Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Daftar Jenis Makanan dan Cara Budidaya Ikan Nila Merah

makanan dan cara budidaya ikan nila merah

Pemilihan makanan dan cara budidaya ikan nila merah penting diperhatikan dengan baik sebelum mulai proses budidaya. Di mana ini akan jadi patokan dasar dalam proses perawatan dan dapat menentukan tingkat keberhasilan budidaya.

Namun, seperti hal lainnya melakukan pembudidayaan ikan nila merah bukanlah hal yang dilakukan secara sepele. Dalam melakukan hal tersebut, terdapat makanan dan cara budidaya ikan nila merah dengan kaidah yang perlu diperhatikan, terkhususnya bagi anda para pemula yang tertarik untuk melakukan aktivitas tersebut, baik untuk bisnis ataupun hobi tersendiri.

Lantas, apa yang harus diperhatikan untuk makanan dan cara budidaya ikan nila merah yang benar? Berikut ini adalah langkah dan tahapan – tahapannya:

Memilih Benih Ikan Nila Merah yang Unggul

makanan dan cara budidaya ikan nila merah

Sebelum melakukan pembudidayaan ikan nila merah, diperlukanlah tahapan pemilihan benih ikan nila merah yang unggul. Pemilihan tersebut juga tidak dapat dilakukan secara asal – asalan, melainkan diperlukannya cara khusus. Berikut ini adalah tahapan – tahapan khusus dalam melakukan pemilihan benih ikan nila merah yang unggul:

  1. Memilih toko yang menyediakan benih ikan nila merah yang unggul. Dalam pemilihan toko ini, anda bisa memanfaatkan testimoni dari orang terdekat atau bisa juga mengunjungi alamat toko ikan nila merah terdekat.
  2. Pilihlah benih ikan nila yang berukuran sekitar 7-9 cm. Namun, untuk pemilihan ukurannya wajib dipastikan sama. Sebab, benih yang cenderung memiliki ukuran lebih kecil akan mudah diserang oleh benih berukuran lebih besar.
  3. Pilihlah benih ikan nila yang cenderung bergerak aktif sebab keaktifan yang dimiliki oleh benih ikan tersebut menunjukkan Kesehatan yang dimilikinya. Selain itu, keaktifan ini juga menunjukkan benih tersebut akan lebih cepat tumbuh dewasa.
  4. Yang terakhir adalah memilih benih ikan nila merah yang memiliki warna indah dan cerah. Hal ini juga menunjukkan tingkat Kesehatan yang dimiliki oleh benih tersebut. Selain itu, warna cerah yang didapatkan dari benih tentunya akan membuat benih menjadi lebih indah untuk dibudidayakan.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Koi di Dalam Tanah

Melakukan Persiapan Kolam Ikan Nila Merah

makanan dan cara budidaya ikan nila merah

Hal selanjutnya yang dilakukan dalam memperhatikan makanan dan cara budidaya ikan nila merah yang benar adalah melakukan persiapan kolam ikan nila merah tersebut. Persiapan kolam tentu saja berpengaruh terhadap makanan yang diberikan dan pembudidayaan ikan nila tersebut. Adapun tahapan yang perlu dilakukan dalam persiapan kolam ikan nila merah adalah sebagai berikut:

  1. Pilih jenis kolam ikan nila merah yang akan anda buat. Anda bisa memilih jenis kolam ikan terpal yang biasanya terbuat dari plastic atau kolam ikan alami yang terbuat dari cangkulan tanah.
  2. Setelah menentukan jenis kolam yang akan dibuat, anda dapat mempersiapkan bahan untuk membuat jenis kolam tersebut. Untuk kolam ikan terpal anda bisa memanfaatkan kain terpal dan galian tanah. Sedangkan, untuk kolam ikan yang terbuat dari tanah, anda perlu melakukan pengapuran dan pemupukan tanah.
  3. Langkah terakhir adalah tahap pengisian air pada kolam. Diperlukan ukuran khusus untuk melakukan pengisian air yaitu sekitar 10-15 cm, air yang digunakan adalah air yang sehat untuk ikan dimana tidak mengandung kaporit.

Melakukan Penebaran Benih Ikan Nila Merah

makanan dan cara budidaya ikan nila merah

Setelah kolam disiapkan, hal selanjutnya adalah melakukan penebaran benih ikan nila merah. Hal tersebut juga tidak dapat dilakukan secara asal – asalan, diperlukan Teknik dan langkah – langkah dalam melakukannya. Berikut ini adalah cara melakukan penyebaran benih ikan nila merah yang baik dan benar:

  1. Lihat Kembali benih ikan nila merah yang anda beli dari toko. Benih ikan nila merah yang masih berada di plastik tentu memiliki air di dalamnya, air tersebut wajib dimasukkan ke kolam yang sudah berisi air juga. Hal ini agar benih ikan nila merah anda tetap sehat dan tidak terkejut pada lingkungan barunya.
  2. Cek kembali waktu penebaran benih ikan nila merah anda, jika anda hendak menebarkannya pada sore hari maka waktu itu adalah waktu yang paling tepat anda lakukan. Sebab, suhu pada sore hari sangat baik untuk penyesuaikan benih tersebut pada lingkungan barunya.
  3. Jumlah benih ikan nila merah yang ditebarkan juga tidak boleh terlalu banyak, cukup 15-30 benih yang ditebarkan pada kolam berukuran sedang.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Lohan di Kolam Terpal Bagi Pemula

Pemilihan Makanan Ikan Nila Merah yang Berkualitas Tinggi

makanan dan cara budidaya ikan nila merah

Pembudidayaan ikan nila merah wajib memperhatikan kaidah memilih makanan dan cara budidaya ikan nila merah yang benar. Salah satu hal yang ada pada kaidah tersebut adalah memilih makanan ikan nila merah yang berkualitas tinggi. Adapun hal – hal yang dilakukan sebagai berikut:

  1. Pemilihan jenis makanan terdiri atas dua yaitu makanan alami atau makanan buatan. Tentu saja bagi anda yang ingin memanfaatkan makanan alami, anda dapat memilih plankton atau fitoplankton, ganggang hijau yang bisa anda tanam pula pada kolam ikan nila merah tersebut, dan sayuran – sayuran seperti daun singkong, kangkong dan daun talas.
  2. Namun, apabila anda ingin memanfaatkan makanan dan cara budidaya ikan nila merah secara buatan, anda bisa membeli makanan berkualitas tinggi yang dijual di toko – toko budidaya ikan nila merah. Adapun jenis pakan tersebut adalah tepung bekicot, tepung ikan rucah, dan pelet.
  3. Pemberian makan untuk ikan nila merah ini juga dilakukan dengan cara khusus yaitu memberikan takaran makanan seukuran 3% dari ukuran tubuhnya. Pemberian makan juga dapat dilakukan pada pagi maupun sore hari.

Perawatan Berkala Terhadap Ikan Nila Merah

makanan dan cara budidaya ikan nila merah

Langkah yang paling penting baik dalam pemilihan makanan dan cara budidaya ikan nila merah adalah melakukan perawatan berkala terhadap peliharaan anda tersebut. Adapun perawatan berkala yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pembersihan kolam secara berkala. Pembersihan tersebut termasuk pada proses pergantian air.
  2. Pergantian air dapat dilakukan jika air sudah cukup keruh dan bau. Ganti air dengan air baru yang tentunya sehat bagi ikan nila merah anda tersebut. Gantilah air dengan takaran 1/3 dari jumlah kolam.
  3. Setelah itu bersihkan Kembali kolam dari hal – hal yang menggangu, seperti tanaman liar yang baru tumbuh atau mungkin kotoran dari ikan – ikan tersebut yang telah menumpuk
  4. Beri kembali ikan nila merah anda dengan makanan yang sehat apabila anda belum memberinya makan.
  5. Jangan lupa untuk memanfaatkan suplemen organik cair yang dituangkan pada kolam dengan rentang waktu maksimal 10 hari sekali agar ikan anda tetap sehat.

Baca juga: Cara Budidaya Ikan Mas Kolam Terpal Agar Cepat Panen

Proses Panen Ikan Nila Merah

makanan dan cara budidaya ikan nila merah

Langkah terakhir dan menjadi tolok ukur keberhasilan pemilihan makanan dan cara budidaya ikan nila merah adalah proses panen ikan nila merah. Proses panen akan berjalan sangat lancar dengan hasil panen terbaik apabila proses perawatan berhasil dilakukan. Adapun langkah dalam melakukan proses panen sebagai berikut:

  1. Pastikan ikan nila merah anda dalam keadaan sehat dan berumur cukup, yaitu berkisar 4 hingga 6 bulanan.
  2. Lubangilah pembuangan air di kolam ikan nila merah anda, lalu tangkap ikan dengan menggunakan jaring.

Hal – hal tersebut dapat anda lakukan dalam melakukan pemilihan makanan dan cara budidaya ikan nila merah yang benar bagi anda pemula atau mungkin bagi anda yang cukup sering gagal dalam peternakan ikan nila.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.