Daftar Macam-Macam Penyakit Kanker Paling Mematikan
Rumah Sakit

[12] Daftar Macam-Macam Penyakit Kanker Paling Mematikan

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang diakibatkan oleh kelainan sel-sel jaringan tubuh yang kemudian berubah menjadi kanker. Namun kanker ini bukan hanya satu jenis, melainkan ada beberapa jenis yang mungkin beberapa di antaranya Anda belum mengetahuinya. Nah berikut ini adalah daftar macam-macam penyakit kanker yang paling mematikan dan harus diwaspadai.

1. Kanker Paru

Kanker paru adalah satu dari jenis penyakit yang menyerang paru-paru dan mengakibatkan masalah pernafasan. Salah satu pemicu terjadinya masalah Kanker paru adalah rokok. Rokok memiliki zat adiktif dan beragam jenis zat lain yang dapat memicu sel kanker dalam paru. Perokok aktif memiliki risiko 2 kali terserang kanker paru.

2. Kanker Serviks

Kanker serviks adalah jenis Kanker yang menyerang wanita. Kanker serviks menyerang organ leher rahim wanita. Kanker ini adalah jenis kanker paling banyak menyerang wanita bahkan tidak sedikit yang mengalami Kematian karena Kanker ini. Faktor utama penderita kanker serviks ini adalah HPV. Bisa jadi dari pergaulan bebas, nikah muda, berhubungan intim di bawah 17 tahun.

3. Kanker Tiroid

Kanker tiroid adalah salah satu jenis penyakit kanker akibat dari pertumbuhan sel-sel di otak secara tidak wajar. Kanker ini termasuk salah satu jenis kanker yang cukup mematikan. Namun walau begitu ada beberapa jenis kanker  tiroid lain yang tidak membahayakan.

4. Kanker Otak

Kanker otak adalah salah satu jenis penyakit kanker akibat pertumbuhan sel-sel di otak secara tidak wajar dan tidak dapat dikendalikan oleh tubuh dengan baik. Efeknya penderita akan mengalami rasa sakit yang luar biasa. Kanker ini juga termasuk jenis kanker yang mematikan. Penderitanya kadang bisa mengalami kebotakan.

5. Kanker Mata

Macam-macam penyakit kanker lainnya adalah kanker mata. Kanker mata merupakan jenis kanker yang menyerang bagian luar ataupun dalam mata. Kanker ini bisa muncul karena dipicu oleh jenis kanker lain yang dimiliki oleh si penderita.

6. Kanker Mulut

Kanker merupakan jenis kanker yang tumbuh dan berkembang pada area mulut, seperti pada lidah, bibir, langit-langit mulut, gusi dan bagian mulut lainnya. Kanker merupakan salah satu jenis kanker paling mudah menyebar ke organ tubuh lainnya karena berada pada lokasi yang tidak bagus.

7. Kanker Lidah

Kanker adalah jenis kanker yang tumbuh dan berkembang pada area lidah, baik bagian luar ataupun bagian dalam lidah. Kanker ini berkembang pada sel skumosa hingga kadang akhirnya sering sekali disebut sebagai karsinoma sel skumosa.

8. Kanker Lambung

Kanker lambung adalah salah satu jenis kanker yang menyerang lambung yang merupakan bagian dari anggota pencernaan. Kanker ini bisa saja dialami oleh siapa saja tanpa pandang usia. Namun orang yang memiliki gaya hidup tidak sehat dan orang tua di atas 50 tahun memang memiliki risiko yang jauh lebih tinggi.

9. Kanker Kulit Melanoma

Kanker Kulit Melanoma merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang kulit. Biasanya ditandai dengan adanya tahi lalat dan berkembang dengan tidak biasa. Penyakit kanker ini sangat mudah sekali menyebar ke seluruh bagian tubuh. Namun umumnya kanker ini menyerang area wajah,tangan, kaki dan bagian punggung. 

10. Kanker Payudara

Kanker payudara adalah salah satu jenis kanker yang menyerang wanita dan sangat mematikan. Kita ingat kasus almarhumah Julia Peres yang meninggal karena masalah kanker payudara. Kanker ini disebabkan oleh lemak jaringan ikat dan lobulus.  

11. Kanker Hati

Kanker hati adalah salah satu jenis kanker yang paling umum terjadi dan paling banyak penderitanya. Kanker ini bisa menyerang pria ataupun wanita. Kanker ini akan tumbuh dan berkembang di dalam hati dan merusak sistem kerjanya hingga bisa menyebabkan Kematian penderitanya.

12. Kanker Darah

Kanker darah adalah jenis kanker yang juga sering disebut sebagai kanker leukemia. Kanker ini akan menyerah sel-sel yang membentuk darah merah dalam tulang sehingga akan terganggu masalah produksi sel darah merah.

Nah itulah macam-macam penyakit kanker yang paling berbahaya dan harus diwaspadai. Sampai saat ini kanker masih jadi penyakit pembunuh nomor satu dunia. Tetap jaga pola hidup anda dengan baik agar bisa terhindar dari risiko penyakit kanker yang mamtikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *