Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

Penting! Tips Beli Motor Bekas Yang Aman Biar Gak Tertipu

Tips Beli Motor Bekas
Motor Ninja Bekas | Ototrix.com

Jika agan memutuskan untuk membeli motor bekas, maka hal penting yang harus agan ketahui adalah tips cara beli motor bekas ini. Bukan apa – apa, masalahnya beli motor bekas beda dengan membeli motor yang masih baru. Selain masalah kualitas motor, perihal keamanan motorpun menjadi hal yang wajib untuk diketahui terlebih dahulu.

Jika kita mau membeli motor yang masih baru mungkin sangat mudah sekali, agan tinggal bawa uang datang ke dealer terdekat, nego harga dan deal. Motor bisa di bawa dengan selamat saat itu juga. Namun, beda halnya ketika agan memutuskan untuk membeli motor bekas.

Banyak orang yang tertipu setelah melakukan pembelian motor bekas. Tertipu disini bukan hanya dari kualitas mesin motornya saja, melainkan keamanan dan legalitas motor itu sendiri. Maka dari itu sebelum agan memeutuskan untuk membeli sebuah motor bekas, perhatikan dulu tips penting berikut ini:

1. Tentukan Jenis Motor Yang Ingin Agan beli

Pertama yang harus agan lakukan adalah menentukan motor apa yang akan agan beli. Ini akan berguna untuk menentukan berapa budget yang harus agan keluarkan untuk membeli motor. Disamping itu hal ini juga berguna untuk agan melakukan survey harga market motor yang agan inginkan.

2. Research Market

Selanjutnya yang harus agan lakukan adalah mengetahui harga pasar motor yang di inginkan. Jadi sebelum melakukan pembelian motor bekas, sebaiknya lakukan research pasar terlebih dahulu. Ini perlu dilakukan agar kita tidak merasa tertipu dengan harga yang diberikan penjual ketika membeli motornya.

Kalaupun motor yang akan ditawarkan melebihi harga pasar maka dengan sangat mudah bagi kita untuk melakukan penawaran harga motor tersebut.

Untuk melakukan research harga motor bekas dipasaran agan bisa menggunakan berbagai media. Seperti media cetak ataupun media online. Jika ingin melakukan researh dengan menggunakan media cetak, maka koran ataupun taboid otomotif akan pas untuk agan gunakan.

Namun jika agan ingin melakukan researh dengan menggunakan media online maka agan bisa menggunakan berbagai situs otomotif yang membahas hal tersebut seperti situs ototrix.com ini.

3. Beli Motor Bekas di Tempat Resmi Dan Terpercaya

Nah, ini yang paling penting. Ketika agan melakukan pembelian sepeda motor bekas jangan asal – asalan melakukan pembelian, apalagi tempat dan orang yang jual gak jelas identitasnya, bahaya. Kenapa dibilang bahaya?, karena jaman sekarang banyak sekali motor hasil nodong yang dijual secara bebas di pasaran. Untuk itu berhati – hatilah dalam memilih tempat beli motor bekas. Belilah motor bekas dari orang yang terpercaya, identitasnya jelas dan sudah memiliki reputasi bagus dalam hal tersebut.

Disetiap daerah biasaya ada dealer – dealer resmi yang menjual motor bekas secara legal dan terpercaya. Bahkan biasanya di dealer – dealer seperti itu, motor bekas tidak hanya dijual secara cash melainkan juga bisa di bayar secara kredit.

4. Cek Surat – Surat Kendaraannya

Sebelum agan memutuskan untuk membeli motor bekas, pastikan terlebih dahulu legalitas motor tersebut. Motor yang layak dibeli secara legal sekurang – kurangnya memiliki 2 hal yaitu BPKB kendaraan dan STNK. Kedua hal ini wajib ada ketika agan melakukan pembelian. Jika salah satu dari 2 hal tersebut tidak ada sebaikanya jangan sekali – kali agan berani membelinya dengan alasan apapun.

Disamping itu agan juga harus mencocokan kedua surat ini dengan nomor seri rangka dan nomor mesin motor. Pastikan bahwa kedua kode rangka motor tersebut sama persis dengan yang tertera disurat. Namun, jika berbeda sebaiknya agan urungkan niat agan untuk membeli motor tersebut.

Kenapa demikian?, karena bisa dipastikan bahwa surat – surat motor tersebut adalah palsu, dan lebih bahayanya adalah motor tersebut adalah motor curian. Jika agan membelinya maka selain agan agan dirugikan uang aganpun akan dianggap sebagai penadah motor curian oleh polisi jika ketahuan.

5. Cek Body Motor

Ini tak kalah pentingnya, sebelum memutuskan untuk membeli motor bekas perhatikan dulu rangka motor tersebut. Apakah ada cacat ataukah masih mulus, tanyakan kepada penjual apakah motor tersebut pernah dibawa jatuh atau tidak. Jika iya, kemungkinan kedepannya agan harus sering services motor tersebut.

Jangan lupa tanyakan pula kepada penjual, apakah sparepart atau  suku cadang motor tersebut masih original ataukah sudah ada yang diganti. Jika memang ada yang diganti pastikan bahwa sparepart tersebut adalah sparepart yang memang bagus dan berkualitas.

6. Cek Kualitas Mesin

Ini sangat penting ketika agan melakukan pembelian motor bekas. Ketahui kualitas mesin motor yang akan agan beli. Untuk melakukan pengecekan kualitas mesin motor agan bisa mulai dari mendengarkan suara mesin motor tersebut ketika dinyalakan. Motor yang memiliki kualitas mesin bagus ialah motor yang bunyi mesinnya sangat halus ketika dinyalakan. Meski ada beberapa tipe motor yang memang berisik sejak pertama dibeli. Namun, percayalah sejelek apapun motor baru suaranya akan berbeda dengan motor bekas yang mesinnya tidak bagus.

Selain suara mesinnya, agan juga cek pada bagian oli nya. Pastikan bahwa oli rutin diganti oleh pengguna sebelumnya serta ketika melakukan pergantian oli tidak melebihi kapasitas oli yang disarankan.

7. Cek speedometer

Speedometer berfungsi sebagai alat penunjuk jarak yang telah ditempuh oleh sebuah motor. Untuk itu pastikan bahwa motor bekas yang akan agan beli memiliki jarak tempuh pemakaian yang wajar.

Umumnya pemakain wajar sebuah sepeda motor dalam jangka satu tahun adalah 10.000 KM. Jika motor yang agan beli umurnya sudah 3 tahun maka seharusnya jarak tempuh motor tersebut tidak boleh melebihi 30.000 KM.

8. Minta Kesempatan Untukk Test Ride

Untuk benar – benar memastikan kualitas motor bekas yang akan agan beli sebaiknya agan meminta penjual untuk memberikan kesempatan test ride terlebih dahulu sebelum dilakukan pembelian.

Pada saat test ride agan bisa merasakan semua kondisi kendaraan yang akan agan beli. Mulai dari kelistrikan sepeda motor, tenaga, suara mesin, trans misi gir serta akselerasi motor.

Selagi agan merasakan berbagai kelebihan dan kekurangan motor tersebut, agan bisa mencatat berbagai hal yang sekiranya kurang nyaman agan rasakan dari motor tersebut. Dan hal ini bisa agan gunakan untuk negosisasi harga dengan penjual.

Itulah sedikit info penting megenai tips beli motor bekas yang ototrix bagikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagia agan yang ingin melakukan pembelian motor bekas.

Administrator Berbagi Informasi seputar Bandung mulai dari tempat belanja, rumah sakit, sekolah, tempat kuliner, hotel, tempat wisata dan berita menarik.

14 Kebiasaan Buruk yang Bisa Membuat Motor Cepat Rusak

Kali ini kita bahas kebiasaan buruk yang membuat motor cepat rusak. Ada istilah ‘membebli baru itu mudah, yang susah itu merawatnya’.. Yup betul sekali.....
Administrator
3 min read

Mau Beli Motor tapi Gak Mau Kredit? Coba Deh Cara Ini!

Pengen beli motor tapi gak punya uang?? Baiknya kamu pelajari tentang cara beli motor tanpa kredit. Banyak diantara kita mungkin yang belum punya kendaraan motor....
Administrator
2 min read

20 Cara Merawat Motor Matic Biar Awet dan Gak Mudah Rusak

Kamu punya motor matic? Berdasarkan data penjualan seluruh kendaraan motor di indonesia, salah satu yang paling laku adalah motor matic. Faktanya bisa kita coba...
Administrator
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.