Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

4 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Gigi Sakit & Berlubang

manfaat belimbing wuluh untuk gigi

Gigi merupakan bagian tubuh yang penting ketika kamu makan atau berbicara. Kesehatan gigi bisa mempengaruhi kenyamanan kamu ketika menyantap makanan atau mengobrol dengan orang. Untuk menjaga kesehatan gigimu, kamu bisa menggunakan bahan alami berupa belimbing wuluh. Berikut 4 manfaat belimbing wuluh untuk gigi dan cara pengaplikasiannya.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Gigi

manfaat belimbing wuluh untuk gigi

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Gigi itu ada banyak lagi lho. Nah buat kamu yang belum tahu, berikut ini adalah manfaatnya:

1. Mengobati Sakit Gigi

Manfaat belimbing wuluh untuk gigi yang pertama adalah bisa mengobati sakit gigi. Kamu bahkan mungkin setiap orang di dunia pernah mengalami yang namanya sakit gigi. Lalu bagaimana rasanya? Tentu saja sakit. Sakit gigi itu bisa terjadi akibat beberapa hal di antaranya adalah :

  1. Kurang merawat gigi, misalnya jarang sikat gigi dan jarang kumur-kumur
  2. Sering mengonsumsi makanan serta minuman manis atau mengandung gula tinggi
  3. Menggunakan alat pembersih gigi yang salah
  4. Penerapan menyikat gigi yang kurang tepat
  5. Adanya lubang pada gigi, iritasi gusi dan lainnya

Jika terlanjur mengalami sakit gigi maka yang bisa kamu lakukan adalah memulihkan kondisimu seperti semula dengan kata lain membuat gigimu sehat kembali. Nah, belimbing wuluh ini juga bisa digunakan untuk menekan rasa perih akibat sakit gig. Awal penggunaannya mungkin akan terasa sangat perih, tapi lama kelamaan sakit gigimu rasa perihnya memudar.

Belimbing wuluh juga sering digunakan untuk mencegah iritasi alias menyebarnya sakit gigi. Untuk mencegah iritasi biasanya belimbing wuluh dibantu dengan cengkeh. Belimbing wuluh merupakan obat tradisional sakit gigi sehingga risiko dan efek sampingnya sangat minim, jadi jangan khawatir ya.

2. Menghilangkan Karang Gigi

Manfaat belimbing wuluh untuk gigi yang kedua adalah bisa mengatasi karang gigi. Karang gigi merupakan plak yang menempel pada gigi biasanya disebabkan oleh pengendapan makanan yang tidak dibersihkan dari gigi. Beberapa hal yang menyebabkan karang gigi adalah :

  1. Kondisi gigi serta mulut yang kurang bersih karena jarang sikat gigi
  2. Sering merokok
  3. Sering meminum alkohol
  4. Mulut dalam kondisi kering
  5. Sering konsumsi makanan minuman yang manis-manis

Untuk mencegah karang gigi kamu tinggal menghindari hal-hal tersebut, tapi bagaimana jika sudah terlanjur terkena karang gigi? Kamu harus membersihkannya. Jika ingin cepat tapi keluar uang banyak kamu bisa pergi ke dokter untuk scaling gigi. Namun jika kamu ingin berhemat, maka bisa nih menggunakan belimbing wuluh ini dengan cara raja mengkonsumsinya atau menggosok-gosokkannya ke gigi.

3. Memutihkan Gigi: Kandungan oksalat

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Gigi yang ketiga adalah bisa membuat gigi lebih putih. Siapa disini yang tidak mau gigi putih? Pasti semuanya mau ya. Gigi putih akan membuat kamu lebih percaya diri ketika berkomunikasi dengan orang lain apalagi jika diliput media. Jika ingin gigi putih setidaknya kamu harus tahu penyebabnya agar bisa menghindarinya, berikut adalah beberapa penyebabnya:

  1. Meminuk alkohol berlebih, kandungan tannin didalamnya merupakan faktor utama kenapa gigimu bernoda dan menjadi kuning
  2. Terlalu sering minum kopi dan teh. Penyebab kopi dan teh bisa membuat gigi kuning adalah karena kandungan koromogennya yang tinggi
  3. Hobi minum minuman bersoda. Minuman bersoda mengandung koromogen dan bersifat asam yang tidak baik bagi kesehatan gigi
  4. Kondisi gigi buruk karena jarang dirawat seperti sering melewati waktu  sikat gigi
  5. Sering mengkonsumsi makanan manis seperti permen

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan sedotan ketika meminum sesuatu. Pastikan sedotan yang kamu gunakan adalah sedotan yang bukan sekali pakai agar bisa menjaga lingkungan sekitar juga. Untuk memutihkannya bisa menggunakan belimbing wuluh karena mengandung oksalat.

Jika kamu kurang percaya maka kamu bisa lihat bahan pembuatan pasta gigi, pasti salah satunya ada oksalata. Itulah salah satu bukti, asam oksalat yang dikandung belimbing wuluh ampuh memutihkan gigi.

4. Memperbaiki Gigi Berlubang

Manfaat belimbing wuluh untuk gigi yang keempat adalah bisa memperbaiki gigi berlubang. Gigi berlubang biasanya akan menimbulkan rasa ngilu pada gigi dan membuat penderitanya jadi tidak nafsu makan bahkan sulit beristirahat. Beberapa alasan gigi berlubang bisa dirasakan oleh seseorang adalah :

  1. Pasta gigi yang digunakan tidak mengandung bahan fluoride yang fungsinya mencegah kerusakan pada gigi
  2. Terlalu berlebihan dalam memakan makanan manis atau asam
  3. Faktor usia
  4. Efek samping obat-obatan yang digunakan
  5. Jorok alias jarang gosok gigi
  6. Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol

Untuk meredakan rasa nyerinya bisa dengan cara membersihkan gigi hingga area berlubang, jangan konsumsi makanan atau minuman yang suhunya terlalu tinggi dan terlalu rendah, dan bisa mengkonsumsi obat Pereda nyeri yang diresepkan dokter.

Untuk memulihkan gigi menjadi tidak berlubang lagi bisa pakai belimbing wuluh dengan cara rutin konsumsinya bisa dengan cara dibuat jus atau dimakan secara langsung atau konsumsi olahan ekstraknya juga bisa.

Cara Pengaplikasiannya

manfaat belimbing wuluh untuk gigi

Manfaat belimbing wuluh untuk gigi tidak akan pernah kamu rasakan jika kamu tidak mengaplikasikannya secara nyata di kehidupanmu. Jika kamu tidak mengaplikasikannya karena terkendala terkait minimnya informasi penggunaan belimbing wuluh untuk gigi, maka kamu harus baca uraian berikut ini terkait pengaplikasiannya.

1. Digosokkan Langsung ke Gigi

Cara yang pertama, kamu bisa mengaplikasikannya langsung ke gigi mu. Metodenya cukup mudah tapi untuk hasil yang lebih memuaskan biasanya dicampur dengan bahan lain. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Menyiapkan 3 buah belimbing wuluh, sejumput garam dan sikat gigi
  2. Bersihkan belimbing wuluh dan ambil bagian dagingnya saja
  3. Lembutkan daging belimbing wuluh menggunakan sendok atau blender
  4. Tambahkan garam ke dalamnya
  5. Jika sudah, oleskan bahan tersebut sebagai pengganti pasta gigi pada sikat gigi
  6. Gosokkan ke gigi secara merata dan jangan lupa untuk kumur-kumur
  7. Cara ini biasa dilakukan untuk membuat gigi putih.

2. Dikonsumsi sebagai jus

Cara yang kedua bisa dikonsumsi dengan dibuat jus. Metode dibuat jus ini biasanya untuk meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi karena jika dioleskan pada gigi sakitnya malah menjadi. Berikut adalah cara pembuatan jusnya:

  1. Cuci belimbing wuluh hingga bersih
  2. Kupas kulitnya dan ambil bagian dagingnya
  3. Potong potong menjadi lebih kecil
  4. Dimasukkan ke blender untuk dihaluskan
  5. Blender 7 menit saja
  6. Hasilnya dituangkan ke gelas tapi melalui tahap penyaringan dulu
  7. Jusnya siap dikonsumsi tapi pastikan konsumsinya menggunakan sedotan agar kesehatn gigi lebih terjaga

3. Dikonsumsi sebagai makanan

Cara yang terakhir dikonsumsi sebagai makanan. Dibuat cara ini biasanya bagi orang-orang yang mengalami sakit gigi sehingga nafsu makannya pun berkurang. Jika dibuat sebagai makanan maka 2 manfaat bisa langsung didapat yaitu menyembuhkan sakit gigi dan tetap memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Caranya yaitu:

  1. Bersihkan pepaya dan belimbing wuluh
  2. Potong-potong buahnya berbentuk dadu
  3. Masukkan ke mangkuk dan tambahkan sedikit garam dan sedikit jeruk
  4. Salad pepaya dan belimbing wuluh siap disantap

Itulah 4 manfaat belimbing wuluh untuk gigi. Tak sekedar ini saja, nyatanya manfaat belimbing wuluh rebus dan manfaat belimbing wuluh untuk wajah merupakan bukti nyata bahwa makanan satu ini merupakan sayur yang multifungsi dan memberikan banyak manfaat untuk manusia khususnya.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.