Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

11 Manfaat Belimbing Wuluh Rebus Utk Batuk & Hipertensi

manfaat belimbing wuluh rebus

Bandung, Babandungan.com – Belimbing wuluh adalah jenis sayuran berwarna hijau yang memang agak jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Meski begitu, ada beberapa orang yang suka sekali dengan belimbing wuluh rebus loh. Kok bisa ya? Ternyata di dalam sayur tersebut mengandung banyak manfaat. Berikut adalah 11 manfaat belimbing wuluh rebus.

1. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi merupakan keadaan d imana seseorang mengalami darah tinggi, Keadaan satu ini pastinya tidak asing bagi masyarakat Indonesia karena sudah banyak yang kena. Faktor pemicu darah tinggi di antaranya adalah:

  1. Terlalu bayak mengonsumsi garam
  2. Usia
  3. Riwayat keluarga yang mengalami hipertensi
  4. Berat Badan Berlebih
  5. Tubuh kekurangan potassium
  6. Kebiasaan merokok
  7. Kebiasaan mengkonsumsi alkohol

Orang-orang terdahulu sangat percaya bahwa sayur satu ini bisa menurunkan tekanan darah. Hal tersebut juga bisa dibuktikan dengan kandungan mineral, serat dan antioksidan pada belimbing wuluh dan terbukti tekanan darah penderita menurun sedikit demi sedikit. Hanya saja, tidak dianjurkan dikonsumsi jika penderita sedang sakit ginjal.

2. Mengatasi Diabetes

Manfaat belimbing wuluh rebus yang kedua adalah bisa membantu dalam penanganan diabetes. Diabetes bisa diartikan sebagai kandungan gula dalam darah yang melebihi batas normalnya. Berikut adalah beberapa jenis diabetes yang bisa menimpa seseorang :

  1. Gestasional
  2. LADA
  3. MODY
  4. Double diabetes
  5. Diabetes yang berhubungan dengan steroid
  6. Brittle Diabetes
  7. Sekunder
  8. Insipidus
  9. Melitus tipe 1
  10. Melitus tipe 2
  11. Tipe 3

Pembuktian seperti apa agar manfaat pada poin ini bisa valid? Serat yang tinggi bisa membantu kondisi tubuh agar tidak banyak gula atau kolestrol dalam darah. Dan kandungan serat pada sayur satu ini sangat tinggi loh meski rasanya kadang asam.

3. Obat Demam juga Flu

Demam dan flu sering menyerang ketika perubahan musim atau ketika kekebalan tubuh sedang menurun. Faktor penyebab lainnya adalah karena suhu badan lebih rendah dari biasanya dan merasakan kedinginan.

Kandungan vitamin C yang dikandungnya mampu meredakan flu dan demam. Hanya saja tidak bisa langsung sembuh tapi pemulihan secara bertahap. Biasanya akan mulai mereda dan sembuh maksimal dalam 7 hari asalkan mengonsumsi belimbing wuluh secara rutin.

4. Obat Batuk

Manfaat belimbing wuluh rebus yang keempat yaitu sebagai obat batuk. Sama halnya dengan flu, batuk ini bisa dikatakan sebagai penyakit yang sering menyerang warga Indonesia karena biasanya terpengaruh oleh cuaca dan bisa menjadi gejala dari flu.

Batuk akan membuat penderitanya merasa tidak nyaman apalagi jika pada ruangan sunyi karena bisa tiba-tiba batuk dan membuat gaduh ruangan sunyi tersebut. Pengobatannya tak hanya buah belimbing, tapi bisa juga menggunakan daun dan bunganya loh, berikut cara pembuatannya :

  1. Menghaluskan bunga belimbing wuluh
  2. Menyiapkan panci berisi sedikit air dan menyimpannya di kompor yang telah dinyalakan
  3. Masukkan bunga ke dalamnya
  4. Ketika sudah mendidih lalu disaring dan masukkan ke gelas
  5. Siap diminum untuk mengatasi batuk

5. Antibiotik dan Analgesik bagi Tubuh

Manfaat yang kelima yaitu sebagai antibiotik dan analgesic bagi tubuh. Bagi kamu yang belum tahu, antibiotik diperlukan tubuh untuk melawan bakteri jahat sedangkan analgesic untuk meredakan nyeri dari suatu penyakit.

Belimbing wuluh bisa digunakan karena mengandung saponin, tannin serta flavonoid. Ketiga senyawa yang disebutkan tadi merupakan senyawa aktif yang bersifat antimikroba jadi siap melawan penyebab penyakit akibat mikroba.

6. Mengatasi Gondong

Manfaat belimbing wuluh rebus yang keenam adalah mengatasi gondong. Gondongan adalah penyakit peradangan dengan ciri utama terjadi pembengkakan pada pipi. Penyakit ini bisa mudah menular ketika :

  1. Penderita bersin
  2. Penderita batuk
  3. Penderita berbicara
  4. Melakukan kontak langsung dengan penderita
  5. Menggunakan alat makan bersamaan dengan penderita

Penyakit ini disebabkan oleh virus. Jadi, untuk melawan gondongan harus meminum obat anti virus. Tak perlu khawatir, kamu bisa mengonsumsi obat alami dari belimbing wuluh karena pada sayur ini tepatnya pada bagian daun dan batangnya mengandung zat yang melawan virus gondok.

7. Melenyapkan Wasir

Poin ketujuh yaitu bisa mengatasi wasir. Wasir yaitu keadaan dimana terjadi peradangan pada sekitar anus dan bahkan menyebabkan pendarahan pada beberapa kasus. Penyebab utamanya masih dalam pencarian, tapi banyak orang menduga ada hubungannya dengan terlalu kuat menekan peredaran darah di sekitar anus.

Dengan mengonsumsi belimbing wuluh, pasien bisa dengan perlahan meredakan nyeri akibat wasir dan sembuh. Hal tersebut dikarenakan bisa memperlancar kembali aliran darah di sekitar anus sehingga kembali seperti semula.

8. Mencegah atau Mengobati Penyakit Menular Seksual

Manfaat belimbing wuluh rebus yang ke delapan yaitu untuk mencegah juga mengobati penyakit menular seksual. Penyakit menular seksual bisa terjadi pada siapa saja apalagi zaman sekarang pergaulan semakin bebas.

Berikut cara penggunaan belimbing wuluh dalam mengobati PMS :

  1. Mengeringkan belimbing wuluh
  2. Merebus belimbing wuluh tersebut menggunakan 3 gelas air
  3. Tunggu hingga air dalam panic tinggal sisa setengahnya
  4. Konsumsi cairan yang dihasilkan dari rebusan tersebut secara rutin

9. Mengobati Jerawat

Manfaat ke Sembilan yaitu bisa mengobati jerawat. Rata – rata pengobatan jerawat dilakukan menggunakan pengobatan luar, tapi pengobatan dari dalam juga penting loh. Dan untungnya belimbing wuluh ini bisa digunakan untuk keduanya, tapi untuk yang rebus hanya untuk pengobatan dalam.

Kandungan sayur ini yang ampuh mengatasi jerawat adalah vitamin A dan vitamin C. Vitamin A membantu tubuh ketika jerawat sedang meradang sedangkan vitamin C membantu tubuh saat jerawat mereda yaitu untuk menghilangkan bekas jerawatnya.

10. Mencerahkan dan Memutihkan Kulit

Manfaat belimbing wuluh rebus yang ke sepuluh yaitu mencerahkan dan memutihkan kulit. Seperti yang telah dijelaskan pada poin ke Sembilan, sayur ini mengandung vitamin C. Dimana jika dikonsumsi maka akan membantu mencerahkan dan membuat kulit lebih putih.

Masalah kulit seperti ini juga bisa terjadi akibat alergi dan untungnya sayur ini juga bisa meredakan efek alergi terhadap kulit seperti kulit kemerahan dan kulit gatal. Caranya kamu tinggal merebus belimbing wuluh dan langsung melahapnya, bisa juga dibuat jus atau jenis makanan lainnya.

11. Mengobati Obesitas

Manfaat yang ke sebelas yaitu bisa mengobati obesitas. Obesitas merupakan masalah utama di zaman ini karena efeknya bisa ke mana – mana bahkan ada yang sampai terkena bully dan merembet ke masalah mental. Obesitas bisa disebabkan oleh banyak hal seperti :

  1. Ada keluarga yang mempunyai gen obesitas juga
  2. Efek dari penggunaan obat-obatan
  3. Karena sedang mengandung
  4. Kekurangan istirahat atau tidur
  5. Pengaruh usia
  6. Pola konsumsi yang tidak dijaga
  7. Bawaan penyakit lain

Belimbing wuluh bagus dikonsumsi oleh orang diet dan sedang menjaga berat tubuhnya karena mengandung banyak serat. Serat tinggi berarti tubuh akan mudah kenyang dan bertahan hingga waktu yang cukup lama.

Itulah 11 manfaat belimbing wuluh rebus yang mungkin belum kamu tahu. Biasanya orang – orang mencari kelebihan sayur ini pada dua kategori yaitu manfaat belimbing wuluh untuk wajah dan manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan. Dan kamu sudah mendapatkan keduanya dari pemaparan di atas.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.