Macam Macam Kanker Pada Wanita
Rumah Sakit

Macam Macam Kanker Pada Wanita Paling Berbahaya

Kanker adalah satu dari 3 jenis penyakit mematikan selain Stroke dan Jantung. Bahkan angka Kematian karena kanker ini sangat tinggi di Indonesia. Bicara kanker, wanita adalah orang yang paling sering mengalami penyakit ini. Bahkan ada banyak macam macam kanker pada wanita. Bukan hanya kanker payudara saja, melainkan masih ada banyak lho jenis penyakit kanker lainnya. Apa saja itu?

1. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah jenis kanker paling banyak menyerang wanita bahkan di dunia. Kanker payudara ini banyak terjadi pada wanita yang merokok. Wanita perokok memiliki risiko 2 kali ketimbang wanita yang tidak merokok sama sekali.

Selain itu, kanker payudara ini juga lebih rentan dan mudah sekali dialami oleh wanita yang memiliki usia sudah lebih dari 50 tahun dan memiliki gaya hidup yang kurang sehat. Maka dari itu, pencegahannya harus dilakukan sejak dini.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit kanker  payudara ini, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Tinggalkan kebiasaan merokok
  2. Biasakan olahraga, dan
  3. Terapkan gaya hidup sehat serta jaga berat badan ideal

2. Kanker Kerviks

Selain kanker payudara, kanker serviks adalah jenis kanker kedua yang juga banyak dialami para wanita. Kanker  serviks adalah jenis kanker menyerang bagian vagina wanita. Kanker ini terjadi akibat dari aktivitas seks yang terlalu dini atau aktivitas seks yang tidak sehat. Biasanya orang yang nikah muda atau melakukan hubungan intim di wabah usia 17 tahun akan memiliki risiko kanker serviks lebih tinggi.

Para dokter dan ahli kesehatan sangat tidak menganjurkan sekali pernikahan dini. Karena memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terjangkit masalah kanker  serviks ini. Maka dari itu, hindari aktivitas seks di usia dini.

Adapun beberapa cara pencegahan yang bisa anda lakukan agar tidak terjangkit penyakit kanker serviks ini diantaranya adalah:

  1. Bersihkan vagina secara berkala
  2. Konsumsi makanan bergizi
  3. Lakukan aktivitas seks yang sehat
  4. Konsultasikan dengan dokter

3. Kanker Kolorektal

Macam macam kanker pada wanita berikutnya adalah kanker kolorektal. Kanker kolorektal  adalah jenis penyakit kanker yang menyerang bagian usus besar dan sering kali mengganggu sistem pencernaan penderita. Kanker ini akan berkembang selama 10-15 tahun dalam tubuh penderita. Jika kondisi penderita semakin memburuk maka kanker ini akan berkembang dengan lebih cepat.

Wanita dengan rentan usia 50 tahun lebih memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena penyakit kanker tersebut. Membiasakan gaya hidup sehat saja kadang tidak cukup untuk melawan penyakit ini. Jika sudah didiagnosis mengidap kanker ini, maka lebih baik segera diangkat.

Walau begitu, anda bisa melakukan pencegahan dengan melakukan beberapa cara diantaranya adalah seperti berikut:

  1. Jangan banyak konsumsi daging merah dan daging kaleng
  2. Konsumsi banyak sayur dan buah
  3. Lakukan skining

4. Kanker Rahim

Kanker rahim adalah salah satu jenis kanker yang cukup menakutkan. Dikatakan menakutkan karena hampir jarang sekali wanita selamat yang karena kanker ini. Kanker ini jadi salah satu jenis kanker paling ganas yang ditakuti banyak wanita.

Kanker  rahim merupakan jenis kanker yang menggerogoti sel dalam rahim. Penderitanya akan sangat amat tersiksa jika menderita kanker rahim ini. Adapun beberapa cara pencegahan yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah penyakit ini diantaranya adalah:

  1. Kontrol kadar gula berlebih
  2. Jaga berat badan
  3. Jalankan gaya hidup sehat
  4. Gunakan alat KB secara bergantian

5. Kanker Paru

Kanker paru adalah jenis kanker yang menyerang paru dan saluran pernafasan. Korban Kematian karena kanker  paru ini dari tahun ke tahun semakin mengkhawatirkan. Hal ini karena kurangnya pengertian dan pemahaman orang terhadap hal ini.

Kebiasaan merokok baik pasif ataupun aktif jadi faktor utamanya. Selain itu, faktor udara sekitar juga jadi salah satu pemicu terjadinya seseorang mengidap penyakit kanker. Adapun beberapa cara yang dapat digunakan untuk mencegah masalah kanker paru adalah:

  1. Berhenti merokok
  2. Hindari orang yang merokok
  3. Gunakan alat perlidungan pernafasan
  4. Konsumsi buah dan sayur
  5. Olahraga secara teratur

Nah itulah macam macam kanker pada wanita yang paling sering sekali dialami. Walau begitu beberapa dari jenis kanker ini juga bisa terjadi pada pria.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *