Scroll untuk baca artikel
Warta Bandung

Fakta Seputar Masjid Ganteng Bandung dan Alasan Dibaliknya

×

Fakta Seputar Masjid Ganteng Bandung dan Alasan Dibaliknya

Sebarkan artikel ini
Fakta Seputar Masjid Ganteng Bandung dan Alasan Dibaliknya

Masjid Ganteng Bandung mungkin hanya sebagian kecil dari orang yang tahu mengenai asal mula namanya yang unik. Masjid jadi tempat beribadah umat muslim dan di Indonesia yang mayoritas penduduknya beragama Islam jelas saja sudah bisa dengan mudahnya Anda temukan masjid di sekeliling.

Salah satunya di Kota Bandung, ada masjid yang memiliki julukan unik yakni masjid ganteng. Lantas, mengapa namanya seperti itu? Berikut ini kami sudah rangkum penjelasan lengkap seputar masjid ganteng Bandung yang bisa kamu ketahui disini.

Fakta Seputar Masjid Ganteng Bandung

Masjid ganteng Bandung ini beberapa waktu terakhir sedang ramai jadi bahan perbincangan netizen di media sosial TikTok. Hal tersebut bermula ketika ada seorang wanita yang menceritakan pengalamannya saat pindah dari Kota Surabaya ke Bandung.

Masjid Ganteng Bandung

Yang mana disebutkan dalam salah satu konten video TikTok tersebut, salah satunya masjid yang terkenal sekali di Kota Bandung. Di dalamnya pun, wanita tersebut menyebutkan banyak sekali pria-pria yang beribadah ke masjid dengan paras tampan atau ganteng. Berikut ini ada sederet fakta dari masjid ganteng Bandung yang perlu Anda ketahui seperti:

1. Nama asli dari masjid ganteng Bandung

Tidak ada yang tahu secara pastinya darimana sebuatan masjid ganteng ini bermula. Namun jika melihat di Google Maps, masjid ini memiliki nama asli yakni Masjid Junudurrahman.

Bagi orang Bandung sendiri mungkin tidak begitu tahu dengan sebutan masjid ganteng. Warga sekitar pun lebih sering menyebut tempat ibadah satu ini dengan sebutan Kologdam.

2. Banyak pria tampan yang beribadah di masjid

Disebut sebagai masjid ganteng Bandung ini disebabkan ada banyak jamaah pria tampan yang beribadah ke Masjid Junudurrahmah, terlebih lagi saat hari Jumat. Memang benar adanya jika ketika sedang sholat jumat berlangsung, masjid ini dipenuhi oleh kaum adam dari personil TNI AD, SMA 5 dan SMA 3 Bandung.

3. Jadi salah satu masjid favorit di Bandung

Masjid Junudurrahmah ini jadi salah satu tempat religi yang paling favorit di Kota Bandung. Hal tersebut disebabkan udara sekitar yang begitu sejuk sekali, terdapat area parkir yang sangat luas, toilet bersih, serta ada pula tambahan kopi dan teh gratis yang bisa Anda buat sendiri di masjid.

Lokasi dari Masjid Ganteng Junudurrahmah Bandung

Dari namanya saja, masjid ganteng mungkin tidak familiar bagi masyarakat Bandung, melainkan nama dari Masjid Junudurrahmah. Julukan dari mana masjid ganteng sendiri terjadi ketika ada banyak laki-laki dan anak muda yang melaksanakan ibadah shalat di masjid tersebut berparas tampan.

Masjid Junudurrahmah ini berada di lingkungan TNI AD yang memiliki nuansa nyaman dan juga sejuk. Ada banyak sekali masyarakat umum yang datang ke sini untuk beribadah ataupun sekedar melepaskan rasa lelah, jadi tempat berbincang santai dan juga berselfie di halaman masjid yang tampak begitu asri.

Untuk lokasi dari Masjid Ganteng Bandung ini beralamat di Kodiklat TNI AD dekat dengan GOR Saparua. Lebih tepatnya lagi di Jalan Sumbawa No 23, Merdeka, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat (bisa Anda klik Google Maps disini). akses mudah bisa Anda gunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum, mengingat lokasinya berada di Kota Bandung yang lebih gampang diakses.

Tampilan dan Desain Masjid Ganteng Junudurrahmah Bandung

Disini, Anda bisa melihat desain masjid yang memiliki kesan asri dan juga menyejukkan. Desain yang khas dari Jawa Barat. Secara keseluruhan, bangunan dari masjid Junudurrahmah ini memiliki konsep bangunan dengan elemen kubus dan juga banyak tiang penyangga yang diletakkan pada bagian dalam masjid.

Masjid Ganteng Bandung

Kemudian, ciri khas arsitektur Jawa Barat bisa Anda lihat dari bentuk atap masjid yang hampir seperti limas. Rasa dan nuansa tradisional pun bisa dilihat dari bentuk mimbar khotib yang terbuat dari material kayu berukir. Selain itu juga, Anda bisa merasa kenyamanan dari pepohonan di sekitar area masjid sehingga kesan sejuk bakalan terasa disini. ditambah pula dengan area teras masjid yang terbilang begitu luas cocok untuk beristirahat setelah sholat.

Keunikan dari Masjid Ganteng Bandung

Keunikan dari Masjid Ganteng Bandung Junudurrahmah ini bisa dilihat dari banguan yang cukup luas serta desain yang menarik sekali. ada banyak pengunjung yang datang kesini untuk berbahan sembari menikmati keindahan desain arsitekturnya. Keindahan tersebut bakalan membuat Anda merasa nyaman selama beribadah disini.

Interior masjid

Masjid Ganteng Bandung Junudurrahmah ini memiliki desain interior yang sangat klasik sekali dan juga tampak bersih. Mayoritas bahan yang digunakan terbuat dari material kayu, ini bisa ANda lihat dari bagian tiang penyangga masjid tepat di bagian teras yang luas.

Untuk dinding masjid pun sudah dilapisi dengan bahan material lainnya sehingga tampak begitu elegan sekali. tidak lupa juga ada mihrab dan mimbar khotib yang terbuat dari kayu jati dengan rangkaian kaligrafi jelas menambah keindahan disini.

Menara masjid

Masjid Ganteng Bandung Junudurrahmah ini sudah memiliki menara masjid yang berdiri megah dan jadi ikonik tersindir di area TNI AD tersebut. Anda bisa merasakan sentuhan desain yang begitu indah sekali dari desain menara masjid yang tepat berada pada bagian sisi masjid ganteng Bandung. Ditambah lupa dengan area hijau begitu menyejukkan saat Anda beribahan disini.

Masjid Ganteng Bandung

Dekat dengan alun-alun Bandung

Lokasi dari masjid ganteng Bandung Junudurrahmah ini bisa dikatakan strategis karena tepat berada di tengah-tengah Kota Kembang. Bahkan, Anda bisa dengan mudahnya berkunjung ke alun-alun kota yang berada di dekat masjid tersebut. akses lokasi yang begitu mudah ditemukan membuat masjid ini jadi tempat singgah semetara jamaah yang ingin beribaha dan istrihat sejenak di pelataran masjid Junudurrahmah.

Fasilitas yang Ditawarkan oleh Masjid Ganteng Bandung Junudurrahmah

Masjid ganteng Bandung ini berada tepat di pusat Kota Bandung, Jawa Barat dan bisa diakses dari segala arah. Tempat ibadah yang mana bisa dijadikan sebagai lokasi istirahat sejenak setelah sholat tersebut memiliki sejumlah fasilitas yang bisa dinikmati oleh para jamaah, di antaranya seperti:

Masjid Ganteng Bandung
  • Tempat beribadah
  • teras masjid yang luas
  • area parkir luas
  • AC
  • Ruang suci  
  • Kamar mandi dan toilet yang bersih
  • Tempat penyimpanan sepatu dan lainnya.

Akhir Kata

Masjid Ganteng Bandung ini bagi masyarakat sekitar lebih dikenal dengan nama Junudurrahmah ataupun masjid Kologdam. Tempat ibadah satu ini berada di kawasan TNI AD dan memiliki suasana sejuk dipenuhi dengan pepohonan rindang membuat Anda merasa nyaman ketika sedang beribadah disini.