gejala penyakit jantung dan pencegahannya
Rumah Sakit

4 Gejala Penyakit Jantung dan Pencegahannya [Penting]

Semua orang tahu bahwa penyakit jantung berbahaya. Namun tidak semua orang tahu dan paham dengan baik apa saja gejala penyakit jantung dan pencegahannya. Tidak heran hingga hari ini masih ada banyak korban berjatuhan karena penyakit jantung. Kurangnya informasi dan pemahaman masyarakat akan hal ini jadi salah satu faktornya.

Gejala Penyakit Jantung

Penyakit jantung bisa terjadi apabila jantung tidak bekerja pada porsi normalnya. Salah satu faktor pemicu tidak normalnya jantung ketika bekerja adalah kurangnya asupan oksigen. Adapun beberapa gejala umum yang akan dialami orang yang menderita penyakit jantung di antaranya adalah:

1# Sakit Pada Area Dada

gejala penyakit jantung dan pencegahannya

Salah satu gejala yang akan dialami oleh orang yang menderita sakit jantung adalah rasa sesak pada area dada. Area yang akan terasa sakit biasanya adalah sepanjang bagian depan tubuh antara leher bawah dan perut bagian atas.

Rasa sakit yang dialami ini diakibatkan oleh kurangnya suply darah ke jantung. Akibatnya, jantung kekurangan darah yang kaya akan kandung oksigen. Hal ini terjadi apabila orang tersebut mengalami depresi atau stres serta emosional yang tinggi.

2# Sesak Nafas

gejala penyakit jantung dan pencegahannya

Ketika jantung tidak bekerja dengan semestinya, maka salah satu dampak yang paling akan dirasakan adalah sesak nafas. Sesak nafas ini diakibatkan oleh aliran darah yang terhambat. Darah yang seharusnya kembali ke jantung malah terhambat.

Akibatnya, cairan akan menumpuk pada area paru-paru hingga penderitanya akan mengalami sesak nafas beberapa waktu. Sesak nafas ini bisa terjadi pada beberapa kondisi tergantung dari tingkat keparahan penyakit jantungnya. Beberapa kondisi yang bisa menimbulkan sesak yang dialami oleh penderita sakit jantung adalah saat aktivitas ringan, berat atau saat berbaring telentang.

3# Bengkak Betis, Kaki dan Telapak Kaki

gejala penyakit jantung dan pencegahannya

Gejala lain yang dialami oleh penderita penyakit jantung adalah terjadi pembengkakan pada beberapa area tubuh, seperti betis, kaki dan telapak kaki atau pergelangan kaki. Hal ini disebabkan oleh darah yang tersumbat dan tidak kembali ke jantung.

Darah dari kaki seharusnya kembali lagi ke dalam jantung. Namun karena tersumbat dan tidak normalnya kinerja jantung terjadilah pengendapan cairan (edema) pada area kaki yang pada akhirnya menyebabkan pembengkakan.

4# Mudah Lelah dan Letih

gejala penyakit jantung dan pencegahannya

Ketika seseorang mengalami masalah sakit jantung gejala lain yang akan ditimbulkannya adalah akan merasa lelah dan juga letih. Kurangnya asupan darah dan oksigen menuju jantung adalah salah satu pemicu hal tersebut.

Sehingga jantung tidak bisa bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Namun anda harus waspada ketika terjadi lelah yang berlebihan dan tidak seperti biasanya, lelah yang terjadi secara mendadak dan juga rasa lelah yang selalu menghalangi aktivitas harian anda.

Pencegahan Penyakit Jantung

Untuk anda yang belum tahu gejala penyakit jantung dan pencegahannya tapi selalu merasa takut da khawatir, berikut ini adalah beberapa cara pencegahan penyakit jantung yang bisa anda lakukan agar terhindar dari risiko serangan jantung.

1# Berhenti Merokok

gejala penyakit jantung dan pencegahannya

Dalam bungkus rokok sudah disebutkan bahwa rokok dapat menyebabkan serangan jantung dan beragam jenis penyakit berbahaya lainnya. maka dari itu, jika anda didiagnosa menderita sakit jantung maka segeralah hentikan aktivitas merokok anda sekarang juga.

2# Olahraga 30 Menit Setiap Hari  

gejala penyakit jantung dan pencegahannya

Cara Olahraga adalah salah satu cara terbaik yang harus dilakukan untuk menghindari dari risiko masalah penyakit jantung. Olahraga dapat meningkatkan fungsi jantung dengan baik dan juga dapat membakar lemak jahat menjadi energi.

3# Kurangi Konsumsi Garam Harian dan Lemak

gejala penyakit jantung dan pencegahannya

Garam da lemak adalah 2 jenis makanan yang sebaiknya anda hindari saat anda mengalami masalah sakit jantung. Karena kedua jenis zat ini akan dapat menghambat proses peredaran darah dalam tubuh. Lebih parahnya, kedua zat ini dapat menyumbat arteri dan mengganggu laju darah dalam tubuh.

4# Jaga Berat Badan

gejala penyakit jantung dan pencegahannya

Berat badan juga dapat memberikan risiko penyakit jantung yang lebih tinggi daripada memiliki berat badan yang ideal. Berat badan berlebih dapat meningkatkan risiko diabetes yang mana juga bisa merusak arteri darah. Nah maka dari itu kenali dengan baik 4 gejala penyakit jantung dan pencegahannya seperti di atas. Agar anda bisa terhindar dari risiko yang lebih berbahaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *