Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

7 Manfaat Belimbing Wuluh Dimakan Langsung [Flu & Wasir]

Manfaat Belimbing Wuluh Dimakan Langsung

Bandung, Babandungan.com – Makanan olahan belimbing wuluh memang banyak dan enak untuk dimakan. Tapi, ternyata belimbing wuluh juga bisa dikonsumsi secara langsung atau mentah alias hanya dicuci saja. Meski dimakan mentah belimbing wuluh tetap menyajikan manfaat bagi kesehatan konsumennya loh. Lantas apa saja manfaat belimbing wuluh dimakan langsung?

Manfaat belimbing wuluh dimakan langsung bisa mengatasi masalah penyakit darah tinggi, diabetes, kulit kusam, demam, flu dan batuk hingga wasir. Untuk semakin jelasnya, silahkan simak penjelasan berikut:

1. Melawan Darah Tinggi

Fungsi yang pertama yaitu melawan darah tinggi. Darah tinggi pasti sudah sering kalian dengar karena memang banyak sekali masyarakat terserang penyakit ini umumnya orang pada usia lanjut.  Apa sih ciri-ciri ketika seseorang darah tinggi? Berikut beberapa cirinya.

  1. Tiba-tiba merasa pusing
  2. Tiba-tiba kepala merasa nyeri
  3. Tiba-tiba merasa sesak nafas
  4. Tiba-tiba mimisan
  5. Bagian dada nyeri
  6. Penglihatan memburam
  7. Urin yang keluar dari tubuh mengandung darah

Darah tinggi berbahaya karena bisa memicu penyakit lainnya seperti sakit jantung dan stroke. Pasti kamu tidak mau kan terkena darah tinggi kan? Bisa diatasi dengan sering-sering mengkonsumsi belimbing wuluh ini, boleh bagian mentahnya, bagian yang sudah diolah atau bahkan ekstraknya. Serat dalam belimbing wuluh membantu memperlancar aliran darah.

2. Melawan Diabetes

Manfaat belimbing wuluh dimakan langsung yang kedua adalah melawan diabetes. Layaknya darah tinggi, diabetes ini merupakan penyakit kronis lainnya yang sering menyerang masyarakat Indonesia. Faktor pemicu utamanya adalah akibat asupan makanan sehingga kandungan gula dalam darah terlalu tinggi. Berikut adalah macam diabetes yang bisa menyerang siapa pun:

  1. Diabetes Melitus Tipe 1
  2. Diabetes Melitus Tipe 2
  3. Diabetes Gestational
  4. Prediabetes

Cara kerja belimbing wuluh mengatasi diabetes adalah sama layaknya dalam mengatasi darah tinggi yaitu karena serat yang dikandungnya. Serat pada belimbing wuluh bisa membantu menormalkan kembali kandungan dalam darah termasuk mengurangi kandungan gula di dalamnya.

Hal lain yang harus dilakukan agar pengobatan diabetes maksimal adalah sebagai berikut :

  1. Tetap olahraga meski olahraga ringan sekalipun
  2. Harus konsumsi obat diabetes secara rutin, jangan bolong karena jika ada yang bolong maka penghitungan pengobatannya mulai dari hari pertama lagi
  3. Harus cek kadar gula dalam darah secara rutin
  4. Harus menjaga pola makan sehat
  5. Pengecekan kesehatan secara rutin terutama pada bagian kaki dan mata untuk menghindari komplikasi

3. Melawan Kulit Kusam

Manfaat belimbing wuluh dimakan langsung yang ketiga adalah bisa melawan kulit kusam. Pada dasarnya jika mengenai perawatan kulit baiknya adalah sebagai penggunaan luar seperti dijadikan masker tapi dimakan secara langsung juga bermanfaat hanya saja perawatannya menjadi lebih lama.

Kulit kusam menjadi masalah bagi beberapa orang terutama bagi kalian yang sering melakukan aktifitas diluar ruangan yang otomatis akan bertemu lebih sering dengan debu, polusi udara dan sinar uv. Hal-hal tersebutlah yang akan membuat kulitmu kusam apalagi jika kamu jarang merawat kulit.

Kandungan vitamin C pada belimbing wuluh mampu meregenerasi kulit sehingga sel kulit mati yang menyebabkan kulit kusam bisa terangkat dan tergantikan dengan sel kulit yang baru. Dikonsumsi secara teratur akan membuat kulitmu menjadi cerah.

4. Meredakan Demam

Demam adalah keadaan dimana tubuh tiba-tiba merasa tidak nyaman dikarenakan suhu tubuh meningkat drastic pada normalnya. Biasanya demam diakibatkan oleh faktor lingkungan seperti perubahan cuaca yang tak menentu, bisa juga karena kecapaian, salah makan, stress dan keseringan begadang. Adapun jenis-jenis demam sebagai berikut :

  1. Demam berkepanjangan atau persisten
  2. Demam konstan atau terus menerus
  3. Demam intermiten
  4. Demam pel ebstein
  5. Hiperpireksia

Manfaat belimbing wuluh dimakan langsung selanjutnya adalah bisa meredakan demam. Kandungan serat dan vitamin didalamnya mampu membuat tubuh kembali bekerja secara normal sehingga suhu tubuhpun normal seperti semula dan si penderita pun bisa beraktivitas seperti biasanya.

5. Meredakan Flu dan Batuk

Sama halnya dengan demam, batuk dan flu adalah peyakit musiman yang biasa terjadi akibat kondisi tubuh sedang beradaptasi akan perubahan cuaca. Tapi, jika tidak segera diobati, batuk dan flu ini bisa menyebabkan rasa sakit lainnya seperti sakit kepala. Berikut adalah beberapa jenis batuk dan flu:

  1. Batuk kering
  2. Batuk berlendir
  3. Batuk rejan
  4. Batuk kronis
  5. Influenza tipe A
  6. Influenza tipe B
  7. Influenza tipe C
  8. Flu burung
  9. Flu babi

Kandungan vitamin dan serat pada belimbing wuluh mampu memperbaiki kondisi tubuh akibat batuk dan flu karena kedua penyakit ini biasanya akan menyedot banyak cairan pada tubuh. Tak hanya itu, kandungan antibakteri dan antivirusnya mampu melawan virus dan bakteri penyebab batuk dan flu yang mungkin  bisa berkembang biak di dalam tubuh.

Cara konsumsinya secara langsung juga sangat cocok untuk orang sakit karena tidak ribet atau repot harus dimasak dulu. Hanya tinggal mencuci dan mengupasnya lalu bisa langsung dikonsumsi atau jika ukurannya terlalu besar bisa dipotong dadu kecil-kecil.

6. Atasi Gondongan

Manfaat belimbing wuluh dimakan langsung yang keenam adalah bisa bantu atasi gondongan. Gondongan adalah pembengkakan pada pipi yang diakibatkan oleh peradangan. Orang-orang biasa mengatasinya dengan :

  1. Mengompres pada bagian yang bengkak pakai air hangat
  2. Perbanyak minum air putih
  3. Memastikan istirahat dengan benar
  4. Mengkonsumsi makanan lunak agar nyeri pada pembengkakan sekitar pipi tidak menimbulkan rasa sakit yang berlebih
  5. Minum obat Pereda dari dokter

Dari penjelasan di atas maka bisa dipastikan bahwa manfaat belimbing wuluh untuk atasi gondongan masih minim diketahui oleh masyarakat Indonesia. Karena memang, masyarakat sekarang lebih memilih mengkonsumsi resep obat kimia dari dokter dibandingkan obat alami karena obat alami waktu penyembuhannya sangat lama.

Serat pada belimbing wuluh mampu meredakan gondongan sehingga pembengkakan pada bagian pipi bisa kempes secara perlahan. Meski begitu, harus tetap diiringin dengan mengkonsumsi makanan sehat lain dan istirahat dengan baik.

7. Atasi Wasir

Manfaat belimbing wuluh dimakan langsung yang ketujuh adalah bisa atasi wasir. Beberapa orang menyebut wasir sebagai ambeien yaitu kondisi dimana aliran darah disekitar anus tidak berjalan dengan baik akibat terjadi pemaksaan pengaliran darah. Adapun ciri ketika seseorang mengalami wasir :

  1. Ketika buang air besar disertai dengan darah
  2. Adanya lendir setelah buang air besar
  3. Pada anus terdapat benjolan sehingga ketika duduk akan merasa sakit atau kurang nyaman
  4. Nyeri pada bagian anus hingga pantat
  5. Area anus menjadi kemerahan
  6. Gatal pada bagian anus

Belimbing wuluh dipercaya bisa meredakan pembengkakan akiat wasir. Tak hanya itu, kandungan seratnya bisa menormalkan kembali aliran darah terutama pada aliran darah sekitar anus. Meski begitu, pengobatan satu ini bisa dikatakan cukup lama, jadi jika kamu memakai metode ini harus sabar ya. Tapi keuntungannya dibandingkan metode pengobatan lain adalah tidak adanya efek samping jadi sangat aman.

Itulah 7 manfaat belimbing wuluh dimakan langsung. Apakah kamu bisa menduganya jika dikonsumsi mentah pun masih bermanfaat bagi kesehatan? Ada juga manfaat yang belum diuraikan diatas yaitu manfaat belimbing wuluh untuk diet dan manfaat belimbing wuluh untuk rambut.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.