Jenis Makanan Penurun Gula Darah Cepat
Rumah Sakit

10 Jenis Makanan Penurun Gula Darah Cepat [Buah dan Sayur]

Mengatasi masalah diabetes tidak hanya cukup dilakukan dengan pengobatan dari dokter saja. Apabila anda ingin lekas sembuh dengan cepat, konsumsi makanan yang dapat menurunkan gula darah adalah cara yang tepat. Ada banyak kok jenis makanan penurun gula darah cepat yang bisa anda konsumsi. Bahkan mungkin sering anda temukan setiap hari.

Apa saja makanan yang bisa digunakan sebagai penurun gula darah? Dari sekian banyak jenis makanan, berikut ini saya uraikan beberapa jenis sayur dan buah yang bisa bantu mengatasi masalah diabetes dan gula darah.

Buah yang Bagus untuk Menurunkan Gula Darah

makanan penurun gula darah

Walau memiliki rasa manis, beberapa jenis buah ternyata ada yang termasuk ke dalam salah satu jenis makanan penurun gula darah cepat. Namun tidak semua jenis buah dapat digunakan, ini hanya berlaku untuk beberapa jenis buah saja.

1. Buah anggur

Siapa sih yang tidak suka dengan buah anggur, mulai dari anak-anak  hingga orang dewasa juga menyukainya. Namun siapa sangka bahwa dalam buah anggur ternyata terdapat fruktosa yang dapat dengan baik menyerap glukosa atau zat gula yang artinya bagus untuk penderita diabetes.

2. Buah plum

Walau tidak seterkenal buah lainnya, buah plum ternyata juga bagus dikonsumsi oleh mereka yang memiliki masalah gula darah. Buah plum yang rendah kalori dan indeks glikemik juga sangat efektif  digunakan untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Bahkan pati dalam tubuh dapat diolah menjadi energi.

3. Buah persik

Buah persik merupakan salah satu jenis buah dengan rasa khas dan juga bermanfaat. Selain memiliki beragam jenis vitamin, buah persik juga memiliki kandungan fenolik yang dapat dengan baik mengontrol lemak jahat dalam tubuh. Bahkan bagi anda yang obesitas juga disarankan untuk konsumsi buah ini.

4. Buah grapeffruit

Siapa sangka bahwa buah yang satu ini ternyata juga memiliki beragam jenis manfaat yang luar biasa. Buah grapeffruit memiliki beragam jenis kandungan yang dapat dengan baik menurunkan gula darah. Buah grapeffruit memiliki kandungan antioksidan, vitamin C dan lokopen. Beragam jenis nutrisi ini dapat menurunkan resistensi insulin dalam tubuh.  

5. Buah tomat

Tomat juga merupakan salah satu jenis buah yang direkomendasikan oleh banyak dokter di Indonesia sebagai jenis makanan penurun gula darah yang baik. Tomat memiliki beragam jenis kandungan vitamin B1, B2, B6, C, E, K dan juga kromium dan mangan yang ampuh untuk mengontrol gula darah dalam tubuh.

Sayuran untuk Menurunkan Gula Darah

makanan penurun gula darah

Selain beberapa jenis buah, ada juga beberapa jenis sayuran yang dapat digunakan untuk menurunkan kadar gula darah dalam tubuh dan mengurangi risiko diabetes. Adapun beberapa jenis makanan penurun gula darah di antaranya adalah:

1. Bawang putih

Bawang putih adalah salah satu jenis bahan sayur yang banyak sekali digunakan pada saat memasang untuk membuat jenis olahan sayur tertentu. Namun bukan hanya dapat digunakan sebagai bumbu dapur saja, bawang putih juga memiliki kemampuan untuk menurunkan gula darah.

2. Kacang almond

Jenis kacang-kacangan termasuk kacang almond ternyata memiliki kemampuan yang menakjubkan dalam menangani masalah gula darah. Kacang salmon dapat meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh sehingga dapat mempermudah proses pembakaran glukosa menjadi energi dalam tubuh. Dengan demikian maka risiko gula darah dan diabetes dapat di tekan dengan sangat baik.

3. Bayam

Siapa sih yang tidak menyukai sayuran hijau yang satu ini. Bayam memiliki beragam jenis zat dan nutrisi hebat yang dapat menurunkan kadar gula darah dengan baik. Konsumsi bayam secara rutin dengan melakukan pengobatan dokter maka dapat mempercepat proses penyembuhan diabetes bahkan untuk tingkat 2  sekalipun.

4. Selada

Selada memiliki rasa yang sedikit menyengat. Walau demikian, selada ternyata juga memiliki manfaat  tersembunyi didalemnya. Selada dapat digunakan sebagai salah satu jenis sayuran yang sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dalam tubuh.

5. Lobak

Lobak memiliki serat tinggi yang dapat dengan baik mengurangi gula darah dalam tubuh dengan baik. Konsumsi lobak secara rutin maka risiko diabetes dan gula darah dapat di tekan dengan baik. Anda bisa terbebas dari risiko diabetes dengan mudah.

10 jenis makanan penurun gula darah cepat ini bisa anda konsumsi secara langsung. Namun saya sarankan dengan melakukan pengobatan dari dokter agar didampingi oleh dokter proses pengobatannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *