Orang Bandung Berbagi Informasi seputar Bandung itu kaya curhat aja ke temen tentang indahnya kota Bandung. Banyak hal menarik di Bandung, gak cuma fashion doang, ulik yuk!

5 Manfaat Buah Leci Untuk Ibu Hamil & Kesehatan Janin

5 Manfaat Buah Leci Untuk Ibu Hamil & Kesehatan Janin

Buah leci merupakan salah satu dari beberapa jenis buah yang paling digemari banyak orang. Pasalnya buah ini memiliki cita rasa yang manis dan tekstur yang sangat lembut. Selain memiliki rasa yang enak di lidah, jika dikonsumsi dengan porsi yang wajar memiliki manfaat buah leci untuk ibu hamil.

Mengkonsumsi buah leci adalah cara yang paling ampuh digunakan oleh ibu-ibu hamil yang sedang mengandung buah hati kesayangnnya. Selain buah leci mudah ditemukan di pasaran, juga tidak terkontaminasi oleh bahan-bahan kimia. Penasaran? Berikut ulasannya!

Kandungan buah leci

manfaat buah leci untuk ibu hamil

Manfaat buah leci untuk ibu hamil memang tidak perlu diragukan lagi. Ini karena dalam buah leci yang dikonsumsi oleh ibu-ibu yang sedang mengandung buah hati terdapat kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan ketika masa kehamilan. Dalam 100 gram buah leci yang dikonsumsi, memiliki kandungan nutrisi sebagai berikut:

1. Kandungan mineral air sebanyak 81,76 gram

2. Kandungan kalori sebanyak 66 Kkal

3. Kandungan protein sebanyak 0,83 gram

4. Kandungan karbohidrat sebanyak 16,53 gram

5. Kandungan serat sebanyak 1,3 gram

6. Kandungan lemak sebanyak 0,44 gram

7. Kandungan folat sebanyak 14 mcg

8. Kandungan kalium sebanyak 171 mg

9. Kandungan gula sebanyak 15,23 gram

10. Kandungan kalsium sebanyak 5 mg

11. Kandungan sodium sebanyak 1 mg

12. Kandungan magnesium sebanyak 10 mg

14. Kandungan Zat besi sebanyak 0,31 gram

15. Kandungan seng sebanyak 0,07 mg

16. Kandungan fosfor sebanyak 31 mg

17. Kandungan Vitamin C sebanyak 71,5 mg

Karena beragam kandungan inilah yang membantu memberikan asupan nutrisi cukup untuk ibu-ibu hamil. Kandungan nutrisi ini juga ada pada manfaat buah leci madu dan manfaat buah leci untuk Kesehatan.

Manfaat Buah Leci untuk Ibu Hamil

manfaat buah leci untuk ibu hamil

Setelah kamu mengetahui beberapa kandungan nutrisi yang terkandung dalam 100 gram buah leci. Berikut akan dijelaskan secara lengkap beberapa manfaat buah leci yang sangat dibutuhkan oleh ibu yang sedang mengandung buah hati.

1. Menjaga keseimbangan sistem kekebalan tubuh

Ketika ibu-ibu sedang mengandung buah hati, sistem kekebalan dalam tubuh yang seimbang sangat dibutuhkan. Pasalnya, seorang ibu yang sedang mengandung harus tetap dalam kondisi sehat. Jika tidak demikian, maka seorang ibu akan mudah terserang penyakit dan ini memiliki dampak buruk yang sangat berbahaya bagi kesehatan janin dalam kandungan.

Untu menjaga sistem kekabalan tubuh tetap maksimal, kamu bisa dengan mengkonsumsi manfaat buah leci untuk ibu hamil. Ini karena, setiap buah leci yang dikonsumsi dalam tubuh memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Yang mana kandungan ini memiliki efek besar dalam membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh. Oleh karena demikian, kamu akan terhindar berbagai jenis penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

2. Memperlancar pencernaan

Masalah pencernaan seperti sembelit merupakan salah satu masalah kesehatan yang paling sering dialami oleh ibu-ibu yang sedang mengandung. Jika masalah ini terjadi pada dirinya, tentu sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan janin.

Oleh karena demikian, pencegahan yang lebih dini patut seorang ibu lakukan. Salah satu cara yang sangat sederhana dan sudah terbukti ampuh adalah dengan rutin mengkonsumsi buah leci.

Setiap buah leci yang masuk dalam tubuh seseorang yang mengkonsumsinya, terdapat kandungan serat yang sangat tinggi. Oleh karena kandungan serat inilah, mampu membantu memperlancar sistem pencernaan dalam tubuh si ibu. Inilah manfaat buah leci untuk ibu hamil yang kamu dapatkan apabila rutin dalam mengkonsumsinya.

3. Mengatasi stres Ketika masa kehamilan

Stres saat masa kehamilan merupakan masalah yang sering dialami oleh ibu-ibu, terutama bagi mereka yang baru pertama kali mengandung. Banyak faktor yang mempengaruhi masalah ini, seperti, karena perubahan bentuk tubuh yang sangat drastis, karena pola hidup yang berubah drastis untuk menjaga kesehatan janin, dan faktor lainnya.

Untuk itu, penting bagi kamu dalam menjaga Kesehatan mental agar tidak mengalami masalah stres. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi manfaat buah leci untuk ibu hamil. Kenapa buah leci?

Ya, karena dalam  buah leci terdapat kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Di mana kandungan ini memiliki efek rileks dalam tubuh, dan tentunya mampu mengatasi permasalah stres. Selain itu juga, kandungan antioksidan yang terdapat dalam buah leci juga berperan dalam menjaga Kesehatan tubuh dari serangan radikal bebas. Yang mana memiliki dampak dalam menjaga Kesehatan kulit seseorang.

4. Menjaga keseimbanagn cairan dalam tubuh

Kebutuhan cairan dalam tubuh Ketika masa kehamilan memang harus dijaga keseimbangannya. Pasalnya, Ketika seseorang sedang mengandung cairan dalam tubuh akan lebih mudah untuk terkuras. Di mana masalah ini disebabkan oleh aktivitas tubuh yang sangat berat Ketika masa kehamilan.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh adalah dengan mengkonsumsi buah leci. Ini karena, setiap buah leci yang dikonsumsi memiliki kandungan kalium dan mineral yang tinggi. Kandungan inilah yang mampu menjaga kadar cairan dalam tubuh kamu. Khasiat ini bisa juga kamu dapatkan pada manfaat buah leci madu dan manfaat buah leci untuk kesehatan.

5. Meredakan mual dan muntah

Kondisi Kesehatan mual dan muntah Ketika masa kehamilan merupakan keadaan yang wajar dan sering terjadi. Apalagi Ketika pagi hari saat masa-masa kehamilan muda, frekuensi perut mual dan muntah akan semakin meningkat.

Jika kondisi tersebut dibiarkan begitu saja, maka akan sangat mengganggu aktivitas rutinitas kalian di rumah. Untuk itu penting rasanya jika mencari solusi dalam mencegahnya, salah satu cara yang sudah terbukti adalah dengan mengkonsumsi buah leci.

Dalam buah leci kaya akan kandungan berupa Vitamin B, Vitamin B6, dan Vitamin C. Di mana ketiga jenis kandungan tersebut memiliki manfaat untuk mengurangi rasa mual di perut, termasuk juga muntah. Selain kandungannya, rasa asam-asam manis yang kamu rasakan Ketika mengkonsumsi buah ini memiliki efek juga dalam mengurangi rasa mual dan muntah saat masa kehamilan. Oleh karena itu, manfaat buah leci untuk ibu hamil sangat penting ketika masa-masa mengandung buah hati.

Efek Samping Mengonsumsi Buah Leci Berlebihan

manfaat buah leci untuk ibu hamil

Apapun yang dikonsumsi secara berlebihan tentu memberikan pengaruh buruk bagi Kesehatan tubuh, termasuk mengkonsumsi buah leci secara berlebihan. Jika ini yang kamu lakukan, bisa dipastikan kamu tidak akan mendapatkan manfaat buah leci untuk ibu hamil. Malah yang didapatkan adalah efek buruk yang mampu meenggangu Kesehatan seperti yang akan dijelaskan di bawah:

1. Menimbulkan sensasi panas berlebihan

Efek samping yang pertama adalah mampu menimbulkan kondisi panas yang berlebihan pada tubuh. Kondisi ini sangat berpengaruh besar terhadap kesehatan janin dalam kandungan.

2. Menaikkan kadar gula dalam darah

Mengkonsumsi buah leci secara berlebihan mampu meningkatkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh. Ini karena, dalam buah leci terkandung kadar gula yang sangat tinggi.

Itulah 5 manfaat buah leci untuk ibu hamil yang bisa kamu dapatkan ketika rutin mengkonsumsinya. Yang perlu kamu perhatikan adalah porsi dalam mengkonsumsi buah ini, pastikan untuk tidak berlebihan. Jika mengkonsumsi dalam jumlah yang berlibahan, maka akan menimbulka efek samping buruk terhadap Kesehatan ibu dan juga janin dalam kandungan.

Orang Bandung Berbagi Informasi seputar Bandung itu kaya curhat aja ke temen tentang indahnya kota Bandung. Banyak hal menarik di Bandung, gak cuma fashion doang, ulik yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *