manfaat kulit jeruk untuk gigi
Warta Bandung

10 Manfaat Kulit Jeruk untuk Gigi yang Harus Kamu Ketahui

Siapa disini pecinta buah jeruk ? Sudah tak diragukan lagi, buah jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Jenis buah yang kaya akan nutrisi dan vitamin ini menjadi favorit banyak orang. Namun, tahukah kamu bahwa manfaat kulit jeruk untuk gigi dikenal efektif untuk memutihkan gigi?

Ternyata, tak hanya buahnya saja yang mengandung banyak nutrisi dan baik bagi kesehatan. Kulit jeruk pun juga berfungsi untuk perawatan kecantikan. Walaupun sebagian besar orang memandang kulit jeruk sebagai limbah biasa, ternyata tak banyak orang tahu akan manfaat kulit jeruk untuk gigi.

Manfaat Kulit Jeruk untuk Gigi

Sebagian besar masyarakat jika mengonsumsi jeruk, pasti kulitnya dibuang begitu saja. Hal ini karena mereka menilai bahwa kulit jeruk tak ada artinya. Sayangnya, hal itu tidaklah benar.

Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan ternyata juga bisa menangani masalah kesehatan pada gigi. Jika saat ini kamu sedang mengalami gangguan kesehatan gigi, coba manfaatkan oalahan kulit jeruk untuk mengembalikan kesehatan gigimu. Nah, sudah penasaran bukan, apa saja sih manfaat dari olahan kulit jeruk untuk kesehatan gigi ? Yuk coba intip10 manfaat kulit jeruk untuk gigi berikut ini.

1. Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat kulit jeruk untuk gigi yang pertama adalah menjaga kesehatan gigi. Hal ini memang tidak umum, karena biasanya sebagian besar orang akan memilih menggunakan pasta gigi yang bagus untuk menjaga kesehatan gigi mereka dan melakukan perawatan ke dokter gigi.

Alternatif memanfaatkan kulit jeruk untuk kesehatan gigi ini bisa kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatan gigi secara alami. Selain tidak butuh biaya banyak karena harus melakukan perawatan ke dokter gigi, bahan alaminya pun sangat mudah didapat.

Kamu bisa mengolah kulit jeruk menjadi garnish yang dapat dikonsumsi langsung atau dengan diambil sarinya untuk diminum. Dan tahukah kamu bahwa kandungan kulit jeruk ini mampu mencegah bakteri yang dapat merusak gigi ?

Nutrisi dalam kulit jeruk memiliki fungis untuk menjaga kesehatan gigi. Bakteri pada gigi akan terbunuh selama kamu mengonsumsi atau meminum ekstrak dari sari kulit jeruk. Oleh karena itu, jangan segan-segan menyimpan kulit jeruk untuk difungsikan sebagai perawatan gigi ya.

2. Membersihkan Karang Gigi

Umumnya, sebagain besar masyarakat merasa acuh jika memiliki masalah kesehatan seperti karang gigi. Sebagian dari mereka tidak melakukan perawatan ke dokter karena menganggap karang gigi tidaklah menganggu kesehatan gigi.

Namun sebenarnya, karang gigi yang cukup mengganggu dapat dibersihkan secara alami menggunakan manfaat kulit jeruk untuk gigi. Karena jika karang gigi dibiarkan begitu saja, khawatir dapat menjadikan gigi berwarna hitam. Bukankah seseorang dengan gigi hitam sangat menganggu penampilan ? Inilah sebabnya, kamu harus perhatian pada karang gigi dan coba untuk atasi dengan menggunakan kulit jeruk.

3. Menghilangkan Bau Mulut

Sering mengalami gangguan pada bau mulut ? Coba periksa kembali, apa yang menjadi penyebab bau mulut itu terjadi. Sebab, bau mulut yang tidak sedap tentunya akan mengganggu kenyamanan saat berbincang dengan dengan lawan bicara, bukan ?

Maka dari itu, kamu haru segera atasi masalah bau mulut ini dengan menggunakan manfaat kulit jeruk untuk gigi. Ya, menghilangkan bau mulut dapat dilakukan dengan memanfaatkan olahan dari kulit jeruk. Setelah itu, dijamin mulut menjadi bersih dan bau tak sedap yang mengganggu akan segera menghilang.

4. Memutihkan Gigi

Siapa disini yang tengah mengalami masalah kesehatan gigi kuning ? Tentu saja hal ini sedikit banyak membuat penampilan menjadi kurang oke ya. Sebab, gigi putih adalah idaman setiap orang.

Gigi yang berwarna kuning biasanya diakibatkan oleh kebiasaan makan yang tidak baik atau tidak rajin menggosok gigi. Sisa-sisa makanan yang menempel pada gigi, lama kelamaan akan mengubah warna gigi menjadi kuning dan tidak indah dipandang lagi.

Apakah kamu ingin cepat menghilangkan noda kuning pada gigimu ? Mudah saja. Cukup dengan memanfaatkan olahan dari kulit jeruk yang dipercaya dapat efektif memutihkan gigi.  Manfaatkan kulit jeruk dengan cara rutin menggosokkannya pada permukaan gigi, dan dalam waktu tak lama maka gigi akan menjadi putih berseri kembali.

5. Menutrisi Gusi Gigi

Manfaat kulit jeruk untuk gigi berikutnya adalah menutrisi gusi gigi. Tahukah kamu bahwa  gusi gigi sangat penting untuk dijaga kesehatannya ? Gusi gigi haruslah ternutrisi dengan baik. Sebab jika tidak, gusi gigi akan bermasalah dan menimbulkan rasa sakit.

Lantas, bagaimana menutrisi gusi gigi ? Mudah, kamu bisa memanfaatkan olahan kulit jeruk dengan menggosokkan kulit jeruk pada bagian gusi gigi. Selain itu, kulit jeruk juga bisa dikonsumsi dengan cara dibuat jus. Setelah gusi gigi ternutrisi dengan baik, maka kesehatan gigi selanjutnya pun dapat terjaga.

6. Mencerahkan Warna Gusi Gigi

Selain memberikan nutrisi pada gusi, ternyata olahan kulit jeruk juga dapat dimanfaatkan untuk mencerahkan warna gusi gigi. Manfaat kulit jeruk untuk gigi satu ini sangat baik digunakan untuk mengatasi gusi yang telah menghitam.

Memanfaatkan kulit jeruk untuk mencerahkan warna gusi caranya sangat simple sekali. Cukup oleskan dan gosokkan kulit jeruk pada gusi. Dengan kandungan D-limonene dalam kulit jeruk dipercaya dapat emngembalikan warna gusi menjadi cerah kembali. Maka dari itu, manfaatkan kulit jeruk sebisa mungkin untuk mencerahkan warna gusi.

7. Melindungi Email Gigi

Tahukah kamu bahwa ada cara alami yang paling efektif untuk melindungi email gigi ? Ya, dengan rutin menggosokkan kulit jeruk pada permukaan gigi. Manfaat kesehatan gigi satu ini bisa kamu dapatkan jika menerapkan kebiasaan baik ini setiap hari.

Email gigi harus terjaga keberadaannya sehingga dapat terbebas dari gangguan kesehatan seperti gigi sensitif. Maka dari itu, bagi kamu yang tidak ingin kesehatan gigi terganggu, maka manfaatkanlah kulit jeruk agar email gigi selalu terjaga.

8. Membersihkan Mulut

Setelah habis makan, sisa-sisa kotoran yang menempel di sekitar mulut biasanya akan menjadi sarangnya kuman dan bakteri. Jika tidak segera dibersihkan, kemungkinan akan terjadi gangguan kesehatan pada gigi.

Inilah mengapa kebersihan mulut harus senantiasa dijaga agar tidak menimbulkan penyakit. Kamu bisa membersihkannya dengan memanfaatkan kandungan dari kulit jeruk. Sari kulit jeruk dapat dijadikan sebagai obat kumur alami yang mampu membersihkan kotoran pada gigi. Sehingga bakteri-bakteri penyebab bau mulut pun segera menghilang.

9. Menjaga Kesehatan Gusi

Kandungan nutrisi pada kulit jeruk dipercaya sangat ampuh untuk menjaga kesehatan gusi. Seperti yang sudah dijelaskan pada uraian di atas, gusi yang sehat adalah pendukung utama gigi yang sehat pula. Inilah mengapa kamu harus senantiasa menjaga kesehatan gusi dengan memanfaatkan khasiat dari kulit jeruk.

10. Mencegah Gigi Berlubang

Penggunaan kulit jeruk ternyata dapat bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang lho. Manfaat satu ini dipercaya dapat menjaga mulut bersih sehingga terhindar dari bakteri penyebab penyakit gigi berlubang.

Demikianlah 10 manfaat kulit jeruk untuk gigi yang perlu kamu ketahui. Ternyata, banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan gigi, bukan ? Maka dari itu, simpan dan manfaatkan kulit jeruk dengan baik agar kesehatan gigi selalu terjaga. Semoga artikel ini dapat memberi inspirasi dan informasi yang bermanfaat ya. Kamu juga bisa mendapatkan informasi lain terkait manfaat kulit jeruk nipis utuk diet untuk menambah wawasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *