Scroll untuk baca artikel
Sekolah & Kampus

Masjid Daarut Tauhiid Bandung Jadi Tempat Wisata Religi Tidak Pernah Sepi Pengunjung

×

Masjid Daarut Tauhiid Bandung Jadi Tempat Wisata Religi Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Sebarkan artikel ini
Masjid Daarut Tauhiid Bandung Jadi Tempat Wisata Religi Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Masjid Daarut Tauhiid Bandung tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat sekitar. Mengingat tempat ibadah satu ini digagas langsung oleh salah satu ulama terkemuka di Indonesia yakni Abdullah Gymnastiar atau yang lebih akrab dengan sapaan Aa Gym.

Bahkan, masjid terkenal di Bandung ini dijadikan sebagai salah satu tempat wisata religi bagi masyarakat lokal maupun dari luar Kota Bandung. Untuk kamu yang ingin kenal lebih dekat dengan masjid tersebut bisa ikuti ulasan kami disini.

Sejarah Berdirinya Yayasan dan Masjid Daarut Tauhiid Bandung

Sebelum membahas masjid Daarut Tauhiid, perlu kamu ketahui jika dulunya masjid ini berupa yayasan yang berawal dari kegiatan kelompok pengajian dipelopori oleh soernag mahasiswa bernama Yan Gymnastiar, sekarang dikenal dengan nama Aa Gym pada tahun 1986 atau pada bulan Ramadhan 1407 H.

Adapun kelompok pengajian ini diberi nama sebagai Kelompok Mahasiswa Islam Wirausaha (KMIW). Kelompok pengajian tersebut mengadakan pengajian rutin yang materinya seputar tentang ilmu tauhid dan juga akhlak. Sumber literatur yang disampaikan berasal dari kitab-kitab karangan Ibnu Athaillah, Imam Ghazali dan lain sebagainya.

Di sisi lainnya, KMIW pun turut serta melaksanakan kegiatan usaha skala kecil, seperti percetakan, kerajinan tangan, sablon dan masih banyak yang lainnya. Kian banyaknya program yang telah dilangsung oleh oleh KMIW, maka pada tahun 1990 an namanya pun berubah menjadi Yayasan Daarut Tauhid.

Yayasan Daarut Tauhiid ini telah berdiri pada tanggal 4 September 1990. Segala macam aktivitas dari yayasan tersebut dilakukan di atas lahan tanah seluas 300 meter persegi dan dikelola langsung oleh Yayasan Daarut Tauhiid. Semula hanya berupa kamar kontrakan saja yang dihuni oleh masyarakat umum, kemduian berubah menjadi banguann yang sebagian besar jamaah pun tinggal di dalamnya.

Proses Pembangunan Masjid Daarut Tauhiid Bandung Beserta Lokasinya

Setelah memiliki jamaah yang cukup meningkat secara signifikan, guna menopang segala macam aktivitas dakwah, maka didirikan Masjid Daarut Tauhiid yang lokasinya beralamat di Jalan Gegerkalong Girang No 38, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat.

Masjid Daarut Tauhiid Bandung Jadi Tempat Wisata Religi Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Bagi lembaga Islam, masjid mempunyai peran yang begitu penting sebagai sentral kegiatan dan menjadi denyut nadi untuk kehidupan lembaga tersebut. berangkat dari sinilah, Daarut Tauhiid ini akhirnya mendirikan masjid sebagai sentral atau pusat kegiatan bagi para jamaah dan juga terbuka untuk masyarakat umum.

Masjid Daarut Tauhiid ini telah didirikan pada bulan Juli 1993 silam dengan bangunan lantai tiga. Selama proses pembangunan Masjid Daarut Tauhiid ini memakan biaya mencapai hampir 200 juta rupiah. Masjid ini pun diberi julukan sebagai Masjid Seribu Tangan, sebab dibangun secara gotong royong oleh masyarakat dan juga jamaah dari Daarut Tauhiid.

Desain dan Kemegahan dari Masjid Daarut Tauhiid Bandung

Masjid Daarut Tauhiid Bandung yang dijuluki sebagai masjid seribu umat ini berlokasi di Jalan Gegerkalong Girang No 38, Isola, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat. Luas bangunan masjid ini sekitar 898 meter persegi dan berdiri dengan kokohnya diatas tanah wakaf.

Sudah dibangun sejak tahun 1990 an, dan telah 3 kali direnovasi. Sekarang ini, Masjid Daarut Tauhiid Bandung memiliki kapasitas dalam menampung jamaah sebanyak 3000 orang. Banguann masjid pun sudah menjadi standar bangunan cabang yayasan yang lainnya.

Masjid Daarut Tauhiid Bandung Jadi Tempat Wisata Religi Tidak Pernah Sepi Pengunjung

Masjid Daarut Tauhiid Bandung pusat ini mempunyai fasilitas super lengkap seperti tempat ibadah yang luas dan nyaman, kantor DKM, kelas pelatihan, ruang pembina yayasan Aa Gym, ruang pemateri hingga ruang rapat.

Disini juga terdapat asrama santri ikhwan dalam program PPM dan Baitul Quran, masjid juga dilengkapi dengan rooftop yang cocok bagi para penghafal quran. Tidak hanya itu saja, terdapat ruangan khusus untuk jamaah berkonsultasi dengan DKM Masjid Daarut Tauhiid.

Untuk standarisasi infrastruktur Masjid Daarut Tauhiid Bandung ini sudah dilengkapi sebagai beragam fasilitas khusus difabel, seperti lift yang berada di area akhwat digunakan untuk jamaah risiko tinggi dan juga toilet difabel.

Keunikan banguanna Masjid Daarut Tauhid ini bisa kamu lihat dari perpustakaan kecil yang berada di dalam masjid. Perpustakaan ini pun diberi nama TBM Pena Alam yang bisa diakses oleh para santri maupun jamaah umum.

Intip Potret Masjid Sejuta Umat, Daarut Tauhiid Bandung

Aa Gym sudah dikenal sebagai salah satu pendakwah kondang dan juga pengelola dari Pondok Pesantren Daarut Tauhid. Masjid Daarut Tauhiid ini jadi salah satu pusat dakwah terbesar di Kota bandung.

Abdullah Gymnastiar atau Yan Gymnastiar ini mempunyai perjalanan hidup yang cukup panjang sekali. Pria kelahiran bandung tersebut sempat jadi loper koran, supir angkot guna memenuhi kebutuhan pendidikannya di jurusan teknik elektro. Setelah itu, ia akhirnya memutuskan untuk memulai usaha kecil-kecilan bersama dengan temannya melalui lembaga Keluarga Mahasiswa Islam Wiraswasta (KMIW).

Bersama dengan KMIW inilah, akhirnya tercetuslah pembangunan Daarut Tauhiid yang awal didirikan di rumah orang tua Aa Gym, dan akhirnya dipindahkan ke Jalan Gegerkalong. Berikut ini potret dan fasilitas lengkap yang bisa kamu jumpai saat datang ke Masjid Daarut Tauhid Bandung, antara lain:

1. Lingkungan sekitar masjid

Masjid Daarut Tauhid Bandung ini beralamat di Jalan Gegerkalong Girang No 38, Kota Bandung. Letak masjidnya berada tepat di pinggir jalan yang tidak begitu lebar, dan juga berseberangan dengan Pondok Pesantren Daarut Tauhiid. Kawasan di sekitar masjid pun selalu ramai oleh lalu lalang kendaraan dan juga para santri hingga mahasiswa.

Masjid Daarut Tauhiid Bandung Jadi Tempat Wisata Religi Tidak Pernah Sepi Pengunjung

2. Ruangan utama untuk shalat

Masjid Daarut Tauhid Bandung ini dibangun dengan 3 tingkat, ruangan utama pun digunakan untuk salat berjamaah di lantai dua. Untuk ruangan utama tampak begitu luas dan bisa menampung banyak jamaah. Selain itu juga, terdapat lantai satu dengan area yang sangat luas bisa digunakan untuk area salat juga.

3. Mimbar masjid dengan videotron

Salah satu bagian paling menarik dari Masjid Daarut Tauhiid ini adalah area mimbar yang mempunyai layar lebar atau videotron pada bagian atasnya. Layar tersebut juga kerap kali digunakan untuk menayangkan sesi cerah agar jamaah bisa melihat secara jelas.

Tidak lupa juga, kamu bisa melihat salah satu sisi masjid tersebut berupa area terbuka yang menyerupai seperti balkon. Area outdoor tersebut sudah dilengkapi dengan rumput sintetis sebagai alasnya sehingga nyaman untuk lesehan sambil beristirahat dan bersantai.

Akhir Kata

Masjid Daarut Tauhiid Bandung ini sudah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berbasis ISO 9001 (International Organization for Standardization) dalam pelayanannya supaya bisa berikan rasa nyaman kepada para jamaah.

Masjid Daarut Tauhiid Bandung pun dijadikan sebagai sarana dakwah sosial, yang rutin diadakan setiap hari Kamis dan diisi langsung oleh Aa Gym untuk berbagai kajian sehingga bisa kamu datang langsung kesini.