Fungsi Gedung Perhutani Bandung

Gedung Perhutani Bandung selama ini memiliki banyak nilai sejarah yang cukup tinggi bagi negara Indonesia. Dan selain itu, gedung ini memiliki fungsi yang sangat penting.

Fungsi penting salah satunya adalah sebagai kantor pusat Perusahaan Umum Perhutani di wilayah Jawa barat. Dimana gedung ini menjadi tempat berkumpulnya berbagai kegiatan administratif maupun operasional perusahaan.

Tidak hanya itu, Gedung Perhutani Bandung ini juga sering digunakan sebagai tempat untuk berbagai acara dan kegiatan formal, seperti halnya seminar, konferensi dan acara resmi lainnya.

Dipadukan dengan keindahan arsitekturnya, gedung ini sering menjadi pilihan bagi para pihak yang ingin mengadakan acara dengan nuansa sejarah yang kental.

Alamat dan Kontak Gedung Perhutani Bandung

Nah, bagi kamu yang ingin berkunjung ke Gedung Perhutani Bandung kamu bisa banget untuk pergi ke alamat Perum Perhutani Regional Jawa Barat & Banten Jl.Soekarno hatta No.628 Km 14 Bandung 40292.

Dan bagi kamu yang membutuhkan kontak persion dari gedung ini kamu bisa menghubungi pegawainya di nomor 081313366092 (Edi) dan 081222098028 (Agus). Bagi kamu yang ingin menghubungi lewat email bisa hubungi divrejanten@perhutani.co.id.

Akses dan Fasilitas Gedung Perhutani Bandung

Gedung Perhutani Bandung

Bagi kamu yang tertarik ingin berkunjung ke Gedung Perhutani Bandung namun ingin tahu lebih dulu apa saja fasilitas yang dimiliki dari gedung ini berikut penjelasan lengkapnya:

1. Keindahan Arsitektur

Gedung perhutani Bandung ini tidak hanya memiliki nilai sejarah dan fungsi yang penting tapi juga memiliki keindahan arsitektur yang menakjubkan. Bangunan ini dirancang dengan gaya arsitektur kolonial Belanda yang klasik.

Dengan akses khas kemegahan dan ketegasan dengan pilar-pilar besar, jendela-jendela berukir dan balkon-balkon megah. Juga perabotan klasik dengan lukisan-lukisan tua yang menghiasi dindingnya.

2. Destinasi Wisata Sejarah

Bukan hanay sekedar sebagai pusat kantor perusahaan umum perhutani, Gedung perhutani Bandung ini telah menjadi salah satu destinasi wisata sejarah yang populer di kota Bandung.

Banyak wisatawan, baik dalam dan luar negeri yang tertarik untuk melihat keindahan arsitektur dari gedung perhutani ini, untuk mempelajari sejarah pannjang yang ada di gedung ini.

Jadi, gedung ini menjadi salah satu tempat yang wajib dikunjungi bagi para pecinta sejarah dan arsitektur. Pengelolaan gedung juga sering mengadakan tur edukatif maupun pameran-pameran untuk memberikan pengalaman yang lebih mendalam.

3. Akses yang Mudah

Untuk menuju ke Gedung Perhutani bandung pengunjung dapat menggunakan berbagai moda transfortasi. Gedung ini terletak di pusat kota Bandung.

Dan tentunya hal ini memudahkan jangkauan para pengunjung jika ingin pergi ke gedung ini. tidak hanya itu, gedung ini juga memiliki fasilitas umum yang memadai seperti tempat parkir yang luas, toilet umum dan area istirahat.

4. Bisa di Sewa untuk Umum

Dan bagi kamu yang ingin menggunakan gedung ini untuk acara tertentu ada fasilitas yang disediakan juga sangat lengkap, mulai dari ruang rapat, ruang konferensi, hingga ruang pameran.

Semua fasilitas ini tentunya akan mendukung kelancaran dan kesuksesan acara yang diselenggarakan. Dan tentunya membuat kamu tidak perlu pusing memilih tempat untuk acar kamu nantinya.

Penunjuk Arah Kawasan Gedung Perhutani Bandung

Gedung Perhutani Bandung

KPH atau Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung dan Banten ini terbagi dua wilayah yaitu Bandung Selatan dan Bandung Utara.

KPH Bandung Selatan ini adalah salah satu unit wilayah Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat & Banten. Wilayah Perhutani KPH Bandung Selatan ini memiliki 4 wilayah bagian hutan, yaitu:

  • Bagian Hutan Gn.Jubleg : 11.545,00 Ha
  • Bagian hutan Gn.Tambakruyung : 18.161,68 Ha
  • Bagian Hutan Gn.Tilukancana: 10.321,25 Ha
  • Bagian Hutan Gn.Malabar: 15.452,14 Ha
  • Jadi, jumlah seluruhnya: 55,480,07 Ha

Dan untuk batas wilayah Kabupaten Bandung Selatan adalah:

  • Sebelah Utara merupakan KPH Bandung Utara Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten
  • Sebelah Timur: KPH Garut, Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Barat dan Banten
  • Sebelah Selatan: KPH Cianjur dan Garut, Perum Perhutani Divisi regional Jawa Barat dan Banten
  • Sebelah Barat: KPH Cianjur, Perum Perhutani Divisi Regionnal Jawa Barat dan Banten

Sedangkan untuk KPH Bandung Utara yaitu wilayah divisi regional Jawa barat dan Banten memiliki luas sekitar 20.560,36 Ha meliputi kawasan Bandung Barat, Subang dan Purwakarta.

Dan kawasan Kelas Perusahaan Pinus KPH Bandung Utara umumnya berada pada daerah dataran tinggi dengan kondisi lapangan yang bergelombang, sampai berjurang-jurang dengan kelerengan landai sampai dengan sangat curam.

KPH Bandung Utara berada di ketinggian 500 sampai dengan 1500 dpl. Dan berdasarkan Geologi kondisinya terdiri dari regosol, andosol, dan litosol untuk iklimnya sendiri termasuk tipe A dan B dengan curah hujan 1.800-3000 mm per tahun.

Pengelolaan kawasan hutan di KPH Bandung Utara diorganisasikan dalam 4 BPKH dan 16 RPH.

Yang masing-masing memiliki pelaksanaan lapangan untuk kegiatan tanama, pemeliharaan, penjarangan, keamanan, penyuluhan, sosialisasi, pembantu lingkungan dan tebangan dengan karyawan KPH Bandung Utara berjumlah 159 orang.

Akhir Kata

Nah, itu dia penjelasan mengenai gedung perhutani Bandung mulai dari sejarah, alamat, akses dan fasilitas hingga penunjuk kawasan semoga bermanfaat.

FAQ| Gedung Perhutani Bandung: Alamat, Fasilitas, dan Penunjuk Arah

Dimana saja wilayah kerja perhutani?

Seluruh kawasan hutan negara yang terdapat di Provinsi baik Jawa Barat Banten, Jawa Tengah dan Jawa Timur kecuali hutan konservasi.

Perhutani di bawah naungan siapa?

Di bawah naungan BUMN yaitu Badan Usaha Milik Negara.

Berapa gaji kerja di perhutani?

Mayoritas pekerja kehutanan mendapat gaji sekitar IDR 2,456,401 dan IDR 4.839,804 per bulan.