Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Mata Minus
Warta Bandung

7 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Mata Minus & Mata Merah

Tahukah kamu bahwa selain digunakan sebagai bahan campuran masakan, belimbing wuluh juga kaya akan khasiat, salah satunya untuk mata. Manfaat belimbing wuluh untuk mata sangat efektif menyehatkan penglihatan dan membuat pandangan menjadi semakin jelas tanpa efek kabur.

Mata merupakan salah satu organ tubuh yang berfungsi untuk membantu melihat benda atau objek-objek yang tertangkap pandangan. Dalam rutinitas sehari-hari mata terus digunakan untuk beraktivitas sehingga tak jarang menimbulkan kelelahan yang maksimal. Untuk itu istirahat sejenak adalah pilihan yang bagus untuk membuat mata tetap sehat.

Kandungan Gizi Belimbing Wuluh

manfaat belimbing wuluh untuk mata

Belimbing wuluh merupakan jenis buah yang sangat mudah ditemukan karena tersebar hampir di seluruh wilayah. Pada awalnya, orang-orang menganggap buah ini tidak bisa dimakan karena mengandung rasa masam yang sangat tinggi. Hal ini wajar karena kandungan vitamin C di dalam buah ini memang sangat melimpah.

Secara umum, terdapat lebih dari lima kandungan vitamin yang terdapat di dalam buah ini. Kandungan inilah yang lantas menjadikan belimbing wuluh tidak lagi dipandang sebelah mata sehingga saat ini banyak dikonsumsi dalam berbagai olahan. Berikut ini beberapa kandungan belimbing wuluh yang wajib diketahui.

  1. Vitamin A
  2. Vitamin C
  3. Vitamin B Kompleks
  4. Fosfor
  5. Kalsium
  6. Zat Besi

Seperti yang tertera di atas, terlihat bahwa tidak hanya terdapat kandungan vitamin saja di dalamnya, tetapi juga banyak mineral yang tersimpan. Manfaat belimbing wuluh untuk mata salah satunya juga didapatkan dari kandungan mineral satu ini. Menariknya, tidak semua buah memiliki kandungan vitamin dan mineral yang sangat banyak seperti buah satu ini.

Selain itu, ternyata di dalam buah belimbing wuluh juga terdapat kandungan antioksidan yang bagus menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Kandungan ini akan secara tidak langsung membuat tubuh terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti kanker. Selama kamu mengonsumsi buah ini cukup sering dalam beberapa  minggu, maka khasiatnya akan sangat terasa.

Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Mata

manfaat belimbing wuluh untuk mata

Banyaknya rutinitas di depan layar setiap harinya membuat mata menjadi sangat lelah dan bahkan perlahan membuatnya cepat merah. Cara mengatasinya sebenarnya sangat sederhana karena bisa memanfaatkan berbagai makanan yang berasal dari alam, seperti misalnya buah belimbing wuluh satu ini.

Banyaknya vitamin dan mineral yang ada di dalam buah ini, mampu bermanfaat meningkatkan kesehatan mata. Terdapat beberapa khasiat atau manfaat yang bisa diperoleh diambil dari mengonsumsi buah satu ini. Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini.

1. Menjernihkan Mata Merah

Biasanya setelah menatap layar komputer ataupun Hp seharian, mata menjadi merah. Mata yang merah menandakan apabila aktivitas menatap layar yang dilakukan terlalu berlebihan sehingga muncul rasa lelah. Lama tidaknya menatap layar akan mempengaruhi tingkat kepekatan warna merah pada mata.

Jika hal ini sudah terlanjur terjadi, cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan mengonsumsi belimbing wuluh. Buah segar satu ini memiliki kandungan vitamin B yang siap membuat mata kembali putih jernih. Pengonsumsiannya harus dilakukan setidaknya satu buah dalam sehari.

2. Menghilangkan Rasa Lelah

Tidak hanya tubuh saja yang sering kelelahan, mata juga salah satu organ yang sering mengalami kelelahan. Biasanya, hal ini akan sangat dirasakan oleh orang-orang yang memiliki mata minus sehingga sedikit saja aktivitas yang dilakukan, kepala akan terasa pusing dan mata menjadi lelah.

Manfaat belimbing wuluh untuk mata bisa dibuktikan melalui konsumsi dalam jumlah tertentu rutin setiap hari. Sebenarnya, kandungan vitamin A yang ada di dalamnya akan menyalurkan energi sangat besar terhadap mata dan membuatnya lebih segar. Untuk itu, harus mengonsumsi minimal satu hari sekali agar mendapatkan hasilnya.

3. Mengurangi Mata Minus

Selain memanfaatkan wortel, mata minus juga bisa perlahan-lahan diatasi dengan mengonsumsi buah belimbing wuluh. Selama ini kebanyakan orang hanya mengonsumsi wortel jika ingin mengurangi mata yang minus, padahal selain buah tersebut, belimbing wuluh juga kaya akan khasiat yang alami.

Caranya sangat mudah. Kamu bisa mengolah belimbing wuluh menjadi berbagai bentuk, misalnya jus, sayur, atau bahkan di makan secara langsung. Lakukan saja rutinitas tersebut selama satu atau dua bulan, pastinya perlahan-lahan mata minus kamu menjadi sedikit berkurang.

Manfaat Belimbing Wuluh Secara Umum

manfaat belimbing wuluh untuk mata

Secara umum, belimbing wuluh memang didesain kaya akan banyak manfaat. Selain untuk mata, manfaat buah satu ini juga bagus untuk tubuh secara keseluruhan. Terlebih bila dibandingkan dengan kebanyakan buah dengan rasa masam lainnya, belimbing wuluh bisa dibilang juaranya.

Berikut ini beberapa manfaat secara umum yang terdapat di dalam belimbing wuluh sehingga bisa ditingkatkan konsuminya.

1. Diet

Tidak percaya? Banyak orang tidak percaya apabila buah satu ini bisa menjadi menu diet yang efektif. Hal ini karena rasa asam berlebih yang ada di dalamnya menimbulkan cita rasa begitu kuat sehingga menekan nafsu makan selanjutnya. Selain itu, adanya kandungan mineral yang kaya juga membuat pencernaan menjadi lancar.

2. Batuk Kering

Selain manfaat belimbing wuluh untuk diet, buah satu ini juga bisa mengatasi batuk kering dengan sangat efektif. Jika kamu memiliki batuk kering yang sudah lama tidak kunjung sembuh, maka coba saja menyeduh buah satu ini sebagai minuman hangat. Nantinya, kandungan vitamin C dan B di dalamnya akan meredakan batuk kering.

3. Mengatasi Panu

Tidak percaya? Meskipun kelihatan meragukan, belimbing wuluh memang bisa digunakan sebagai alternatif menyembuhkan panu di wajah. Caranya sangat mudah karena hanya perlu mengupasnya dan mengoleskan dibagian wajah panuan. Apabila ingin hasil lebih maksimal, tambahkan saja campuran kapur sirih pada olesannya.

4. Sesak Napas

Tidak hanya manfaat belimbing wuluh untuk mata saja yang kondang, tetapi manfaat mengatasi sesak napas juga menjadi khasiat dari buah satu ini. Sesak napas adalah kondisi yang sangat tidak mengenakkan sehingga harus segera diatasi apabila mengalaminya. Caranya bisa dengan merebus belimbing dan meminum airnya.

Tips Memilih Belimbing Wuluh yang Berkualitas

manfaat belimbing wuluh untuk mata

Jika ingin mendapatkan manfaat yang maksimal, maka yang perlu dilakukan adalah memilih belimbing wuluh berkualitas. Apabila mampu memilih yang berkualitas, maka manfaat belimbing wuluh untuk mata dan yang lainnya akan diperoleh secara maksimal. Berikut ini beberapa ciri belimbing wuluh dalam keadaan bagus.

  1. Pastikan warnanya tampak hijau segar karena biasanya yang sudah menguning tandanya kurang bagus. Meski begitu, kamu tetap bisa memakan yang warnanya mulai kuning, hanya saja rasanya tidak akan segar.
  2. Pastikan bentuknya memang utuh, tidak tampak terkelupas kulitnya. Biasanya meskipun baru dipetik, buah ini bisa saja dimakan oleh hewan tertentu sehingga kulitnya mengelupas. Kondisi yang demikian sebaiknya dihindari.

Nah, itulah beberapa manfaat belimbing wuluh untuk mata yang bisa diperoleh. Mata adalah organ yang sangat penting di dalam tubuh manusia sehingga harus benar-benar dijaga dan dirawat dengan baik. Sama halnya dengan wajah. Kamu bisa membaca artikel manfaat belimbing wuluh untuk wajah dan manfaat belimbing wuluh  rebus sebagai penambah khasanah pengetahuan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *