Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan
Warta Bandung

4 Manfaat Kulit Jeruk Untuk Kesehatan Jarang Diketahui

Bagi pencinta jeruk, pasti sudah tidak asing lagi nikmatnya buah satu in. Tapi tahukah kamu bahwa jeruk adalah salah satu buah yang semua komponennya bisa dimanfaatkan, termasuk bagian kulit. Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan sangat banyak sehingga ketika sedang makan jeruk, jangan terburu-buru membuang kulitnya.

Membuang kulit jeruk sama artinya dengan membuang banyak manfaat di dalamnya. Selama ini orang-orang mungkin hanya menganggap apabila aroma kulit dari buah ini sangat menyegarkan, lalu membuangnya begitu saja. Nah, agar tidak menyesal, lebih baik simak ulasan berikut untuk mengetahui apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari kulit jeruk ini.

Kandungan di Dalam Kulit Jeruk

Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan tidak akan bisa diperoleh apabila di dalamnya tidak ada kandungan vitamin dan mineral yang kaya. Kandungan manfaat yang terdapat di dalamnya inilah kemudian menjadikan buah jeruk sebagai primadona buah-buahan. Bagaimana tidak, semua komponen di dalam buah jeruk tidak ada yang terbuang karena bisa dimanfaatkan.

Tidak semua buah memiliki keistimewaan satu ini sehingga jeruk layak mendapatkan perhatian lebih. Sebelum mengetahui apa saja manfaat yang bisa diperoleh, berikut beberapa kandungan di dalam buah satu ini.

  1. Flavonoid
  2. Protein
  3. Vitamin C
  4. Pektin
  5. Senyawa fkavon polymethoxylated
  6. Senyawa limonene

Manfaat Kulit Buah Jeruk yang Bagus Untuk Kesehatan

Setiap orang pasti ingin sehat dan terhindarkan dari beragam penyakit. Berbagai cara mungkin sudah diupayakan, seperti menjaga pola makan, minum yang banyak, olahraga rutin, dan sebagainya. Namun, ada juga orang-orang yang kesulitan untuk melakukan beberapa rutinitas tersebut sehingga mengandalkan kulit jeruk bisa menjadi cara sederhana.

Harga jeruk yang sangat terjangkau dan bisa dibeli dengan mudah tentunya tidak akan menyulitkan siapapun untuk mendapatkan.  Nantinya, setelah selesai memakan semua buahnya, sisihkan bagian kulit ke dalam wadah yang bersih. Kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja khasiat yang bisa diperoleh dari pemanfaatan kulitnya.

1. Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan yang pertama adalah menjaga kesehatan gigi. Hal ini diperoleh dari kandungan senyawa antibakteri yang ada di dalam kulit buah ini. Senyawa antibakteri yang dipadukan juga dengan kandungan fosfor akan menutrisi bagian gigi secara menyeluruh.

Gigi yang awalnya mudah terasa linu, bisa perlahan-lahan sembuh apabila mendapatkan sentuhan kulit jeruk. Selain itu, ada juga kandungan senyawa limonene yang diklaim mampu memutihkan gigi secara ampuh. Tentunya hal itu tidak akan bisa didapatkan secara instan.

2. Menurunkan Risiko Berbagai Penyakit

Bagi orang-orang yang memiliki penyakit tertentu seperti masalah jantung, pencernaan, diabetes, penurunan fungsi saraf, dan yang lainnya, bisa memanfaatkan kulit buah jeruk sebagai salah satu alternatif pengobatan. Terkadang banyak yang masih belum sembuh maksimal ketika meminum obat sehingga kerap merasa frustasi.

Untuk itu, kamu bisa mencoba mengonsumsi kulit jeruk rutin setiap hari. Pasalnya, di dalam kulit jeruk terdapat senyawa berupa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan membuat tubuh semakin kebal terhadap penyakit. Senyawa ini juga secara perlahan membuat penyakit yang hinggap di dalam tubuh menjadi melemah.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung adalah organ pusat yang menjadi inti dari tubuh manusia. Jantung yang sehat akan membuat tubuh menjadi kuat dan nyaman saat beraktivitas. Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan memang sangat bagus apabila diaplikasikan untuk melindungi jantung karena di dalamnya terkandung vitamin, serat, dan mineral yang melimpah.

Dalam 100gr kulit jeruk, terkandung 11gr serat yang diimbangi juga dengan Vitamin C dari buahnya langsung. Anjuran untuk makan serat yang banyak memang tidak hanya bisa didapatkan dari buah jeruk saja, tetapi juga dari kulitnya. Untuk itu, mengonsumsinya secara rutin tentunya akan sangat efektif.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Jika kamu sedang menjalankan aktivitas diet, maka jangan lewatkan memanfaat khasiat dari kulit jeruk. Jeruk sendiri merupakan buah yang rendah kalori sehingga aman dikonsumsi bagi orang yang sedang menjalankan program diet. Begitu juga dengan kulitnya yang mengandung vitamin C mampu membantu proses membakar lemak.

Maka ketika sedang diet, banyak mengonsumsi jeruk dan kulitnya bisa menjadi cara cukup efektif untuk mengurangi kalori di dalam tubuh. Selain itu, aroma jeruk yang sangat harum dapat membuat pikiran menjadi tenang sehingga proses pembakaran lemak juga akan berjalan dengan baik.

Cara Mengolah Kulit Jeruk

Manfaat kulit jeruk untuk kesehatan yang sangat banyak membuat orang-orang menjadi penasaran sebenarnya bagaimana sih cara mengolahnya. Selama ini mungkin tidak terpikirkan sama sekali untuk mengonsumsi kulitnya, karena sama seperti buah lainnya, kulit dianggap tidak bisa dimakan.

Nah, sekarang setelah mengetahui apa saja manfaat yang bisa diperoleh dari kulit buah jeruk, saatnya kamu tahu bagaiaman cara mengolahnya. Berikut ini terdapat beberapa rekomendasi proses pengolahan kulit jeruk yang bisa dilakukan.

1. Dibuat Manisan

Untuk bisa membuat manisan, pertama-tama harus memisahkan bagian berwarna putih yang terdapat pada kulit jeruk. Pastikan hanya tersisa warna orange saja di bagian kulitnya. Lalu rebus kulit selama kurang lebih 20 menit setelah itu keringkan ke dalam wadah khsusu.

Jika sudah dirasa kering, bisa direbus kembali dengan campuran gula pasir sesuai selera. Rebus selama kurang lebih 30 menit lalu diamkan hingga benar-benar kering kembali. Setelah itu tambahkan lagi baluran gula pasir di atasnya dan masukkan kulkas agar kulit jeruk menyatu dengan gula pasir.

2. Diseduh dengan Teh

Saat sedang bersantai, minum teh bisa jadi solusi paling menyenangkan untuk menghabiskan waktu luang. Manfaat kulit jeruk dan cara mengolahnya dengan mencampurkan ke dalam teh sebenarnya adalah cara paling mudah yang bisa dilakukan.

Kulit jeruk yang sudah dipisahkan cuci dulu dengan cepat karena tidak perlu terlalu bersih. Ambil beberapa potong kulit secukupnya dan masukkan ke dalam gelas yang sudah ditambahkan sari teh. Lalu kamu bisa menambahkan air hangat dan meminumnya dengan nikmat.

3. Diolah Menjadi Kue

Tidak percaya? Banyak pembuat roti yang sudah berhasil bereksperimen dalam membuat kue kulit jeruk. Caranya sangat mudah karena hanya perlu menyiapkan potongan kulit jeruk yang sudah dibersihkan bagian warna putihnya lalu diblender hingga halus.

Campurkan saja hasil blenderan kulit tersebut ke dalam adonan kue yang sudah dibuat. Simple saja. Nantinya, kue yang dihasilkan akan memiliki cita rasa unik dan tentunya sangat nikmat. Kue ini juga bisa menjadi salah satu menu diet yang begitu nikmat.

Nah, itulah banyaknya manfaat kulit jeruk untuk kesehatan yang bisa diperoleh dengan berbagai cara pengolahan yang sangat mudah. Bahkan, manfaat kulit jeruk untuk wajah juga bisa didapatkan apabila rutin mengonsumsinya setiap hari. Untuk itu saat memakan buah satu ini, jangan pernah membuang kulitnya agar semakin banyak manfaat yang diperoleh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *