Langkah-langkah pola hidup sehat
Rumah Sakit

[10] Langkah-Langkah Pola Hidup Sehat Paling Mudah Dilakukan

Pola hidup sehat merupakan salah satu hal yang penting dan harus dilakukan oleh semua orang, jika memang hidupnya ingin sehat dan tidak berpenyakit. Hidup yang tidak sehat memiliki risiko kesehatan yang sangat tinggi, mulai dari diabetes, stroke hingga serangan jantung. Anda tentu tidak mau bukan? Lantas apa saja langkah-langkah pola hidup sehat?

Pada dasarnya pola hidup sehat itu tidak sulit untuk dijalankan. Namun kadang kita terlalu malas untuk melakukannya. Nah jika anda merasa demikian juga, beberapa pola ini bisa anda gunakan untuk menjalankan aktivitas anda sehari-hari.

1. Olahraga Teratur

Olahraga adalah salah satu hal yang penting dan harus dilakukan oleh semua orang jika hidupnya ingin sehat. Dengan olahraga maka tubuh kita jauh lebih sehat. Berbagai jenis racun dalam tubuh akan dibuang dengan baik melalui keringat yang kita keluarkan. Selain itu, lemak jahat yang ada pada tubuh juga akan dibakar dengan baik menjadi energi.

2. Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah memiliki kandungan serat dan vitamin serta berbagai jenis nutrisi lain yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Tubuh akan sangat butuh beragam jenis asupan nutrisi dari  sayur dan buah. Beragam jenis nutrisi yang dimiliki oleh buah dan sayur ini memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh kita. Dengan mengonsumsi sayur dan buah dengan komposisi yang cukup maka sel akan meregenerasi dengan baik dan pencernaan pun akan lancar.

3. Cukupi Waktu Istirahat

Langkah-langkah pola hidup sehat selanjutnya yang penting dan harus dilakukan adalah mencukupi waktu istirahat. Waktu istirahat ini sangat penting dan dibutuhkan oleh semua orang. Rata-rata kebutuhan istirahat orang normal adalah 8 jam. Sebisa mungkin anda cukupi kebutuhan istirahat ini setiap harinya. Dengan tercukupinya waktu istirahat ini maka semua sel dan syaraf anda akan berfungsi dengan baik.

4. Konsumsi Air yang Cukup

Tubuh manusia 50%-70% nya terdiri dari air. Apabila tubuh kekurangan cairan maka tubuh akan mengalami beberapa masalah. Bahkan penyakit kronis sekalipun bisa timbul jika cairan dalam tubuh anda kurang. Usahakan untuk konsumsi air dengan cukup setiap hari. Menurut Institute Of Medicine Food and Nutrition Board kebutuhan minum harian wanita adalah 2,7 liter dan pria adalah 3,7 liter per hari.

5. Hindari Rokok dan Alkohol

Alkohol dan rokok merupakan 2 jenis produk yang sering dikonsumsi namun sering juga menimbulkan masalah bagi kesehatan. Mulai dari penyakit ringan hingga penyakit berbahaya seperti stroke dan serangan jantung bisa terjadi akibat hal ini. Maka dari itu, saran saya hindarilah konsumsi kedua jenis barang ini apapun alasannya jika anda ingin sehat.

6. Hindari Begadang

Menghindari kebiasaan begadang juga termasuk kedalam langkah-langkah pola hidup sehat. Karena begadang akan berakibat fatal pada kesehatan tubuh, sel dan organ tubuh kita. Bukan hanya bagi tubuh, pikiran juga akan menurun jika terus-terusan dibiasakan begadang.

7. Management Pikiran

Menurut beberapa ahli kesehatan, pikiran dapat menentukan tingkat kesehatan seseorang. Orang yang memiliki pikiran yang lebih jernih, selalu berpandangan positif dan tidak mengeluh akan memiliki tingkat kesehatan yang jauh lebih baik. Maka dari itu, atur dan buat pikiran anda untuk selalu positif.

8. Berjemur di Bawah Matahari

Sinar matahari mampu memberikan dampak baik bagi kesehatan. Matahari bisa membantu pembentukan vitamin, membantu tubuh untuk membakar lemak, memperbaiki mood, melancarkan sistem peredaran darah dan juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

9. Perbanyak Ibadah

Tahukah anda bahwa ibadah adalah salah satu langkah cara menjalankan hidup sehat yang sangat baik. Dengan beribadah secara rutin, maka sisi kebatinan kita akan lebih tenang dan lebih damai. Sehingga pikiran akan terjaga dengan baik. Semakin kita dekat dengan agama dan tuhan kita maka akan semakin bagus kualitas hidup kita.

10. Rutin Periksa Kesehatan

Langkah-langkah pola hidup sehat yang terakhir adalah secara rutin melakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter. Dengan demikian anda bisa tahu secara medis tingkat kesehatan tubuh anda saat ini. Bahkan apabila ada masalah, anda bisa tanyakan langsung kepada ahlinya.

Langkah-langkah pola hidup sehat ini jika dilakukan secara konsisten, maka akan meningkatkan kesehatan tubuh Anda dan dapat menghindari beragam risiko penyakit berat yang mungkin bisa terjadi kapan saja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *