Manfaat kulit jeruk bali
Warta Bandung

6 Manfaat Kulit Jeruk Bali yang Harus Kamu Tahu

Kamu sudah tahu jeruk bali, bukan? Jeruk yang kulitnya tebal ini ternyata banyak dikonsumsi masyarakat Indonesia lho. Selain rasa buahnya yang enak, ternyata kulit jeruknya pun memiliki manfaat yang tak terduga. Manfaat kulit jeruk bali yang beragam ternyata tak semua orang mengetahuinya.

Jeruk bali dengan nama latinnya Citrus grandis atau Citrus maxima ini adalah sejenis buah jeruk atau sitrus. Terkenal karena rasanya yang enak, jeruk bali pun menjadi buah favorit banyak orang. Hal ini karena mereka merasakan banyak manfaat yang diperoleh dari beragam kandungan nutrisi di dalamnya. Apa saja sih kandungan nutrisi dalam jeruk bali ?

Kandungan Nutrisi Jeruk Bali

Salah satu buah yang kaya akan vitamin C yang baik untuk kesehatan dan kecantikan adalah jeruk bali. Dengan aromanya yang khas dan rasanya yang manis campur asam, buah ini banyak menyimpan segudang manfaat karena kandungan nutrisi di dalamnya.

Tahukah kamu bahwa dalam 100 gram jeruk bali mengandung sekitar 60 mg vitamin C dan 40 kalori ? Yang mana ini artinya, jeruk bali benar-benar kaya akan vitamin dan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Tak hanya itu, berikut ini kandungan nutrisi dalam jeruk bali :

  1. Karbohidrat kompleks
  2. Serat
  3. Gula
  4. Protein
  5. Antioksidan ; falvonoid dan lycopene
  6. Mineral ; fosfor, tembaga kalium, zat besi, magensium, kalsium, mangan dan seng
  7. Vitamin B ; tiamin (vitamin B1), riboflavin (vitamin B2), niacin (vitamin B3), pyridoxine (vitamin B6) dan folat.

Kandungan Nutrisi Kulit Jeruk Bali

Dari uraian diatas, kita jadi tahu seberapa kaya kandungan nutrisi yang ada dalam buah jeruk bali. Dan tahukah kamu, ternyata kulit jeruk bali juga memiliki kandungan nutrisi yang tak kalah banyak dengan daging buahnya ?

Manfaat kulit jeruk bali yang tak banyak diketahui orang ini karena mereka mengabaikan kandungan nutrisi dalam kulit jeruk bali. Manfaat kulit jeruk untuk gigi pun kini sudah mulai digunakan sebagai bahan alami untuk memutihkan gigi lho!

Beberapa kandungan senyawa dalam kulit jeruk bali yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan adalah sebagai berikut :

  1. Fenolik
  2. Glikosida
  3. Fitoestrogem
  4. Tannin
  5. Flavonoid
  6. Alkaloid
  7. Serat
  8. Vitamin C

Nah, beberapa kandungan senyawa diatas dipercaya dapat membantu mengatasi beberapa masalah kesehatan. Tentunya, dengan pengolahan yang tepat, kamu pun bisa mendapatkan manfaat kulit jeruk bali yang tak terduga ini. Khasiat dari kulit buah ini pun dijadikan sebagai obat herbal menggunakan ekstrak dari kulit jeruk yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Manfaat Kulit Jeruk Bali

Kulit jeruk bali memiliki banyak manfaat yang cukup banyak orang yang tidak mengetahuinya. Ternyata, manfaat kulit jeruk bali juga dapat digunakan sebagai bahan alami untuk menurunkan berat badan. Penasaran kan ? Langsung saja cek uraiannya berikut ini.

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kulit jeruk bali mengandung beberapa senyawa yang bermanfaat bagi kesehatan. Tak hanya itu, kulitnya pun juga mengandung serat yang dapat membantu mencegah adanya timbunan lemak pada perut.

Serat penting yang disebut dengan pectin dalam jeruk bali ini juga memiliki kandungan yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain kulitnya, mengonsumsi buah jeruk bali akan membuat seseorang tidak mudah lapar hingga waktu makan berikutnya. Kandungan serat pectin inilah yang mampu membuat proses penurunan berat badan dapat diatasi dengan baik.

Selain itu, berkat kandungan vitamin C-nya yang terkandung dalam kulit jeruk bali pun juga berfungsi untuk membantu meluruhkan lemak pada beberapa bagian tubuh. Inilah mengapa bagi orang yang sedang menjalankan program diet, konsumis jeruk bali dapat membantu menurunkan berat badan lebih optimal.

2. Efek Terapi

Terkenal memiliki aroma yang wangi, rasanya yang asam manis, dan kaya akan nutrisi, ternyata manfaat kulit jeruk bali bisa digunakan sebagai efek terapi yang baik. Wah, bagaimana bisa ?

Berkat aroma jeruk bali yang khas ini ternyata mampu menenangkan pikiran sehingga menjadikan kualitas tidur lebih baik daripada tidak memanfaatkan aroma terapi dari kulit jeruk bali. Bagaimana memanfaatkannya ? Cukup sederhana :

  1. Letakkan kulit jeruk bali di dekat tempat tidur
  2. Aroma yang keluar dari jeruk kulit bali akan memiliki efek aromatherapi
  3. Kualitas tidur menjadi lebih baik karena membuat tidur lebih nyenyak

3. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Jangan coba-coba buang kulit jeruk sembarangan ya, karena pasalnya manfaat kulit jeruk bali dikenal sangat ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap. Karena aroma jeruk kulit bali yang khas inilah yang mampu menghilangkan aroma tak sedap di lingkungan sekitar.

Caranya pun cukup mudah, letakkan saja kulit jeruk bali di dalam wadah kemudian simpan di tempat-tempat dengan bau yang tak sedap. Kamu bisa meletakkannya di toilet untuk menghilangkan bau tak sedap disana. Atau bisa juga rebus kulit jeruk dan tuang air didihannya ke dalam selokan agar bau tak sedap segera menghilang.

4. Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat kulit jeruk bali berikutnya yang sangat sayang jika kulitnya dibuang begitu saja adalah mampu untuk mengangkat sel kulit mati. Ya, kulit jeruk bali yang kebanyakan hanya dianggap sebagai sampah ini rupanya memiliki manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan.

Dengan memanfaatkan kulit jeruk bali yang digosokkan pada bagian tubuh tertentu, ia akan mampu mengangkat sel kulit mati. Sehingga kulit akan tampak jadi lebih bersih dan cerah dari sebelumnya.

Cobalah rutin menggosokan kulit jeruk bali pada kulit, diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air dingin. Hasilnya memuaskan lho ! Ia akan merawat kulit wajah dengan mengusir komedo dan jerawat hingga menutup pori-pori. Tak percaya ? Coba saja buktikan sendiri.

5. Membantu Melancarkan Pencernaan

Kulit jeruk bali juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan alami yang membantu kerja sistem pencernaan. Ini karena kandungan serat di dalamnya yang mampu membantu melancarkan pencernaan, seperti mengatasi sembelit sehingga melancarkan penyerapan sari makanan.

6. Mengobati Demam Pada Anak

Apakah moms dirumah sudah tahu bahwa manfaat kulit jeruk bali mampu atasi demam pada sang anak ? Jika anak di rumah terkena demam, jangan buru-buru bawa ke dokter, cobalah atasi dulu dengan cara alami menggunakan kulit jeruk bali. Ini dia caranya.

  1. Pertama, siapkan bahan-bahan alami yang terdiri dari ; 200 gr kulit jeruk bali, 200 gr daun sembung, 100 gr lengkuas di iris-iris, 100 gr akar tapak liman dan 10 lembar daun sirih
  2. Kemudian campurkan bahan alami tersebut dan rebus hingga mendidih
  3. Setelah cukup hangat, maka gunakan untuk mandi berendam pada anak yang terkena demam selama kurang lebih 10 menit

Nah, itulah dia 6 manfaat kulit jeruk bali yang tak terduga. Setelah membaca artikel ini, kamu tidak akan membuang kulit jeruk bali sembarangan lagi, bukan ? Karena kamu bisa memanfaatkan kulit buah ini untuk kesehatan. Selain kulit jeruk bali, kulit jeruk nipis ternyata juga banyak khasiatnya lho ! Coba saja baca artikel tentang manfaat kulit jeruk nipis untuk diet. Selamat membaca dan semoga bermanfaat ya !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *