Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan
Rumah Sakit

9 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan Batuk & Wasir

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan ini sangat banyak, mulai dari digunakan untuk mengatasi Hipertensi, Diabetes, demam dan Flue hingga masalah alergi. Tapi sayangnya, masih ada banyak orang yang belum mengetahui beragam manfaat yang dimiliki oleh buah sayur yang satu ini.

Belimbing wuluh menjadi andalan bagi orang jaman dulu dalam mengatasi berbagai macam penyakit. Hal tersebut dilakukan karena adanya kandungan alami yang dipercaya ampuh menyembuhkan penyakit. Lantas apa saja manfaatnya?

1. Atasi Diabetes

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan pertama yaitu mengobati diabetes. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit kronis yang pastinya sangat berbahaya bagi tubuh pasien. Dibetes diakibatkan oleh kandungan gula dalam darah yang melebihi batas normalnya.

Berikut adalah ciri ketika seseorang terkena diaetes:

  1. Sering kehausan
  2. Sering kencing terutama pada malam hari
  3. Kadang merasa sangat kelaparan
  4. Berat badan menurun tanpa sebab
  5. Massa otot menurun
  6. Lemah dan lesu
  7. Pada urin ada keton
  8. Penglihatan mengabur
  9. Penyembuha luka sulit
  10. Infeksi menjadi lebih sering terjadi

Mengapa orang percaya bahwa belimbing wuluh bisa mengatasi diabetes? Karena kandungan serata pada sayur ini lumayan banyak. Jadi, bisa membantu membersihkan atau mengurangi kandungan gula dalam darah dan bisa berangsur normal kembali. Caranya bisa dengan mengkonsumsinya sebagai camilan, jus atau teman makan pokok.

2. Atasi Hipertensi

Kedua yaitu mengobatai hipertensi. Hipertensi adalah keadaan seseorang ketika tekanan darahnya melebih ambang normal. Singkatnya disebut darting alias darah tinggi. Faktor pemicu darah tinggi terjadi pada seseorang adalah :

  1. Terlalu banyak memakan yang mengandung garam
  2. Usia lanjut lebih mudah terserang
  3. Faktor keturunan atau gen dimana keluarga ada yang mempunyai hipertensi
  4. Berat tubuh berlebih
  5. Potassium dalam tubuh terlalu sedikit
  6. Keseringan merokok
  7. Keseringan meminum alkohol

Bukti belimbing wuluh bisa mengatasi hipertensi yaitu karena kandungan serat, antioksidan dan mineral pada sayur ini begitu banyak dan mampu menurunkan tekanan darah sehingga bisa berangsur normal kembali. Caranya dengan mengkonsumsi rebusan belimbing wuluh. Tapi, jika kamu punya penyakit ginjal jangan memakan sayur ini ya karena bisa memperparah penyakit ginjal tersebut.

3. Mengatasi Demam dan Flue

Atasi demam dan flue bisa menggunakan belimbing wuluh loh. Demam dicirikan dengan naiknya suhu badan secara drastic sedangkan flue ditandai dengan menggigil, bersin dan lainnya. Demam dan flue biasa terjadi pada anak-anak yang memang sedang aktif dalam tumbuh kembangnya.

Tentunya, ketika anak mengalami demam dan flue pasti orang tuanya khawatir. Apalagi, anak-anak dianjurkan untuk tidak sering mengonsumsi makanan yang mengandung bahan kimia dan salah satunya adalah obat. Padahal obat diperlukan untuk menyembuhkan flu dan demam.

Untuk mengatasi hal tersebut, orang tua bisa menggantinya dengan belimbing wuluh sebagai obat tradisional. Nantinya bisa dibuat jus agar anak – anak suka. Kandungan vitamin C pada sayur ini dipercaya mengatasi demam juga flue secara bertahap sehingga sakitnya tidak semakin parah.

4. Sebagai Antibiotik Alami

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang keempat adalah bisa digunakan sebagai antibiotik alami. Antibiotik dipercaya bisa melawan bakteri penyebab penyakit. Jadi dengan menggunakan belimbing wuluh, kamu menghindari beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti :

  1. Infeksi sinus
  2. Infeksi saluran kemih
  3. Radang tenggorokan
  4. Amandel
  5. Infeksi telinga
  6. Pneumonia

Cara kerja antibiotik yaitu dengan membantu sel darah putih dalam menghentikkan perbanyakan bakteri. Caranya dengan menghentikan bakteri dalam berkembang biak dan sekaligus menghancurkannya.

5. Atasi Batuk

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang kelima adalah atasi batuk  Batuk adalah keadaan dimana seseorang sering menimbulkan suara akibat adanya gangguan pada saluran pernafasan seperti pada tenggorokan. Penyebab dari batuk yaitu :

  1. Alergi
  2. Sering merokok
  3. Infeksi saluran pernapasan atas seperto pilek dan flu
  4. Infeksi saluran pernapasan bawah seperti bronchitis
  5. Menghirup polusi

Batuk sangat mengganggu karena bisa menimbulkan suara gaduh yang tidak diinginkan. Untuk mengobatinya bisa menggunakan belimbing wuluh dan diolah seperti berikut :

  1. Bunga wuluh dihaluskan
  2. Panaskan air
  3. Masukkan bunga wuluh ke dalamnya
  4. Tunggu sampai mendidih
  5. Saring dan masukkan pada gelas
  6. Bisa langsung dikonsumsi selagi hangat

6. Atasi Gondongan

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang keenam adalah atasi gondongan. Gondongan adalah suatu keadaan dimana kondisi tubuh mengalami radang dan ciri utamanya terjadi pembengkakan pada area pipi. Gondongan bisa menular di berbagai kondisi seperti berikut :

  1. Pasien bersin tanpa menutup mulut
  2. Pasien batuk sembarangan
  3. Pasien berbicara sampai salivanya muncrat-muncrat
  4. Pasien melakukan kontak langsung dengan orang non-penderita
  5. Pasien berbagi alat makan untuk digunakan bersama dengan non-penderita

Virus adalah penyebab terjadinya gondongan. Pada belimbing wuluh ini ada suatu zat yang bisa melawan virus tersebut. Asalkan si penderita mau mengkonsumsinya secara berkala, maka bisa dipastikan gondongan bisa pulih.

7. Atasi Penyakit Menular Seksual

Penyakit menular seksual adalah penyakit yang mulai menyebar seiring adanya pergaulan bebas. Tapi ternyata, yang pargaulannya tidak bebas pun memiliki risiko mengalami penularannya loh bisa melalui hubungan langsung atau melalui suntikan. Berikut adalah beberapa macam penyakit menular seksual :

  1. Sifilis atau raja singa
  2. Gonore atau kencing nanah
  3. HPV
  4. HIV
  5. Chlamydia
  6. Trikomoniasis
  7. Hepatitis B
  8. Hepatitis C
  9. Herpes genital
  10. Donovanosis

Dokter sering menganjurkan penggunaan antibiotik dan antivirus dalam mengobati PMS ini. Dan kedua kandungan tersebut secara alami terdapat pada belimbing wuluh. Jadi, dengan mengkonsumsi belimbing wuluh, artinya pasien juga sedang berobat menuju kesembuhan.

8. Atasi Wasir

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang kedelapan adalah untuk mengatasi wasir. Wasir biasa dirasakan pada disekitar anus karena penyebabnya juga tak jauh dari daerah tersebut yaitu terkait edaran darah yang terlalu dipaksakan biasanya terjadi ketika seseorang akan buang air besar.

Mengkonsumsi belimbing wuluh dapat dipercaya bisa mengatasi wasir karena membantu aliran darah menjadi normal kembali. Ketika memakan belimbing wuluh, aliran darah pada sekitar anus akan mulai membaik dan normal seperti semula. Cara konsumsinya yaitu bisa dengan meminum air rebusan bunganya, memakan daging buahnya bahkan dengan mengkonsumsi ekstrak daunnya.

9. Atasi Masalah Alergi pada Kulit

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan yang terakhir pada bahasan kali ini adalah bisa mengatasi alergi di kulit. Alergi seseorang biasanya akan berbeda dengan alergi orang lain, tapi umumnya alergi bisa disebabkan oleh debu, suhu yang tidak sesuai dan makanan.

Akibat dari alergi biasanya menyebabkan beberapa ruam pada kulit, kemerahan hingga rasa gatal. Tentunya, jika tidak segera diatasi maka masalahnya bisa merembet ke masalah kulit. Jadi, bisa diatasi menggunakan belimbing wuluh karena mengandung vitamin C dan vitamin A yang baik untuk kulit.

Cara pengaplikasiaannya bisa dikonsumsi mentah, dimasak dahulu, dibuat jus atau bisa juga dibuat masker. Untuk masker bisa dicampur dengan bahan alami lainnya seperti madu agar hasil lebih maksimal dalam mengatasi masalah kulit akibat alergi.

Itulah 9 manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan. Dari pembahasan diatas juga secara tidak langsung kamu bisa mengetahui manfaat belimbing wuluh dimakan langsung danmanfaat belimbing wuluh untuk diet. Manfaat lainnya bisa dibaca pada laman ini ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *