Orang Bandung Berbagi Informasi seputar Bandung itu kaya curhat aja ke temen tentang indahnya kota Bandung. Banyak hal menarik di Bandung, gak cuma fashion doang, ulik yuk!

6 Pertolongan Pertama Pada Gejala Stroke Ringan

Pertolongan Pertama Pada Gejala Stroke Ringan

Stroke bisa menyerang kapan saja dan dimana saja serta kepada siapa saja. Stroke merupakan penyakit nomor satu yang mengakibatkan kelumpuhan bahkan tingkat parahnya hingga Kematian. Saat ada orang yang mengalami stroke lakukan penanganan yang tepat. Bagaimana pertolongan pertama pada gejala stroke ringan?

Hati-hati,  jangan lakukan dengan cara yang salah, karena akibatnya bisa sangat fatal sekali. Apabila anda belum tahu, berikut ini adalah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk memberikan pertolongan pertama pada orang yang mengalami stroke.  

1. Kenali Gejalanya dengan Baik

Untuk bisa melakukan pertolongan pertama dengan baik  dan tepat, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memahami gejala yang dimiliki oleh penderita stroke. Jika anda tahu gejala yang dialami oleh penderita stroke maka anda bisa dengan cepat melakukan penanganannya.

Penderita stroke akan mengalami beberapa gejala yang dialaminya ketika mereka mengalami stroke. Beberapa gejala yang dialami oleh penderita stroke ini adalah seperti hilang keseimbangan, hilang kesadaran, vertigo, penglihatan yang buram, masalah dengan pendengaran atau penglihatan.

2. Jangan Rubah Posisinya

Ketika ada orang yang mengalami stroke dadakan tepat  di depan anda, maka pertolongan pertama pada gejala stroke ringan tersebut yang harus anda lakukan adalah jangan rubah posisinya terlebih dahulu. Hal ini bukan tanpa alasan, memindahkan posisinya hanya akan memperparah keadaannya.

Mengubah posisi orang yang mengalami stroke hanya akan memperparah keadaannya saja. Hal ini bisa memperbesar kemungkinan pecahnya pembuluh darah halus yang mengalir ke dalam otak. Lebih baik, baringkan saja di lantai dengan posisi yang lebih enak dan lebih nyaman.

3. Buat Posisinya Senyaman Mungkin

Jika ada orang yang menderita stroke mendadak, salah satu bentuk pertolongan pertama yang harus anda lakukan untuk orang tersebut adalah dengan membaringkannya dengan baik. Posisikan si penderita stroke tersebut berada di posisi yang nyaman dan tepat.

Pastikan posisi orang yang mengalami stroke tersebut berada dalam posisi yang memungkinkannya bisa bernafas dengan baik. Hal ini bertujuan agar dia bisa lebih tenang dan proses peredaran darahnya akan berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga stroke yang dialaminya akan kembali pulih.

4. Berikan Minum Agar Tidak Dehidrasi

Pertolongan pertama pada gejala stroke ringan yang paling disarankan adalah memberikan air putih. Berikanlah orang yang mengalami stroke tersebut air. Namun biasanya orang yang stroke akan sangat sulit ketika diberi minum. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikannya minum menggunakan sendok.

Berikan ia minum dengan memakai sendok agar lebih mudah masuk ke dalam mulut dan tenggorokannya. Air ini akan membantu melancarkan aliran darah dan memasukkan oksigen ke dalam darah penderita stroke. Sehingga hal ini memungkinkan stroke yang dideritanya akan pulih dengan baik.

5. Tenangkan Pikirannya

Orang yang sedang mengalami masalah stroke pikirannya pasti panik dan kalut. Tugas anda ketika memberikan pertolongan pertama adalah menenangkan pikirannya. Pikiran yang panik akan membuat tekanan darah tinggi. ini tentu akan sangat berbahaya, bahkan bisa membuat pembuluh darahnya pecah.

Hal ini jangan sampai terjadi, maka dari itu  anda tenangkan pikiran orang yang mengalami stroke tersebut dengan menyampaikan dengan kata-kata yang positif. Jangan anda tambahkan dengan kata-kata yang negatif apalagi menakut-nakutinya. Ini akan sangat membahayakan keselamatannya.

6. Bawa Ke Rumah Sakit Dalam Waktu 60 Menit

Salah satu masalah sering terjadinya Kematian karena stroke adalah karena terlambatnya membawa pasien penderita stroke tersebut ke rumah sakit. Padahal, setiap detiknya ada orang yang meninggal karena penyakit stroke ini. Setiap detik penyakit stroke akan mengalami perkembangan jika tidak ditangani secara medis dengan baik, maka akan berakibat fatal.

Jangan sampai telat anda membawa penderita stroke ke rumah sakit. Maksimal, orang yang menderita stroke tersebut harus sudah mendapatkan perawatan medis 60 menit maksimal setelah ia mengalami stroke tersebut. Apabila lebih dari itu, maka risiko Kematian bisa jadi taruhannya.

6 jenis pertolongan pertama pada gejala stroke ringan ini penting sekali dipahami bukan hanya oleh penderita, melainkan oleh orang umum. Agar mudah menolong orang lain saat ada yang mengalami hal tersebut.

Orang Bandung Berbagi Informasi seputar Bandung itu kaya curhat aja ke temen tentang indahnya kota Bandung. Banyak hal menarik di Bandung, gak cuma fashion doang, ulik yuk!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *