Scroll untuk baca artikel
Warta Bandung

Rumah Dinas Walikota Bandung: Sejarah, Alamat, Rute, Fasilitas

×

Rumah Dinas Walikota Bandung: Sejarah, Alamat, Rute, Fasilitas

Sebarkan artikel ini
Rumah Dinas Walikota Bandung: Sejarah, Alamat,

Pendopo Kota Bandung jadi salah satu bangunan iconic yang bisa kamu kunjungi saat berada di ibukota Provinsi Jawa Barat. Bangunan pendopo ini merupakan rumah dinas sekaligus kantor untuk Wali Kota Bandung.

Perlu kamu ketahui jika berdirinya pendopo tersebut tepat bersamaan dengan berdirinya Kota Bandung. Pada saat itu, Pendopo merupakan bangunan pertama yang jadi pusat pemerintahan Kabupaten Bandung. Pendopo juga jadi bangunan pertama yang telah dibangun di kawasan Alun-alun Bandung.

Alamat dan Lokasi Pendopo Kota Bandung

Seperti yang suhda dijeaslakn, pertama kalinya pendopo diabngun tepat berada di kawasan Alun-alun Bandung. Sekarang ini Pendopo tersebut lokasinya di Jalan Dalem Kaum No 56, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat, tepatnya berseberangan dengan Alun-alun Bandung.

Rumah Dinas Walikota Bandung

Luas dari pendopo ini kisaran 18.984 meter, terdiri dari beberapa bangunan, seperti bangunan utama yang seluas 1.805 m, bangunan pendopo 470 m, bagunan tmur 445 m, bangunan barat 175 m, dan juga halaman pendopo seluas 15.475 m.

Kilas Balik Sejarah Berdirinya Pendopo Kota Bandung

Pendopo Kota Bandung ini mulai dibangun sejak tahun 1811 dan selesai pada tahun 1812. Pembangunan pendopo Bandung ini digagas oleh Bupati Bandung ke-6, Wiranatakusumah II, yang bernama asli Raden Indrareja dan biasanya dipanggil Dalem Kaum.

Bupati dengan julukan The Founding Father tersebut yang langsung memilih lokasi pembangunan pendopo tersebut. Ia pun membanguna pendopo ini tepat mengaarah ke Gunung Tangkuban Perahu, yang mana jadi simbol kepercayaan sejarah bagi masyarakat Sunda.

Rumah Dinas Walikota Bandung

Pembangunan pendopo ini jadi satu kesatuan dengan pembangunan mega proyek Jalan Pos atau Grote Postweg yang dilakukan oleh Gubernur Jenderal Daendels. Pada masa awal dibanugun, pendopo ini jadi pusat pemerintahan Bupati Bandung.

Sebelumnya, pusat pemerintahan berada di Dayeuhkolot Kota Lama, yang berjarak sekitar 10 km dari Jalan Raya Pos yang tengah dibangun. Semasa pemerintahan Bupati Wiranatakusumah, tahun 1850 banguann pendopo akhirnya direnovasi.

Bagian dinding diganti dengan tembok bata serta beratap genteng. Pada tahun 1935, dibangun pula tempat tinggal bupati tepat di belakang pendopo yang jadi hasil desain dari Presiden Soekarno.

Kemudian, ada beberapa bangunana tambahan lainnay, sepeti ruang kerja, ruang tengah, kamar utama, ruang tamu utama, ruang gudang dalam, dua kamar keluarga, ruang pertemuan dan juga ruang khsusu keluarga Bupati pada bagiana barat banguan utama.

Fakta Seputar Pendopo Kota Bandung

1. Pernah jadi pusat pemerintahan Bupati Bandung

Sebelum dijadikan sebagai rumah dinas Wali Kota Bandung, Pendopo tersebut dulunya jadi pusat pemerintahan Bupati Bandung. Pada mulanya, pusat pemerintahan berada di Dayeuhkolot Kota Lama.

Kemudian, bangauna tempat tinggal bupati tersebut dirancang pula oleh Presiden Soekarno, mulai dari bagian ruang tamu, ruang tengah dan lain sebagainya. Hingga sekarang, kamu bisa langsung melihatnya saat sedang berkunjung ke Kota Bandung.

Rumah Dinas Walikota Bandung

2. Lonceng bersejarah di halaman pendopo

Sebelum seperti sekarang ni, pendopo Kota Bandung belum mempunyai ornamen beton semen yang tampak unik. Tetapi seiring berjalannya waktu, ornamen tersebut pun akhirnya diberikan dan juga didesain di bagian kiri dan kanan gerbangnya terdapat gambar para Wali Kota Bandung dari masa ke masa.

Selain itu juga, pada halaman pendopo Bandung pun terdapat dua buah lonceng yang berukuran sangat besar, tergantung pada pilar beton. Dua lonceng tersebut didesain simetris dan juga saling berhadapan. Ada banyak cerita mengenai lonceng tersebut, mulai dari sejarah hingga cerita mistis yang mewarnainya.

3. Wali Kota Bandung, Oded, sempat ternak ayam di pendopo

Oded sebagai orang nomor satu di Kota Bandung, pernah beberapa kali memberikan penambahan nilai artistik pada pendopo, seperti halnya membuat kandang ayam dan beberapa tumbuhan yang lainnya. Kandang ayam tersebut sempat ditunjukkan oleh sang Wali Kota karena ia mempunyai program one children one DOC.

Program tersebut diberikan kepada siswa SD dan SMP supaya mereka tidak kecanduan gadget. Namun, setiap Wali Kota jelas mempunyai gaya kepemimpinan dan juga kebijakan yang berbeda-beda, yang bakal memberikan perubahan. Pendopo Kota Bandung higga kini jadi salah satu banguann bersejarah yang bisa dinikamti oleh siapa saja.

4. Wali Kota yang Sempat Tinggal di Pendopo Kota Bandung

Hingga sekarang ini, ada beberapa pejabat Wali Kota yang sempat tinggal dan juga menepati Pendopo Kota Bandung, di antaranya adalah

  • Ateng Wahyudi 1983 – 1993
  • Wahyu Hamijaya 1993 – 1998
  • Aa Tarmana 1998 – 2003
  • Dada Rosada 2003 – 2013
  • Ridwan Kamil 2013 – 2018
  • Oded M. Danial 2013 – 2023.

Rute Lengkap Menuju ke Pendopo Kota Bandung

Untuk kamu yang ingin berkunjung ke Pendopo Kota Bandung, maka bisa ikuti ulasan beserta panduan lengkapnya di bawah ini:

Gunakan kendaraan pribadi dari luar Kota Bandung

Kamu yang datang dari luar Kota Bandung melalui jalan tol, bisa masuk ke Gerbang Tol Mohammad Toha. Lanjut belok ke kiri dan ke arah Kota Bandung. Kemudian, bisa belok ke Jalan Soekarno Hatta yang menuju ke arah Leuwi Panjang.

Kamu bisa berputar arah ke Jalan Soekarno Hatta menuju ke arah Cibiru, lanjut dengan belok ke kiri Jalan Mohammad Toha arah ke Tegal Lega. Lanjut terus menuju ke ITC Kebon Kelapa.

Bisa kamu lanjutkan dengan belok ke kiri Jalan Pungkur, belok ke kanan Jalan Dewi Sartika dan ke kanan Jalan Dalem Kaum sebelum Alun-alun Kota Bandung. Posisi dari Pendopo Kota Bandung tersebut tepat berada di sebelah kanan jalan raya.

Gunakan kendaraan pribadi dari arah Gedung Sate

Jika kamu berangkat dari Gedung Sate di Jalan Diponegoro, bisa ke arah Jalan Ir H Juanda atau Dago, lanjut belok ke arah kiri menuju Jalan Merdeka. Bisa dilanjutkan hingga ke Jalan Lembong dan belok ke kanan, lurus hingga ke Jalan Tamblong.

Nantinya, kamu akan jumpai perempatan Jalan Tamblong dan Asia Afrika, bisa belok kanan ke arah Asia Afrika, lanjut belok kiri ke Jalan Otto Iskandar Dinata. Ikuti saja jalan dan ke Jalan Kepatihan, bisa belok kiri ke Dewi Sartika hingga ke Jalan Dalem Kaum yang jadi lokasi Pendopo Kota Bandung.

Akhir Kata

Pendopo Kota Bandung menjadi salah satu bangunana ikonik dan penuh sejarah yang kini bisa kamu nikmati kapan saja. desain banguann yang tampak lawas dan kini jadi tempat atau rumah dinas Wali Kota Bandung. Ada banyak kisah dan sejarah panjang yang mengawali proses pembangunan Pendopo Bupati Bandung tersebut.