3 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Diet & Bakar Kalori
Rumah Sakit, Warta Bandung

3 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Diet & Bakar Kalori

Bandung, Babandungan.com – Siapa yang tak kenal dengan belimbing wuluh ? Salah satu buah yang sudah familiar di negara tropis seperti Indonesia ini memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Salah satunya adalah manfaat belimbing wuluh untuk diet yang tak diketahui oleh banyak orang.

Buah dengan rasa asam yang sangat kuat ini tak jarang hanya digunakan sebagai bahan masakan. Walaupun banyak dihindari orang karena rasa asamnya, belimbing wuluh memiliki khasiat untuk melangsingkan tubuh. Apakah manfaat belimbing wuluh untuk diet benar adanya ? Yuk mari simak artikel ini sampai tuntas.

Kandungan Nutrisi Belimbing Wuluh

manfaat belimbing wuluh untuk diet

Manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan tak bisa disepelekan. Buah ini kaya akan kandungan vitamin C, serat, pektin, terpenoid, niacin dan thiamine. Yang harus dicatat adalah kandungan vitamin C pada belimbing wuluh bermanfaat baik untuk meningkatkan metabolisme sehingga baik untuk program diet.

Manfaat Belimbing Wuluh untuk Diet

manfaat belimbing wuluh untuk diet

Tahukah kamu bahwa setiap buah yang rasanya asam memiliki khasiat untuk melangsingkan tubuh ? Tak terkecuali dengan manfaat belimbing wuluh untuk diet. Buah asam satu ini dikenal mempunyai manfaat selangit, termasuk bagus untuk menurunkan berat badan.

Berat badan ideal adalah dambaan semua orang. Sebab, obesitas atau tubuh yang terlalu kurus pun tidak baik dari segi kesehatan. Untuk itu, tak heran jika banyak perempuan yang melakukan berbagai cara untuk melakukan diet ketat.

Namun, tahukah kamu bahwa diet tak bisa dilakukan secara sembarangan ? Diet sehat bukan berarti makan sedikit, melainkan mengatur pola makan agar tidak terjadi penumpukan kalori di dalam tubuh.

Lantas, bagaimana dengan makanan yang boleh dimakan saat menjalankan diet ? Apakah belimbing wuluh termasuk buah yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan ? Hal ini mungkin menjadi pertanyaan yang masih banyak diragukan orang.

Nah, jika kamu sedang menjalani program diet, ternyata belimbing wuluh bisa menjadi salah satu buah yang membantu menurunkan berat badan secara optimal lho. Tak percaya ? Inilah dia 3 manfaat belimbing wuluh untuk diet yang harus kamu ketahui.

1. Menahan Nafsu Makan

Belimbing wuluh dengan nama latin averrhoa blimbi ini memiliki ukuran yang kecil dan lonjong, berwarna hijau dengan rasanya yang asam. Manfaat belimbing wuluh untuk diet ternyata khasiatnya sangat bagus untuk kesehatan.

Buah yang memiliki rasa asam dan kecut ini dikenal mampu menahan nafsu makan. Dengan kandungan serat di dalamnya, mengonsumsi belimbing wuluh juga dapat menahan rasa kenyang lebih lama.

Khasiat belimbing wuluh yang mampu menahan nafsu makan serta menjaga rasa kenyang lebih lama ini rupanya dapat mencegah seseorang yang menjalankan program diet untuk berhenti melakukan ngemil tak sehat yang menjadi penyebab terjadinya penumpukan kalori.

Hal ini dikarenakan seseorang yang terlalu banyak ngemil biasanya karena nafsu makannya yang tinggi. Nah, dengan manfaat belimbing wuluh untuk diet ini mampu menahan keinginan kebiasaan ngemil tersebut.

Namun, mengonsumsi belimbing wuluh ini tidak boleh berlebihan. Sebab, konsumsi makanan apapun secara berlebih tidak lah baik bagi kesehatan. Yang harus dicatat adalah bahwa cara diet yang baik haruslah memenuhi kebutuhan nutrisi yang sesuai dengan porsinya. Sehingga tubuh menjadi sehat bugar dan program diet dapat terlaksana dengan baik.

2. Meningkatkan Metabolisme

Buah yang biasanya dijadikan sebagai tambahan dalam masakan ini kaya akan vitamin C yang berfungsi untuk meningkatkan metabolisme. Nah, peningkatan metabolisme inilah yang menandakan bahwa proses metabolisme yang ada di dalam tubuh berjalan dengan baik.

Jika proses metabolisme berjalan baik, maka penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi dapat terserap dengan sempurna. Sehingga kebutuhan nutrisi tubuh saat menjalankan diet dapat menghasilkan energi.

3. Menghilangkan Penumpukan Kalori

Belimbing wuluh mengandung serat dan vitamin C yang tinggi termasuk buah yang baik dikonsumsi untuk menjalankan diet. Dan salah satu khasiat belimbing wuluh untuk menurunkan berat badan ialah berguna untuk menghilangkan penumpukan kalori.

Sebab, jika terjadi penumpukan kalori karena kalori yang berlebih masuk ke dalam tubuh, tentu saja akan mengakibatkan proses metabolisme tubuh menjadi lamba sehingga tidak mampu  menyerap nutrisi dengan sempurna.

Dengan demikian, kalori yang masuk tidak bisa diuraikan menjadi tenaga karena pada akhirnya hanya akan menumpuk di dalam tubuh saja. Nah, inilah yang menjadi salah satu penyebab terjadinya obesitas.

Maka dari itu, jika sedang menjalankan program penurunan berat badan, konsumilah belimbing wuluh yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga dengan meningkatnya metabolisme tersebut akan mampu mencegah penumpukan kalori karena semua nutrisi dapat diserap dengan sempurna sehingga dapat diurai menjadi energi.

Resep Mengolah Belimbing Wuluh

manfaat belimbing wuluh untuk diet

Mengonsumsi belimbing wuluh diketahui mampu menahan nafsu makan, meningkatkan metabolisme tubuh dan menghilangkan kalori yang menumpuk pada tubuh. Jika metabolisme tubuhnya baik, maka lemak dalam tubuh pun juga bisa luruh dengan lebih baik. Untuk itu, kamu perlu tahu cara mengolah belimbing wuluh untuk diet. Penasaran kan bagaimana ? Ini dia 3 resep cara mengolahnya.

1. Jus Belimbing Wuluh

Tahukah kamu bahwa ternyata belimbing wuluh dapat diolah menjadi minuman yang menyegarkan ? Ya, kamu bisa membuat jus belimbing wuluh. Buah dengan rasa asam kecut ini adalah mnuman yang paling sgar kalau dibikin jus. Cara mengolahnya menjadi jus pun sangat simple.

  1. Sediakan 10 buah belimbing wuluh, air secukupnya, madu 125 ml, dan garam secukupnya
  2. Cuci bersih belimbing wuluh dan buang tangkainya
  3. Rebus air dan masukkan belimbing wuluh, madu  dan garam
  4. Biarkan rebusan hingga mendingin
  5. Nah, barulah belimbing wuluh bisa diblender dengan air rebusan yang sudah dingin
  6. Sajikan jus belimbing wuluh dengan es batu

2. Sup Ikan Asam

Resep kedua cara mengolah belimbing wuluh untuk diet adalah dengan membuat sup ikan asam. Sup ikan belimbing wuluh dikenal bisa memberikan energi tambahan. Jika kamu mengolah buah asam ini untuk asupan dalam menu dietmu, berarti kamu sudah melakukan langkah yang tepat. Inilah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat belimbing wuluh menjadi sup ikan asam.

  1. Ikan sesuai selera
  2. Air secukupnya
  3. Belimbing wuluh
  4. Bawang merah, bawang putih, serai
  5. Cabai rawit
  6. Garam, gula
  7. Daun kemangi

3. Manisan Rambutan Belimbing Wuluh

Pernah makan manisan rambutan ? Sekarang coba padukan dengan buah asam belimbing wuluh untuk menambah kesegarannya. Ternyata, cemilan sehat satu ini dianggap baik bagi kesehatan tubuh, khususnya menurunkan berat badan. Nah, bagaimana cara membuat manisan rambutan belimbing wuluh ? Mudah, coba ikuti cara berikut ini.

Bahan yang diperlukan :

  1. 20 butir daging rambutan
  2. 6 buah belimbing wuluh
  3. 3 buah cabai rawit merah
  4. 1 sdm gula
  5. 1 sdt garam

Cara Pembuatan :

  1. Pertama, kupas rambutan dan ambil dagingnya
  2. Buang kulit biji yang menempel pada daging rambutan hingg bersih
  3. Cuci bersih bahan bahan
  4. Kemudian  iris belimbing wuluh dan cabai rawit dan masukkan ke dalam mangkuk
  5. Tambahkan gula dan garam secukupnya, lalu aduk rata
  6. Terkahir, simpan manisan ke dalam kulkas hingga kurang lebih 1 jam
  7. Manisan rambutan belimbing wuluh siap disajikan

Demikianlah artikel tentang 3 manfaat belimbing wuluh untuk diet dan 3 resep cara mengolahnya. Semoga dengan informasi kali ini dapat menginspirasi bagi kamu yang sedang menjalankan program diet. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan infromasi penting lainnya terkait manfaat belimbing wuluh untuk rambut dan manfaat belimbing wuluh untuk bibiryang bisa kamu dapatkan. Semoga bermanfaat !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *