manfaat kulit jeruk lemon
Warta Bandung

8 Manfaat Kulit Jeruk Lemon Jarang Diketahui Orang

Manfaat kulit jeruk lemon selalu diabaikan oleh masyarakat umum karena memang informasi terkait jarang terekspos. Kali ini, penulis akan membahas tersebut agar kulit jeruk lemon ini bisa dimanfaatkan ulang dan tidak menjadi limbah cuma-cuma. Berikut adalah 8 penjelasannya.

1. Menjaga Kesehatan Mulut

Manfaat kulit jeruk lemon yang pertama adalah bisa menjaga kesehatan pada rongga mulut. Rongga mulut seseorang terkadang bisa menimbulkan bau yang tidak sedap karena hal tersebut wajar saja. Bisa disebabkan oleh air liur atau keberadaan bakteri.

Jika mulut bau juga bisa disebabkan oleh keadaan gigi kamu loh. Jika kesehatan gigi buruk maka bau mulut juga akan buruk. Kulit jeruk lemon ini bersifat anti bakteri sehingga bisa membasmi bakteri yang bersarang pada mulut. Berikut adalah cara pakainya :

  1. Sisihkan kulit lemon dan potong menjadi bagian yang lebih kecil
  2. Buka mulut dan masukkan potongan kulit lemon ke gigi, lalu gosok-gosok secara menyeluruh
  3. Lakukan setidaknya selama 5 menit
  4. Jika sudah bisa langsung kumur-kumur
  5. Jika kamu coba bicara maka mulutmu akan harum lemon

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat yang kedua terkait kesehatan jantung. Jantung merupakan organ yang sangat penting bagi manusia. Pada jantung diatur aliran darah yang sang sangat berpengaruh dalam metabolism tubuh. Jika pada jantung terjadi suatu masalah maka akan fatal akibatnya.

Ketika kinerja jantung mulai berkurang maka si penderita bisa terkena serangan serius layaknya stroke, darah tinggi dan diabetes. Untungnya, kulit lemon mengandung zat yang baik bagi kesehatan jantung seperti adanya vitamin C, pectin hingga flavonoid. Berikut cara penggunannya :

  1. Keringkan kulit lemon
  2. Masukkan kulit yang telah kering ke blender, lalu haluskan melalui alat tersebut
  3. Masukkan hasil serbuknya ke gelas
  4. Tambahkan air panas
  5. Seduh hingga serbuknya larut
  6. Minum setiap hari untuk hasil yang memuaskan

3. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat kulit jeruk lemon yang ketiga adalah bisa menjaga kesehatan tulang. Tulang berperan penting dalam aktifitas harianmu, apalagi bagi kamu yang aktif kesana-kemari. Ketika tulang terasa nyeri maka bisa dipastikan bahwa kegiatan harianmu akan terganggu.

Kamu bisa mempercayakan kesehatanmu pada kulit lemon. Lemon dan kulitnya sama – sama kaya akan kalsium. Kalsium merupakan salah satu mineral yang sangat dibutuhkan tubuh dan tugas utamanya adalah memastikan kinerja tulang tetap baik dan mecegah penyakit yang berkaitan dengan tulang datang.

4. Berperan dalam Program Diet

Manfaat yang selanjutnya terkait dengan program diet. Program diet banyak dilakukan akhir-akhir ini karena orang-orang ingin memiliki bentuk tubuh ideal dan mulai mementingkan kesehatan mereka se dini mungkin. Berikut adalah alasan kenapa kulit lemon berperan dalam program diet :

  1. Mengandung flavonoid polifenol. Zat tersebut bekerja untuk mengurangi kolestrol jahat yang ada di dalam tubuh. Jadi, bisa memastikan metabolisme tetap berjalan
  2. Mengandung karbo dan berkalori rendah. Jadi, bisa mempertahankan berat tubuh ketika nantinya sudah ideal
  3. Mengandung serat tinggi, dimana hal tersebut sangat penting untuk memperlancar pencernaan. Ketika pencernaan lancar maka kamu tidak perlu khawatir perut buncit

Cara pemakainnya bisa menjadikannya teh seperti yang dijelaskan pada poin sebelumnya atau bisa juga hanya dengan menaburkan serbuk kulit jeruk lemon di atas makananmu.

5. Mengatasi Masalah Batu Empedu

Manfaat kulit jeruk lemon yang kelima yaitu mengatasi masalah batu empedu. Batu empedu terjadi akibat penimbunan zat beracun di dalam tubuh. Biasanya terjadi ketika kamu menahan untuk buang air kecil. Ketika zat racun sudah terlalu banyak di ginjal maka ginjal tidak bisa lagi menahannya dan terjadilah pengendapan zat beracun tersebut.

Kulit jeruk lemon mengandung D-limonene yang merupakan zat alami dalam mengatasi penyakit ini. Ada sebuah penelitian dimana ketika beberapa orang disuntikkan zat D-limonene hasilnya yaitu 46% dari pasien tersebut dinyatakan sembuh dari batu ginjal. Jadi, tak perlu operasi dan keluar uang banyak, hanya tinggal konsumsi kulit lemon ini saja.

6. Merawat Kulit Agar Tetap Sehat

Merawat kesehatan kulit menjadi manfaat kulit jeruk lemon yang keenam. Kesehatan kulit sangat tergantung sekali dengan tingkat stress yang sedang dirasakan orang tersebut. Efek flavonoid dari kulit lemon bisa membuat rileks sehingga tingkat stress menurun.

Masalah kulit lainnya adalah munculnya tanda-tanda penuaan seperti :

  1. Kerutan halus
  2. Flek hitam
  3. Muncul kerutan

Tanda penuaan tersebut bisa diatasi karena kulit lemon mengandung vitamin C yang tinggi sehingga bisa membuat wajah tampak lebih muda. Jerawat dan noda hitam merupakan paket yang menjadi masalah pada wajah kebanyakan orang khususnya pada remaja.

Zat anti peradangan pada kulit lemon bisa mengatasi masalah jerawat dan flek hitam. Cara pemakaian kulit jeruk dalam kecantikan biasanya dipakai dengan cara dibuat masker. Jika belum tahu cara pembuatannya, berikut adalah penjelasannya:

  1. Kulit lemon yang telah kering di tumbuk hingga menjadi bubuk halus
  2. Bubuk halus tersebut pindahkan pada mangkuk masker dan tambahkan 1 sdm madu
  3. Campur keduanya hingga mengental
  4. Aplikasikan ke wajah yang sudah bersih
  5. Tunggu hingga 15 menit lalu bilas menggunakan air
  6. Lakukan minimal 2x per minggunya.

7. Sebagai Pengharum

Manfaat kulit jeruk lemon yang ketujuh adalah sebagai pengharum. Mungkin bahasannya mirip dengan poin ke satu, tapi alih-alih mengaharumkan anggota badan, pada poin ini lebih tertuju pada pengharum lingkungan sekitar.

Sampah merupakan masalah utama di dunia karena per harinya sampah selalu dihasilkan sedangkan tempat penampungan semakin terbatas karena sudah penuh. Jika sampah menumpuk maka akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan bisa merusak indra penciuman seseorang.

Untuk mengatasi hal tersebut, kamu bisa meletakkan kulit lemon di pojok atas tempat sampahnya. Caranya, kamu kupas kulit lemon dengan cara melingkar lalu kaitkan pada tempat sampah. . Kamu juga bisa memasangnya di setiap sudut ruangan agar ruangan tersebut menjadi wangi lemon.

Tapi, karena kulit lemon merupakan bahan organik maka tidak bisa bertahan lama karena bisa busuk dan terurai juga. Jadi harus sering-sering diganti atau kamu pake ekstraknya saja.

8. Pembersih Noda

Manfaat yang terakhir adalah untuk menghilangkan noda. Ibu-ibu kadang jengkel jika pada peralatannya terdapat noda membandel. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya mereka akan menambahkan kulit lemon di tempat cuci piring mereka. Caranya adalah sebagai berikut

  1. Masukkan pembersih alat makan dan alat dapur dari merk tertentu
  2. Tambahkan sedikit air dan masukkan kulit lemon
  3. Campurkan ketiga bahan tersebut
  4. Gosok-gosok noda menggunakan kulit lemon yang sudah tercampur bahan lainnya
  5. Jika sudah bisa langsung dibilas

Itulah 8 manfaat kulit jeruk lemon yang mungkin belum kamu ketahui. Kenali seputar pemanfaatan kulit jeruk lainnya di laman ini ya, seperti manfaat kulit jeruk bali dan manfaat kulit jeruk untuk gigi. Jika dirasa artikelnya bermanfaat jangan lupa untuk di share.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *