manfaat buah leci untuk ibu menyusui
Warta Bandung

5 Manfaat Buah Leci Untuk Ibu Menyusui [Komplit]

Buah leci merupakan salah satu buah yang paling banyak disukai oleh kalangan masyarakat di Indonesia. Tekstur yang lembut dan juga rasa yang manis, menjadi idaman bagi mereka. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu akan manfaat buah leci untuk ibu menyusui.

Padahal, banyaknya kandungan yang terkandung dalam buah leci juga berpengaruh besar terhadap kesehatan ibu saat menyusi buah hati. Dan manfaat ini sudah banyak diteliti dan dibuktikan oleh para ahli dan sebagian dari masyarakan umum.

Manfaat Buah Leci Untuk Ibu Menyusui

Manfaat Buah Leci Untuk Ibu Menyusui

Berikut ini akan diulas secara lengkap terkait manfaat dari mengkonsumsi buah leci bagi ibu-ibu yang sedang menyusui buah hatinya. Dan sangat sayang sekali apabila manfaat ini dilewatkan oleh mereka.

1. Meningkatkan Imunitas Dalam Tubuh

Seorang ibu yang sedang menyusui buah hati lebih rentan terkena masalah kesehatan. Ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satu diantarnya karena faktor kelelahan.

Kesehatan tubuh yang kuat memiliki keterkaitan yang erat terhadap sistem imun dalam tubuh seorang ibu. Apabila mereka memiliki sistem imun yang lemah, maka akan lebih mudah terserang berbagai jenis gangguan penyakit. Begitu juga sebaliknya, apabila mereka memiliki sistem imun yang kuat, maka akan sangat berpengaruh terhadap kekebalan tubuh dalam menangkal berbagai jenis penyakit.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa ibu-ibu menyusui lakukan untuk meningkatkan sistem imun. Namun di sini kami memberikan cara yang paling sederhana dan sudah terbukti akan khasiatnya. Ya, dengan cara mengkonsumsi buah leci.

Manfaat buah leci untuk ibu menyusui didapatkan karena kandungan dalam buah leci terdapat kandungan vitamin C yang tinggi. Di mana vitamin ini memiliki peran penting dalam memberikan asupan nutrisi dalam tubuh untuk meningkatkan sistem imun.

Cara mendapatkan manfaat buah leci tersebut juga sangat mudah. Seorang ibu bisa dengan jalan mengkonsumsinya secara langsung atau dengan cara mengolahnya menjadikan jus terlebih dahulu. Ini tergantung dari selera masing-masing ibu.

2. Menyehatkan Kulit

Ketika seorang ibu sedang menjalani masa menyusui buah hati, tentu banyak masalah kesehatan yang akan mereka alami. Salah satu contohnya adalah pada kulitnya. Biasanya seorang ibu yang sedang menyusui bayi lebih rentan mengalami masalah kulit kusam. Ini karena adanya perubahan hormon dalam tubuh yang sangat dratis.

Jika masalah ini yang sedang kamu alami saat ini, janganlah terlalu khawatir. Sebab ada cara yang bisa dilakukan di rumah yang sangat mudah. Caranya adalah dengan jalan menggunakan manfat buah leci untuk ibu menyusui. Kenapa buha leci?

Setiap buah leci yang kamu konsumsi entah itu secara langsung atau di olah dijadikan jus mengandung kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Yang mana antioksidan ini memiliki manfaat menangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh dan juga melindungi kulit agar tetap sehat.

Khasiat ini juga sangat baik digunakan dalam manfaat buah leci bagi tubuh dan manfaat buah leci untuk wajah. Pasalnya kandungan antioksidan dalam buah leci memiliki manfaat untuk mengatasi masalah jerawat.

3. Mengurangi Stres

Ketika masa kehamilan sampai dengan masa menyusi buah hati, seorang ibu lebih rentan mengalami masalah stres. Banyak faktor yang menyebabkan gangguan psikologi ini terjadi. Maka dari itu, sebelum kamu stres ketika melewati masa-masa ini ada lebih baiknya untuk melakukan pencegahan terlebih dahulu.

Caranya pun sangat mudah, di mana kamu hanya cukup dengan mengkonsumsi buah leci secara rutin setiap hari dengan porsi yang seimbang. Nantinya, buah leci yang berhasil dicerna oleh tubuh akan memberikan kandungan antioksidannya terhadap kesehatan tubuh kita. Selain bermanfaat untuk menyehatkan kulit, kandungan antioksidan ini juga memiliki peran penting dalam merilekskan pikiran kita, terutama bagi mereka para ibu yang sedang menyusui buah hati.

Oleh karena manfaat buah leci untuk ibu menyusui inilah, banyak orang yang berbondong-bondong membeli buah leci untuk dijadikan asupan ketika masa-masa menyusui si kecil.

4. Meredakan Mual dan Muntah

Bukan hanya ketika masa kehamilan saja, ketika menyusui bayi pun seorang ibu juga masih mengalami kondisi mual dan muntah. Ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti karena faktor kelelahan, dehidrasi, perubahan hormon, atau rasa lapar saat menyusui si kecil.

Sangat bahaya apabila kondisi mual dan muntah ini diabaikan begitu saja oleh seorang ibu. Karena, selain mengganggu kesehatan si ibu juga berdampak besar terhadap kesehatan si kecil. Maka dari itu segeralah untuk melakukan tindakan.

Cara yang kami rekomendasikan di sini adalah dengan mengkonsumsi buah leci. Pasalnya manfaat buah leci untuk ibu menyusui ketika mengalami mual dan muntah sangat luar biasa. Ini disebabkan karena buah leci mengandung kandungan vitamin B, C, dan B6 yang mampu meminimalisir rasa mual dan muntah.

Selain kandungan tersebut, rasa manis bercampur sedikit rasa asam juga mampu mengurangi rasa mual pada si ibu yang sedang menyusui buah hati.

5. Mencegah Masalah Pada Usus

Seorang ibu yang sedang menyusui lebih rentan mengalami masalah pada ususnya. Ini karena, mereka sering mangalami masalah nafsu makan yang kurang atau terkadang karena kelelahan yang luar biasa hingga mereka melupakan untuk makan.

Untuk mengatasi masalah usus pada ibu yang sedang menyusui, bisa dengan jalan mengkonsumsi buah leci. Dalam buah leci yang dikonsumsi terkandung kandungan serat dan air. Yang mana mampu menjaga kesehatan pada usus.

Selain itu, kandungan tersebut juga memiliki manfaat buah leci untuk ibu menyusui dalam hal mengatasi masalah sembelit. Biasanya ibu-ibu yang sedang menyusui bayi akan lebih rentan mengalami sembelit dikarenakan perubahan hormon dalam tubuh dan juga faktor tubuh yang kurang melakukan gerakan.

Efek Samping Mengonsumsi Buah Leci

Manfaat Buah Leci Untuk Ibu Menyusui

Selain manfaat buah leci untuk ibu menyusui, juga ada efek samping yang timbul pada seorang ibu yang mengkonsumi buah leci. Efek samping ini bisa terjadi apabila mereka mengkonsumsi buah leci dalam porsi yang berlebihan. Berikut adalah beberapa efek sampingnya

1. Menghilangkan Keseimbangan Dalam Tubuh

Jika seorang ibu menyusui mengkonsumsi buah leci dengan porsi yang berlebihan, dapat mengakibatkan hilangnya keseimbangan dalam tubuh. Ini terjadi karena buah leci yang dikonsumsi secara berlebihan akan menimbulkan rasa panas pada tubuh yang tak terkontrol. Dampaknya, mereka akan mengalami masalah sakit tenggorokan, sakit pada bagian mulutnya, hidung berdarah, dan masalah kesehatan lainnya.

2. Meningkatkan Gula Darah

Banyak orang yang mengatakan bahwa buah leci dapat menurunkan dan menjaga keseimbangan gula dalam darah. Namun, manfaat ini didapatkan jika mengkonsumsinya dalam porsi normal. Beda cerita jika mereka mengkonsumsi dengan porsi yang berlebihan yang mana mampu mengakibatkan meningkatnya gula darah dalam tubuh secara drastis. Oleh karena demikian, jika kamu adalah seorang penderita diabetes harus lebih berhati-hati lagi dalam mengkonsumsi buah leci.

Itulah 5 manfaat buah leci untuk ibu menyusui yang bisa kamu dapatkan. Dan yang perlu diingat adalah, kendati buah leci memiliki banyak manfaat, kamu harus mengkonsumsinya dalam porsi wajar. Jika tidak, efek samping yang buruk bagi kesehatan kamu dapatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *