manfaat cuka apel
Warta Bandung

8 Manfaat Cuka Apel Turun Berat Badan, Jerawat & Bau Badan

Semua orang tentu sudah mengetahui tentang cuka apel, ini karena kesegaran yang dimilikinya ketika dijadikan bahan campuran sebagai pelengkap masakan. Namun tahukah kamu, dibalik kesegarannya ini ternyata terdapat manfaat cuka apel yang sangat luar biasa untuk kesehatan dan jarang diketahui orang.

Manfaat kesehatan cuka apel ini sudah banyak orang yang membuktikan. Oleh karena manfaat yang dimilikinya ini, tidak heran lagi jika banyak orang yang berbondong-bondong untuk membeli cuka apel.

Kandungan Cuka Apel

Cuka apel merupakan salah satu jenis cuka yang berasal dari hasil fermentasi buah apel. Di mana dalam fermentasi ini terdapat campuran ragi dan bakteri yang berfungsi mengubah kandungan gula dalam apel menjadi asam asetat serta alkohol. Rasa dari fermentasi ini tidak perlu diragukan lagi, sebab jika kamu mencampurkannya ke dalam makanan, maka kesegaran yang tak pernah ada dalam makanan lain kamu dapatkan.

Selain mengandung asam asetat, dalam cuka apel juga terkandung beberapa kandungan yang sangat tinggi dan bermanfaat seperti, kandungan kalsium, natrium, kalium, klorida, mineral, fluor, tembaga, pektin, bioflavonoid, folat, fosfor, biotin, katekin, vitamin A, vitamin B1, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E.

Oleh karena banyaknya kandungan tersebut, kamu tidak perlu lagi meragukan akan manfaat cuka apel untuk menjaga kesehatan dalam diri.

Khasiat Cuka Apel Yang Sayang Jika Dilewatkan

Beberapa kandungan yang terdapat dalam cuka apel sudah kamu ketahui, untuk itu, berikut akan dijelaskan secara lengkap akan khasiat cuka apel untuk menjaga kesehatan dalam diri sendiri.

1. Menurunkan Berat Badan

Banyak orang yang mendambakan memiliki postur tubuh yang ideal, namun banyak juga dari mereka yang salah cara dan bahkan tidak tahu bagaimana caranya untuk mendapatkan postur tubuh yang pas. Untuk itu, penting bagi kamu semua mengetahui bagaimana cara sebenarnya dalam menurunkan berat badan.

Salah satu cara yang sudah terbukti ampuh dan aman adalah dengan menggunakan cuka apel. Pasalnya manfaat cuka apel untuk menurunkan berat badan sudah banyak yang membuktikan.

Bukan hanya sekedar bukti saja, manfaat ini sudah dibarengi dengan hasil riset pada tahun 2006 yang dilakukan di Jepang. Di mana dalam riset tersebut ditemukan bahwa, jika seseorang rutin dan teratur dalam mengonsumsi cuka apel sebanyak 30 ml setiap hari, mampu menurunkan nafsu makan dan juga berat badan. Secara otomatis, tubuh langsing dan idel kamu dapatkan secara alami. Apakah kamu tertarik?

2. Mengatasi Jerawat

Jerawat merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada bagian permukaan kulit. Di mana bagian kulit yang paling sering mengalami masalah jerawat adalah pada wajah. Sering kali masalah jerawat ini membuat orang merasa kesal. Karena, dengan adanya jerawat yang bersarang pada wajah membuat penampilan semakin berkurang.

Sebenarnya cara untuk mengatasi jerawat pada wajah sangat banyak, namun di sini kami akan merekomendasikan cara yang alami dan sudah banyak terbukti. Ya, dengan menggunakan cuka apel. Manfaat cuka apel untuk membasmi masalah jerawat bisa kamu dapatkan karena, dalam cuka apel terdapat kandungan yang bernama asam malat. Yang mana kandungan ini memiliki fungsi sebagai anti-bakteri dan jamur yang bisa membersihkan jerawat.

Bukan hanya itu saja, pemakaian cuka apel yang rutin dan teratur bermanfaat juga untuk menghindari wajah dari kotoran, minyak, flek hitam, serta mengangkat bekas jerawat yang membandel pada kulit wajah.

3. Mengatasi Kerutan Pada Wajah

Selain memiliki  manfaat untuk membasmi jerawat, kandungan cuka apel juga memiliki manfaat untuk mengatasi kerutan pada permukaan kulit wajah. Karena kerutan ini menjadi tanda penuaan dini yang telah dialami oleh seseorang.

Sama seperti jerawat, kerutan pada permukaan kulit wajah juga memberi efek besar terhadap penampilan. Untuk itu, kamu harus menemukan solusi dalam mengatasi masalah ini.

Dari pada kamu bingung memikirkan solusinya, lebih baik kamu menggunakan cuka apel. Pasalnya jika cuka apel ini rajin dan teratur kamu implementasikan pada kulit wajah, mampu mengatasi segala bentuk kerutan pada permukaan kulit wajah kamu.

4. Menurunkan Gula Darah

Kadar gula dalam darah yang sangat tinggi bagi penderita diabetes sangatlah berbahaya. Maka dari itu, penting untuk melakukan pencegahan. Cara yang sudah banyak orang buktikan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan menggunakan manfaat cuka apel. Pasalnya, dengan meminum atau mencampurkan cuka apel pada makanan mampu memperlambat penyerapan gula dalam darah.

Menariknya lagi, manfaat ini telah dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan di Universitas Arizone, yang mana ditemukan bahwa, sering mengonsumsi cuka apel mampu meningkatkan sensivitas insulin pada mereka penderita diabetes, dan juga mampu mengontrol kadar gula dalam darah agar tetap seimbang.

Kendati demikian, kamu jangan sembarangan menggunakan cuka apel ini jika masih mengonsumsi obat-obatan untuk diabetes. Untuk menghindari kemungkinan masalah yang terjadi, sebaiknya lakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

5. Meredakan Asam Urat

Asam urat merupakan salah satu masalah yang sering menyerang banyak orang, biasanya bagian yang paling sering di serang adalah kaki. Mereka yang rentan mengalami permasalahan ini adalah orang yang memiliki usia 30 tahun ke atas. Dan keadaan asam urat ini sangat mengganggu aktivitas.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi cuka apel. Karena manfaat cuka apel di sini mampu meredakan peradangan pada sendi yang disebabkan oleh purin yang menumpuk. Untuk mendapatkan khasiat yang maksimal, kamu bisa dengan mengonsumsi secara rutin cuka apel.

6. Menghilangkan Bau Mulut

Bau mulut yang tidak sedap sering mengurangi rasa percaya diri seseorang dalam melakukan sosialisasi. Untuk itu sangat penting dalam melakukan pencegahan.

Cara yang sudah terbukti ampuh untuk mencegah bau mulut adalah dengan rutin menggunakan cuka apel. Cara pengimplementasiannya pun sangat mudah, cukup campurkan cuka apel sebanyak 15 ml dalam secangkir air, kemudian campuran ini kamu gunakan untuk berkumur pada mulut selama 10 detik.

7. Mengatasi Bau Badan

Bukan hanya memiliki khasiat untuk meredakan bau mulut saja, manfaat cuka apel juga bisa digunakan untuk meredakan bau badan yang menyengat.

Jika kamu hendak menggunakannya sebagai deodoran, kamu cukup dengan membersihkan seluruh area ketiak, kemudian celupkanlah bola kapas ke cuka apel. Setelah itu, usapkan pada bagian ketiak beberapa menit.

Namun, jika ingin menggunakan cuka apel sebagai pembersih kaki, kamu hanya cukup dengan mencampurkan ½ cangkir cuka apel pada 1 cangkir air hangat. Kemudian campuran ini kamu gunakan untuk merendam telapak kaki selama kurang lebih 15 menit. Lakukanlah kegiatan ini minimal sekali dalam seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

8. Menjadikan Rambut Tetap Berkilau

Bagi kamu yang memiliki masalah pada rambut, bisa dengan menggunakan cuka apel ini. Pasalnya kandungan yang terdapat dalam cuka apel mampu menjadikan rambut semakin berkilau, cerah, lembut, dan segar sepanjang hari.

Demikianlah 8 manfaat cuka apel yang sangat jarang orang tahu. Jika kamu tertarik, mulai dari sekaranglah untuk melakukan langkah ini. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *