Scroll untuk baca artikel
Sekolah & Kampus

MAN 1 Kota Bandung: Sejarah, Alamat, Program, Biaya Daftar

×

MAN 1 Kota Bandung: Sejarah, Alamat, Program, Biaya Daftar

Sebarkan artikel ini
MAN 1 Kota Bandung

Madrasah Aliyah Negeri 1 Bandung adalah salah satu Madrasah Aliyah Negeri yang berada di ibukota Provinsi Jawa Barat. Madrasah Aliyah ini merupakan satuan pendidikan yang setara dengan SMA.

MAN 1 Kota Bandung

MA ini berada dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI), sedangkan SMA di bawah binaan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud RI). Untuk waktu belajar dan kurikulum pendidikan Madrasyah Aliyah dan SMA pun sama, yakni ditempuh selama 3 tahun pelajaran.

Adapun nilai plus dari Madrasah Aliyah sendiri terletak pada pendidikan keagamaan yang memang lebih banyak daripada SMA. MAN 1 Kota Bandung pun jadi SMA sekaligus kegiatan Keislaman yang telah berdiri di atas lahan sekitar 26.070 meter persegi dan luas banguan 10.935 meter persegi.

Sejarah Berdirinya MAN 1 Kota Bandung

MAN 1 Kota Bandun adalah lembaga pendidikan jenjang SMA yang berada dibawah naungan Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag RI). Sejarah dari Madrasah Aliyah ini semuanya adalah lembaga yang bernama Pendidikan Guru Agama Negeri (PGAN), yang mana telah berdiri sejak tahun 1956 di Jalan Patuha.

MAN 1 Kota Bandung

Memasuki tahun 1972, PGAN pun pindah ke Jalan Haji Alpi No 40, Cijerah, Cibuntu, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat. Tahun 1990, PGAN Bandung akhirnya beralih fungsi sebagai Aliyah dengan nama MAN Bandung, lalu pada tahun 1994 pun diganti menjadi MAN 1 Bandung.

Lebih lanjut lagi, MAN 1 Kota Bandung juga telah meraih predikat sebagai MAN Model dan Keterampilan, dan MAN Inklusif sejak tahun 1998. Pada tahun 2016 lalu melalui SK Dirjen Pendis No 4924 menjadi MAN Reguler yang menyelenggarakan Program Keterampilan hingga saat ini.

Status Madrasah Aliyah Negeri Model sendiri adalah sekolah yang diproyeksikan mempunyai keunggulan dalam prestasi dibidang akademik, kualitas SDM yang unggul serta fasilitas pembelajaran yang memadai.

Untuk predikat MAN Keterampilan yang dimaksudkan disini ialah mampu menciptakan lulusan yang menguasai keterampilan vokasional, yakni Keterampilan Teknik Komputer dan JAringan, Keterampilan Tata Busana, Teknik Pengelasan, dan juga Teknis Bisnis Sepeda Motor (TBSM).

Madrasah Aliyah Negeri Inklusif di MAN 1 Kota Bandung ini didasarkan pada peserta didik yang mempunyai kemampuan heterogen, serta peserta didik normal pun akan mendapatkan peserta didik berkelainan yang memiliki beragam kelainan atau penyimpanan, baik dari segi fisik, emosional, sosial, intelektual dan juga sensoris neurologis.

Sekilas Profil Tentang MAN 1 Kota Bandung

Madrasah Aliyah Negeri 1 Kota Bandung adalah lembaga pendidikan umum yang memiliki ciri khas agama Islam yang berada langsung di bawah pembinaan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat yang setingkat dengan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA).

MAN 1 Kota Bandung

MAN 1 Kota Bandung adalah madrasah dengan keunggulan pada bidang akademik yang mana dibuktikan dengan diterimanya lulusan dari MAN 1 Kota Bandung di berbagai perguruan tinggi baik negeri maupun swasta, dan ada pula perguruan tinggi luar negeri.

Pada tahun 2020 lalu, MAN 1 Kota Bandung ini memperoleh kepercayaan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia sebagai madrasah riset. Madrasah riset yang diorientasikan untuk membina para siswa dalam bidang penelitian dan juga penulisan karya ilmiah melalui Surat Keputusan Nomor 6757 tahun 2020 tentang Penetapan Madrasah Penyelenggara Riset.

Daftar Kepala Sekolah yang Pernah Menjabat di MAN 1 Kota Bandung

  • Drs. H. Ahmad Hidayat masa bakti tahun 1987 – 1992
  • H. R.A Affandi, BA masa bakti tahun 1992 – 1994
  • Drs. H. A.M Zuhud masa bakti tahun 1994 – 1998
  • Drs. H. A. Nana Rusyana masa bakti tahun 1998 – 2002
  • Drs. H. Amin Hidayat masa bakti tahun 2002 – 2005
  • Drs. H. Asep Encu, M.Pd masa bakti tahun 2005 – 2010
  • H. Kosasih Ismatullah, M.Pd.I masa bakti tahun 2010 – 2011
  • Drs. H. Harun Harosid, M.Pd masa bakti tahun 2011 – 2013
  • Drs. H. Awaludin Hamzah, M.Ag masa bakti tahun 2013 – 2016
  • Drs. Misbakhudin, M.M.Pd masa bakti tahun 2016 – sekarang.

Program Boarding School Berbasis Keislaman di MAN 1 Kota Bandung

Untuk bisa menampung siswa-siswi yang berasal dari luar kawasan Bandung dan juga berminat pada pendalaman ilmu-ilmu keislaman dengan kajian kitab kuning di dalamnya. MAN 1 Kota Bandung juga telah membuka program asrama dengan nama Al-Murabby Islamic Boarding School MAN 1 Kota Bandung.

MAN 1 Kota Bandung

Pada tahun 2012, MAN 1 Kota Bandung telah menyempurnakan program boarding school MAN 1 Bandung hingga menjadi Pesantren Terpadu Al-Murabby dengan mengantongi sertifikat bernomor: KD.10.18.19/I/PP.00.7/0190/2012 tertanggal 10 Mei 2012 yang diterapkan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Bandung dengan nomor statistuc: 51003273014.

Program Ekstrakurikuler Wajib dan Pilihan di MAN 1 Kota Bandung

Untuk program pengembangan diri non akademik, penyaluran minat dan bakat siswa-siswinya, MAN 1 Kota Bandung pun telah memberikan sederet program ekstrakurikuler yang bersifat wajib maupun pilihan, antara lain:

  • Penanaman Keimanan dan Ketakwaan: Ikatan Remaja Masjid (IRMA), Pembinaan Qiraat dan Tahfidz Al-Quran (Jam’iyyatul Qurra Wal Huffadz) hingga keterampilan keagamaan yang lainnya
  • Kepemimpinan melalui Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan juga Majelis Perwakilan Kelas (MPK)
  • Krida: Kepanduan Pramuka, Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, Palang Merah Remaja (PMR), Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra), Forum Pelajar Sadar Hukum (FPSH) dan Marchingband
  • Teknologi: Kelompok Robotika
  • Karya Ilmiah: Kegiatan Ilmiah Remaja dan Riset (KIRR), Kegiatan Kejuaraan Ilmiah dan Keterampilan Akademik, penelitian dan lainnya
  • Pelatihan, bakat dan kinerja: Pengembangan bakat olahraga, seni dan budaya, pecinta alam, jurnalistik, seni islami dan lain sebagainya.

Lokasi dan Alamat MAN 1 Kota Bandung

Untuk lokasi dari MAN 1 Kota Bandung ini beralamat di Jalan H. Alpi Cijerah, Cibuntu, Kec. Bandung Kulon, Kota Bandung, Jawa Barat. MAN 1 Kota Bandung ini berada sekitar 5 km arah barat daya dari titik pusat Kota Bandung.

Akses dari rumah sakit, pusat pemerintahan, perguruan tinggi serta fasilitas umum pasar ke lokasi bisa Anda lalui menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Lokasinya pun berdekatan dengan usaha home industri, pabrik, kerajinan, perdagangan dan UMKM dan juga perumahan padat penduduk.

Informasi Lengkap Seputar MAN 1 Kota Bandung

  • Tahun didirikan                                                   : 1956
  • No. SK. Pendirian                                                : KMA Nomor 42 Tahun 1992
  • Tanggal SK Pendirian                                          : 1992-01-27
  • Akreditasi                                                            : A
  • No. SK. Akreditasi                                               : 458/BAN-SM/SK/2020
  • Tanggal Akreditasi                                              : 22-06-2020
  • Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN)          : 20277069
  • Jurusan atau peminatan                                    : IPA, IPS, dan Ilmu Keagamaan

Syarat Pendaftaran Peserta Didik Baru di MAN 1 Kota Bandung

  • Peserta didik berusia maksimal 21 tahun pada tanggal 1 Juli tahun berjalan
  • Mempunyai ijazah SMP/Paket B dan lainnya
  • Khusus calon peserta didik baru WNI atau asing untuk kelas 10 yang berasal dari Sekolah luar negeri wajib menyertakan Surat Keterangan Kesetaraan Ijazah dari Kementerian Agama dan Kementerian Pendidikan

Syarat pendaftaran peserta didik Jalur Reguler:

  • Usia maksimal 21 tahun
  • Hasil tes kesehatan dari Puskesmas
  • Baca tulis quran dan wawancara (BTQ)
  • Hasil tes bidang akademik, Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, IPA dan IPS
  • Hasil tes potensi akademik (TPA)/Psikologi, wawancara dan baca tulis qur’an (BTQ).