Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

3 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Rambut Berketombe & Kutu

manfaat belimbing wuluh untuk rambut

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah asam yang berbentuk mirip bintang ? Ya, belimbing wuluh namanya ! Salah satu jenis buah yang warnanya hijau kekuningan ini rupanya banyak ditemukan di Indonesia. Namun, tahukah kamu ternyata manfaat belimbing wuluh untuk rambut khasiatnya sangat bagus?

Benarkah Belimbing Wuluh Bermanfaat untuk Atasi Masalah Rambut?

manfaat belimbing wuluh untuk rambut

Nah, pertanyaan semacam ini memang terdengar asing namun perlu kita telaah lebih dalam. Sebenarnya, apakah memang nyata adanya manfaat belimbing wuluh untuk rambut? Jawabannya ya!

Tak hanya sebagai bumbu masakan saja, buah asam ini juga memiliki khasiat yang sangat baik untuk mengatasi masalah rambut. Salah satu manfaat paling ampuh dari belimbing wuluh ialah untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Bagaimana bisa ? Hal ini dikarenakan dalam belimbing wuluh terkandung vitamin C yang tinggi dan berperan sebagai antioksidan. Inilah yang membuat buah asam ini dapat membantu proses penuaan secara alami. Berkat vitamin C, rambut akar akan ternutrisi sehingga menjadikan rambut tidak mudah rontok.

Selain vitamin C, dengan adanya kandungan vitamin B kompleks yang ada di dalam buah asam juga memberi nutrisi penting yang membantu pertumbuhan rambut sehingga rambut menjadi tetap kuat dan sehat.

Bagaimana Cara Atasi Rambut Rontok dengan Belimbing Wuluh?

manfaat belimbing wuluh untuk rambut

Manfaat belimbing wuluh untuk rambut yang dapat mengatasi kerontokan ternyata sangat mudah sekali dilakukan.

  1. Pertama, ambil 1 buah belimbing wuluh yang sudah cukup matang
  2. Kemudian blender belimbing wuluh hingga halus
  3. Setelah itu barulah oleskan belimbing wuluh ke kulit kepala dan rambut secara merata
  4. Pijat kulit kepala secara perlahan
  5. Kemudian bungkus rambut dengan handuk dan diamkan kurang lebih 30 menit
  6. Terakhir, bilas atau keramasi rambut seperti biasa dan lakukan perawatan ini minimal seminggu 2 kali

Itulah cara memanfaatkan belimbing wuluh yang dijadikan sebagai perawatan rambut sehingga rambut tetap sehat dan kuat. Selain mengoleskan belimbing wuluh ke bagian kepala dan rambut, ternyata buah asam ini juga bisa menutrisi rambut dari dalam dengan cara membuat jus belimbing wuluh.

Belimbing wuluh yang rasanya asam ini tidak hanya dijadikan sebagai penyedap dalam masakan, namun ada banyak sekali khasiat yang terkandung di dalamnya. Nah, salah satunya yaitu manfaat belimbing wuluh untuk rambut. Dan ternyata manfaat belimbing wuluh untuk bibir juga ada lho!

Lantas, apakah saat ini kamu sedang dalam masa perawatan rambut ? Apakah rambutmu rontok berkepanjangan ? Tentu kamu tidak ingin terus menerus mengalami masalah rambut satu ini bukan ?

Maka dari itu, manfaat belimbing wuluh untuk rambut akan membantumu mengatasi masalah rambut yang rontok atau ketombe yang sering melanda. Selain itu, masih ada manfaat lainnya yang bisa kamu dapatkan. Penasaran kan apa saja manfaat belimbing wuluh untuk menangani permasalahan pada rambut ? Yuk intip uraian berikut ini.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Rambut

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Rambut

Ada banyak manfaat belimbing wuluh untuk rambut yang bisa kamu dapatkan, beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Mengatasi Masalah Ketombe

Siapa sih yang tidak jengkel dengan hadirnya ketomber pada kulit kepala dan rambut ? Bagi kamu yang sering punya masalah rambut dengan ketombe, coba atasi dengan belimbing wuluh !

Manfaat belimbing wuluh untuk rambut

yang pertama adalah sebagai obat anti ketombe. Buah dengan rasa asamnya ini bisa dijadikan sebagai obat alami yang ampuh untuk menghilangkan ketombe. Dan bagi kamu yang ingin memakai cara alami mengatasi ketombe, coba rasakan khasiat baiknya dari belimbing wuluh.

Masalah ketombe bisa dialami oleh siapa saja. Pasalnya, jika kurang menjaga kebersihan kulit kepala dan rambut, otomatis terjadi infeksi jamur sehingga mengakibatkan sekresi kulit kepala abnormal. Inilah beberapa resep pemakaian belimbing wuluh untuk atasi ketombe.

  1. Pertama, siapkan buah belimbing wuluh secukupnya
  2. Cuci hingga bersih
  3. Haluskan belimbing wuluh
  4. Setelah itu barulah oleskan pada kulit kepala secara merata
  5. Diamkan selama kurang lebih 30 menit
  6. Terakhir, bilas atau keramasi rambut
  7. Lakukan perawatan ini secara rutin agar ketombe segera menghilang

2. Mengatasi Rambut Berminyak

Apakah rambutmu mudah berminyak ? Jangan khawatir, coba atasi dengan cara alami untuk mengembalikan kesehatan rambut. Manfaat belimbing wuluh untuk rambut berikutnya adalah mampu mengatasi rambut yang berminyak.

Cara alami menangani rambut berminyak satu ini dikenal ampuh mengembalikan rambut yang sehat seperti sediakala. Memanfaatkan bahan alami lebih bagus khasiatnya daripada menggunakan bahan kimia.

Risiko menggunakan bahan alami seperti belimbing wuluh tidaklah seberapa tinggi jika dibandingkan dengan memakai produk yang terdapat beberapa kandungan bahan kimia di dalamnya. Inilah mengapa kamu harus beralih menggunakan bahan alami daripada produk yang mengandung bahan kimia.

Nah, sekarang, bagaimana manfaat belimbing wuluh untuk rambut dapat berkhasiat bagus untuk atasi rambut berminyak ? Caranya cukup simple. Kamu bisa menghaluskan belimbing wuluh dengan cara diblender. Nah, belimbing wuluh yang telah dihaluskan bisa digunakan menjadi bahan untuk keramas.

Lakukan perawatan keramas dengan belimbing wuluh secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Dengan perawatan rutin, kamu akan mendapati rambut sehat kembali yang terbebas dari minyak berlebihan.

3. Membasmi Kutu

Tak hanya mampu mengatasi ketombe dan rambut berminyak saja, manfaat belimbing wuluh untuk rambut juga berfungsi membasmi kutu. Persoalan hama yang tinggal di rambut ini tentu saja sangat menganggu kenyamanan.

Kutu pada rambut bisa saja mengakibatkan kulit kepala merasakan gatal yang luarbiasa. Hal ini tidak bisa disepelekan dan dibiakan begitu saja karena kutu rambut telah menghisap darah di sekitar kulit kepala sehinggaharus dibasmi.

Nah, salah satu cara alami yang ampuh membasmi kutu rambut adalah dengan memanfaatkan belimbing wuluh. Manfaat belimbing wuluh untuk rambut satu ini dikenal sangat ampuh membasmi kutu karena teracun oleh air pada belimbing wuluh.

Cobalah lakukan perawatan ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Bukankah kamu ingin membasmi seluruh kutu rambut yang mengusik kenyamanan ? Untuk itu, jangan malas memanfaatkan belimbing wuluh untuk dijadikan sebagai bahan alami pembasmi kutu.

Bagaimana cara mengatasi masalah rambut untuk atasi hama kutu ini ? Caranya sangat sederhana. Kamu cukup menggosokkan belimbing wuluh pada kulit kepala sehingga otomatis kutu yang bersarang akan tertindas.

Tips Praktis Membuat Ramuan Belimbing Wuluh

manfaat belimbing wuluh untuk rambut

Jika kamu bingung bagaimana cara mengolah atau membuat ramuan belimbing wuluh, coba simak tips yang kami bagikan berikut ini. Dengan belimbing wuluh, kamu mengatasi masalah rambut ketombe, rambut yang berminyak dan membasmi kutu rambut.

Bahan yang dibutuhkan :

  1. 1 buah belimbing wuluh
  2. 1 sdm madu

Langkah membuat ramuan belimbing wuluh :

  1. Pertama, bersihkan belimbing wuluh dan kupas
  2. Iris buah menjadi beberapa bagian
  3. Haluskan belimbing wuluh menggunakan blender
  4. Kemudian masukkan madu ke dalam belimbing wuluh yang sudah halus
  5. Setelah itu oleskan campuran bahan tersebut ke rambut secara merata
  6. Diamkan selama 15 menit
  7. Keramas atau bilas dengan air bersih

Nah, itulah dia artikel tentang manfaat belimbing wuluh untuk rambut beserta cara mengolahnya. Sekarang, kamu sudah tidak ragu lagi bukan bahwa belimbhing wuluh dapat membantu mengatasi masalah rambut ? Oleh karena itu, jangan ragu menggunakan belimbing wuluh sebagai bahan alami perawatan rambut. Oh ya, jangan lupa baca juga artikel tentang manfaat belimbing wuluh untuk ibu hamil yang penting diketahui para ladies. Selamat membaca!

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.