Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

14 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Motor Cepat Rusak

kebiasaan buruk yang membuat motor cepat rusak

Kali ini kita bahas kebiasaan buruk yang membuat motor cepat rusak. Ada istilah ‘membebli baru itu mudah, yang susah itu merawatnya’.. Yup betul sekali.. Beli motor kadang hanya satu kali, namun untuk merawatnya untuk awet agak gak beli lagi, itu yang penting. Sebetulnya sih bukan karena takut beli lagi (kalau punya uang, beli berapa juga gak masalah), tapi alasan utamanya sebetulnya agar bisa nyaman untuk digunakan saat berkendara.

Kerusakan kendaraan motor ini sebetulnya bukan hanya terjadi akibat tabrakan, tertimpa pohon, atau alasan yang secara langsung, akan tetapi seringkali hal itu disebabkan oleh hal-hal sepele yang kita sendiri lakukan. Parahnya kadang kebanyakan dari kita juga gak paham dan gak sadar kalau memang itu adalah suatu hal yang salah. Karena tak paham bahwa itu salah, jadilah rusak tanpa kita inginkan dan sadari.

Nah maka dari itu disini admin akan share informasi penting buat bro semua. Ya, informasi tentang beragam kesalahan yang sering jadi kebiasaan buruk. Disadari atau tidak, kebiasaan buruk itu menjadi salah satu hal yang kemudian bisa berdampak buruk pada kondisi kendaraan mulai gak enak dikendarai, sampai kerusakan yang lebih besar dan fatal.

Beberapa Kebiasaan Buruk yang Membuat Motor Cepat Rusak 

Nah apa saja sebetulnya beberapa kesalahan yang dimaksud tersebut? Yuk simak dibawah ini:

1# Gas dibuka besar saat starter
Nah ini kesalahan yang paling sering dan mungkin dianggap gak masalah. Padahal ini baiknya tidak dilakukan karena bisa merusak motor khususnya bagian mesin. Logikanya? Begini, kalau itu dilakukan, maka yang masuk ke mesin yang paling banyak adalah udara dibanding dengan bensin. Alhasil, motor jadi sulit buat nyala..

2# Tak Memanaskan Motor Sebelum Dipake
Lalu kesalahan selanjutnya adalah keseringan untuk tidak memanakan motor sebelum dipake. Memang sih ada sebagian yang mengatakan kalau gak perlu panasin motor. Padahal menurus admin sih penting. Logikanya kalau mesin gak dipanasin dulu, maka oli di mesin akan beku dan belum mencair sehingga berbahaya kalau dipake langsung.

3# Negebut dalam Kondisi Mesin Dingin
Nah lalu kemudian biasanya langsung dipake ngebut padahal mesin masih dingin. Itu salah karena mesin kadang belum tercampur oli sebagai pelumas secara maksimal dan menyeluruh. Karenanya dalam berkendara, cobalah dari kecepatan rendah, sedang dan baru kecepatan yang lebih tinggi.

4# Menarik gas tapi rem diinjak
Kesalahan lain yang kiranya sering dilakukan selama ini adalah dimana sering gas ditarik namun gas diinjak. Kalau ini dilakukan terus menerus, maka kemudian ini akan merusak kendaraan khususnya bagian rem dan juga mesin motor kamu. Biasanya juga hal ini dilakukan oleh pengendara pemula dan pengguna motor matic.

5# Membuka Gas Besar di Gigi Satu
Kalau menggunakan motor manual, biasanya ada beberapa pilihan gigi dari 1-6 atau kurang. Nah gigi tersebut adalah pengatur laju kendaraan berdasarkan medan dari jalan yang ditempuh. Jika di jalan tanjakan yang gak aspal, tentu harus gunakan gigi kecil seperti 1 atau tanjakan yang curam dengan beban besar. Nah kesalahan sering menggunakan gas besar di gigi kecil itu.

6# Pedal Rem Selalu Diinjak
Saat berkendara di mesin motor manual, kesalahan yang juga sering dilakukan adalah selalu menginjak rem padahal motor sedang melaju. Memang sih gak terlalu membahayakan jika dalam injakan kecil, namun kalau terus menerus apalagi jika gas besar, itu akan cepat membuat rusak bagian kanvas rem. Selain itu, ada bagian lain juga yang terancam terganggu.

6# Isi Bensin Nunggu Habis
Nah kesalahan lain adalah sering menunda-nunda ganti bensin. Biasanya nunggu penunjuk fuel di bagian depan sampi kebawa, bahkan tak jarang juga yang sering kehabisan bahan bakar sampai motor gak hidup. Berbahaya lho jika motor bensinya sampe habis sebelum isi. Biasanya ini bisa membuat motor menjadi cepat boros juga nantinya..

7# Menggunakan BBM Oktan Rendah
Sebetulnya kalau kamu mau, coba deh bedain kendaraan kamu saat menggunakan premium, pertalite dan juga pertamanx. Mana yang kiranya paling enak?? Kamu bisa bedakan sendiri.. Nah kalau admin sih merasa yang standar itu pertalite karena oktannya agak tinggi, apalagi akan lebih bagus jika pake pertamax, harganya beda dikit lah..

8# Lupa Ganti Oli Mesin
Kesalahan lain yang juga sering dilakukan adalah sering lupa ganti oli mesin. Fungsi oli itu adalah pelumas, dan kamu bisa bayangkan apa yang terjadi pada mesin jika pelumasnya sudah tidak lumas lagi.. Ya, maka dari itu baiknya kamu cek secara berkala, dan biasanya itu ditentukan oleh berapa jarak yang sudah kamu tempuh, cek saja di spadometter.

9#Rantai Motor gak Dikasih Pelumas
Lalu untuk motor yang manual dan menggunakan rantai, penting sekali untuk mengecek pelumasnya. Jika tidak, mkaa itu akan membuat rusak bagian rantai ataupun lainnya. Suaranya juga akan bising biasanya. Nah maka dari itu akan sangat baik dan bagus untuk anda bisa mengeceknya dengan baik.

10# Membiarkan Motor Kotor
Kesalahan yang paling umum juga selama ini sering dilakukan adalah dengan membiarkan motor kotor. Kotoran yang menempel pada motor khususnya besi, itu akan memudahkan motor cepat berkarat. Jika sudah berkarat, maka motor akan cepat mudah rusak dan selain tak enak dipandang, juga membahayakan kerusakan lebih parah nantinya.

11# Mencuci Motor Saat Mesin Panas
Membirkan motor kotor memang bukan hal yang baik justru itu adalah hal yang salah. Namun mencuci motor juga jangan sembarangan. Sebaiknya kamu mencuci motor saat kendaraan tersebut sudah dingin. Jangan mencuci motor saat kendaraan khususnya bagian mesin masih panas karena itu berbahaya juga sehingga mudah rusak.

12# Mencuci dengan Sabun Deterjen
Ini nih yang sering dilupakan banyak pemilik motor. selama ini banyak yang sembarangan menggunakan sabun saatr mereka mencucinya. Bahkan ada yang menggunakan sabun deterjen. Jika kamu gunakan ini, kamu hanya akan dapat masalah saja sebetulnya. Sabun deterjen itu bisa membuat motor cepat pudar dan terlihat tidak baru lagi. Gunakanlah sampo khusus.

13# Beban Terlalu Besar
Kalau berkendara di motor, silahkan kamu cek beban yang kamu bawa. Jangan berlebihan apalagi jika bawa barang yang berat atau berkendara lebih dari dua orang. Selain bisa membuat rangka motor cepat rusak, juga bisa membahayakan diri kamu dan siapa saja yang berkendara disana. Baiknya kamu memang menghindari itu, bawalah beban yang ringan.

14# Sembarangan Mengecat Motor
Nah kesalahan lain adalah mengecat motor dengan sembarangan. Ya, kadang ada yang menggunakan pilox buat mengecat motor padahal itu kualitas buruk dan bisa membuat motor terlihat jelek. Kalau mau mengecat, cobalah gunakan cat yang bagus dan dikerjakan oleh pekerja yang profesional, jangan asal-asalan.

Nah itulah beberapa kesalahan yang selama ini seringkali dilakukan oleh banyak orang mungkin juga termasuk anda. Kalau memang masih melakukan hal yang sama, maka ada baiknya kamu segera berhenti melakukannya. Hal yang harus dilakukan adalah kebalikannya agar kemudian kendaraan motor kamu bisa benar-benar sesuai harapan. Semoa informasi kebiasaan buruk yang membuat motor cepat rusak ini bisa membantu.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Penting! Tips Beli Motor Bekas Yang Aman Biar Gak Tertipu

Jika agan memutuskan untuk membeli motor bekas, maka hal penting yang harus agan ketahui adalah tips cara beli motor bekas ini. Bukan apa –...
Administrator
3 min read

Mau Beli Motor tapi Gak Mau Kredit? Coba Deh Cara Ini!

Pengen beli motor tapi gak punya uang?? Baiknya kamu pelajari tentang cara beli motor tanpa kredit. Banyak diantara kita mungkin yang belum punya kendaraan motor....
Administrator
2 min read

20 Cara Merawat Motor Matic Biar Awet dan Gak Mudah Rusak

Kamu punya motor matic? Berdasarkan data penjualan seluruh kendaraan motor di indonesia, salah satu yang paling laku adalah motor matic. Faktanya bisa kita coba...
Administrator
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.