Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

5 Manfaat Buah Leci Merah

manfaat buah leci merah untuk kesehatan

Buah leci merah merupakan keluarga dari buah leci biasa, yang membedakan hanya warnanya saja yang sedikit agak mencolok. Kendati demikian, rasa dan manfaat buah leci merah untuk kesehatan tetap tidak bisa diragukan lagi oleh semua orang.

Buah leci merah memiliki banyak kandungan nutrisi untuk kesehatan tubuh yang sangat sayang sekali jika kamu lewatkan. Pasalnya kandungan nutrisi ini tidak ada pada jenis buah-buahan lainnya.

Kandungan Buah Leci Merah

manfaat buah leci merah untuk kesehatan

Manfaat buah leci merah untuk menjaga kesehatan tubuh manusia sangatlah luar biasa. Pasalnya dalam buah ini terdapat berbagai macam jenis kandungan nutrisi yang sangat lengkap. Berikut adalah beberapa kandungan dari buah leci merah.

  1. Mengandung vitamin C. Vitamin C ini merupakan salah satu vitamin yang paling banyak ada pada buah leci merah.
  2. Mengandung vitamin E. Jenis vitamin ini sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh seseorang, terutama dalam hal menjaga kesehatan tulang, kualitas darah dalam tubuh, dan yang lainnya.
  3. Mengandung Vitamin K. Vitamin jenis ini sangat berperan penting dalam hal menjaga kesehatan mata, kesehatan sel-sel dalam tubuh, kecantikan bagi mereka para perempuan, dan manfaat lainnya.
  4. Mengandung tembaga. Buah leci merah telah terbukti dari berbagai riset bahwa, buah ini tergolong sebagai buah yang memiliki kandungan tembaga yang lumayan banyak.
  5. Mengandung kalium. Kandungan kalium pada buah leci merah telah terbukti secara riset mampu menurunkan resiko penyakit jantung dan juga menjaga kesehatan jantung agar tetap berfungsi maksimal.
  6. Mengandung antioksidan Polifenol. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah leci seperti epicatechin.

Selain berbagai kandungan nutrisi di atas, juga ada kandungan lain yang terkandung dalam buah leci. Yang mana dalam 100 gram buah leci segar yang kamu konsumsi memiliki kandungan nutrisi seperti:

  1. Kandungan kalori sebanyak 66 kalori
  2. Kandungan karbohidrat sebanyak 16,5 gram
  3. Kandungan gula sebanyak 15,2 gram
  4. Kandungan protein sebanyak 0,8 gram
  5. Kandungan lemak sebanyak 0,4 gram
  6. Dan kandungan serat sebanyak 1,3 gram

Dengan banyaknya kandungan yang dimiliki oleh buah leci merah, sehingga kamu tidak perlu lagi dalam meragukan manfaat buah leci merah dalam menjaga kondisi tubuh setiap saat. Berikut ini akan dijabarkan secara urut manfaat mengkonsumsi buah leci merah untuk menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Mengonsumsi Buah Leci Merah

manfaat buah leci merah untuk kesehatan

Mengkonsumsi buah leci merah dengan rutin dan dalam porsi yang seimbang, akan membawa dampak kesehatan yang sangat luar biasa bagi tubuh kamu. Tentu semua manfaat ini akan sangat sayang sekali jika kamu lewatkan.

1. Memelihara Jantung

Masalah jantung memang sangat marak terjadi belakangan ini di tengah masyarakat. Bahkan tidak jarang dari masalah ini mengakibatkan penderitanya meninggal dunia. Berbagai cara bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini. Diantaranya seperti mengkonsumsi obat-obatan, olahraga, atau melakukan pola hidup sehat.

Namun jika kamu mengambil langkah dengan cara mengkonsumsi obat-obatan, ini akan membawa dampak buruk kedepannya bagi kesehatan kamu. Pasalnya dalam obat-obatan terkandung bahan kimia.

Jika mengambil kegiatan olahraga, jarang sekali kamu bisa rutin untuk melakukannya. Akan ada banyak kendala yang menghalanginya. Entah itu karena kesibukan dalam kerja yang tidak bisa ditinggalkan atau karena waktu dalam keseharian yang sangat mepet.

Kendati demikian, kamu tidak perlu berkecil hati. Pasalnya ada cara yang bisa kamu lakukan dengan jalan menekuni pola hidup sehat. Yang mana pola hidup sehat ini bisa kamu lakukan dengan jalan mengkonsumsi buah leci merah secara rutin dan teratur.

Manfaat buah leci merah untuk memelihara kesehatan jantung kamu dapatkan karena dalam buah ini terdapat kandungan yang bernama flavonoid, kalium, dan juga tembaga. Kabar baiknya lagi, ketiga jenis kandungan tersebut bermanfaat besar dalam menjaga kesehatan jantung agar dapat berjalan normal sesuai fungsinya.

2. Mengobati Dan Mencegah Sembelit

Pernahkah kamu mengalami gangguan kesehatan sembelit? Pastinya kamu pernah mengalami masalah pencernaan ini. Berbagai faktor yang diyakini menjadi penyebab seseorang mengalami masalah sembelit, salah satunya karena faktor makanan yang kurang terkontrol.

Masalah sembelit terjadi ketika tubuh kita kekurangan serat dan kemudian berpengaruh pada sistem pencernaan. Jika ini tidak diobati, maka akan sangat menggangu aktivitas harinmu saat itu.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengobati sekaligus mencegah masalah sembelit terulang lagi dalam dirimu adalah, kamu bisa dengan mengkonsumsi buah leci merah. Manfaat buah leci merah untuk memperlancar BAB bisa kamu dapatkan karena kandungan serat yang sangat banyak pada buah tersebut.

3. Sangat Cocok Untuk Program Diet

Di luar sana banyak orang yang berlomba-lomba untuk mendapatkan postur tubuh idel. Cara yang sering mereka lakukan adalah dengan menjalani program diet. Namun sayangnya, banyak dari mereka yang gagal dalam menjalani deit ini. Entah karena tidak cocok dengan diet yang mereka lakukan atau karena ketidakmampuannya dalam mengontrol diri.

Jika kamu masih mendambakan tubuh yang langsing, kami akan rekomendasikan cara yang paling ampuh dan telah kami buktikan. Ya dengan mengkonsumsi buah leci merah. Entah itu secara langsung atau mengolahnya menjadikan jus terlebih dahulu.

Manfaat buah leci merah ampuh untuk menunjang program penurunan berat badan karena, dalam buah leci terdapat kandungan kalori yang rendah, atau dalam 100 gram buah leci merah segar mengandung setidaknya 66 kalori. Untuk itu, sangat baik juga apabila kamu gunakan agar mendapatkan manfaat buah leci untuk kecantikan dan manfaat buah leci untuk ibu menyusui.

4. Menjaga Keseimbangan Tekanan Darah

Banyak masyarakat yang mengeluhkan karena memiliki tekanan darah yang kurang terkontrol, yang mana mengakibatkan aktivitas mereka terkendala setiap harinya. Berbagai cara telah mereka lakukan namun tetap saja nihil. Nah jika kamu ada dalam lingkaran masalah ini, ada baiknya untuk menggunakan manfaat buah leci merah.

Pasalnya dalam buah ini memiliki kandungan natrium dan kalium yang sangat tinggi yang mana mampu membantu menyeimbangkan tekanan darah dalam diri. Selain itu juga, kandungan ini mampu membantu merilekskan pembuluh darah agar tetap berjalan normal sesuai dengan fungsinya.

5. Menjaga Kesehatan Tulang

Tulang merupakan organ yang sangat penting bagi semua manusia. Pasalnya, tulang ini adalah bagian yang memberi bentuk pada tubuh dan menopang segala aktivitas yang mereka lakukan. Namun apa jadinya jika tulang mengalami masalah seperti osteoporosis? Tentu akan sangat mengganggu aktivitas dan bahkan menghentikan aktivitas kamu.

Biasanya masalah tulang yang tidak sehat disebabkan karena kandungan magnesium dan kandungan fosfor yang kurang dalam tubuh. Untuk melengkapi kandungan ini, kamu bisa dengan mengkonsumsi buah leci merah.

Manfaat buah leci merah untuk kesehatan tulang didapatkan karena buah ini kaya akan kandungan fosfor dan magnesium. Jadi jika ingin memiliki tulang yang sehat, kamu harus rutin dalam mengkonsumsi buah leci dengan porsi yang teratur.

Demikian 5 manfaat buah leci merah yang sangat sayang sekali jika kamu lewatkan. Kendatipun demikian, jangan lupa untuk mengatur porsinya yang masuk dalam tubuh. Jika berlebihan, maka membawa dampak yang kurang baik bagi kesehatan.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.