Scroll untuk baca artikel
Warta Bandung

Prawira Bandung Sukses Raih Gelar Juara IBL 2023 yang Pertama Kalinya

×

Prawira Bandung Sukses Raih Gelar Juara IBL 2023 yang Pertama Kalinya

Sebarkan artikel ini
Prawira Bandung Sukses Raih Gelar Juara IBL 2023 yang Pertama Kalinya

Kejuaraan IBL 2023 menjadi salah satu momentum berharga bagi masyarakat Bandung, karena klub basket asal Kota Kembang, Prawira Bandung sukses meraih gelar juaranya. Bagi kamu yang ingin tahu sepak terjang dari klub basket ternama satu ini, bisa ikuti ulasan kami di bawah ini.

Sejarah Berdirinya Klub Basket Prawira Harum Bandung

Prawira Bandung adalah klub bola basket profesional Indonesia yang bermarkas di Kota Bandung, Jawa Barat. Klub bola basket ini telah berdiri pada tahun 1991 oleh Lilian Wijaya dengan nama Hadtex Indosyntec.

Prawira Bandung Sukses Raih Gelar Juara IBL 2023 yang Pertama Kalinya

Prawira Bandung sudah terdaftar dalam divisi papan atas Perbasi sejak tahun 1994 silam. Mereka pun pernah meraih gelar juara pada tahun 1994, 1997, dan 1998. Tepat pada tahun 2023 setelah penantian panjang, akhirnya Prawira Harum Bandung sukses menyabet gelar juara Liga Bola Basket Indonesia (IBL 2023) dengan mengalahkan Pelita Jaya Bakrie Jakarta.

Kilas balik sejarah berdirinya Prawira Bandung ini pada tahun 1991 dengan nama Hadtex Indosyntec oleh Lilian Wijaya. Proyek tersebut adalah gagasan Direksi PT Hadtex Indosyntec, pada tahun 1994 klub basket ini bergabung ke dalam KOBATAMA dan berubah namanya menjadi Panasia Indosyntec pada tahun 1996.

Klub basket ini lalu melakukan perubahan kontrak sponsorship pada tahun 2004 dengan berganti nama menjadi Senatama Garuda Panasia. Tahun 2007, di bawah manajemen yang baru, klub ini berganti nama jadi Garuda Panasia Bandung.

Pada tahun 2008 dan mendapatkan sponsor dari Telkom Indonesia menjadi nama Garuda Flexi Bandung. Terakhir, pada tahun 2018, PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) akhirnya mengambil alih klub basket ini dan merubah namanya menjadi Prawira Harum Bandung yang seperti sekarang diketahui banyak orang.

Sosok Penting Dibalik Klub Basket Prawira Bandung

Pasca perolehan gelar juara IBL 2023, Prawira Bandung pun mendapatkan banyak sorotan, tidak luput juga nama Teddy Tjahjono. Sosok satu ini memang sangat berhubungan erat dengan Prawira Bandung dan juga Persib Bandung.

Prawira Bandung Sukses Raih Gelar Juara IBL 2023 yang Pertama Kalinya

Sejak tahun 2018 lalu, Persib pun kian memperkuat eksistensinya dalam kompetisis bola basket profesional di Indonesia. Eksistensi tersebut tidak hanya ke sepak bola saja, melainkan bola basket. Sejarah dari Prawira Bandung pun langsung berubah dari Garuda Bandung semenjak berada di bawah kepemilikan PT Persib Bermartabat (PBB).

Semenjak kepemilikannya berpindah, klub basket ternama Garuda Bandung pun resmi berganti namanya menjadi Prawira Bandung. Sejak saat itulah, Prawira Bandung pun jadi perwakilan eksistensi Persib dalam ajang kompetisi bola basket profesional tanah air, yaitu Indonesia Basketball League (IBL).

Afiliasi antara Persib dan Prawira Bandung pun kian tampak jelas sekali dengan adanya pemilihan logo klub beserta ikon dalam rangka upaya rebranding yang dilakukan oleh PT Persib Bandung Bermartabat.

Ikon burung garuda yang selama ini jadi ciri khas klub basket Garuda Bandung sudah eksis sejak tahun 1990 an, akhirnya pun diganti menjadi ikon harimau. Dengan langkah tersebut, akuisisi kepemilikan Garuda Bandung, Persib pun dianggap sebagai klub sepak bola pertama yang ikut serta ke dalam kejuaraan bola basket.

Walaupun jadi manajer klub dalam dua cabang olahraga yang berbeda secara bersamaan, PT Persib Bandung Bermartabat terus berupaya dan tidak akan ada perbedaan diantara kedua tim, baik Persib maupun Prawira Bandung.

Teddy Tjahyono yang menempati posisi direktur PT Persib Bandung Bermartabat menyambut baik perkembangan kali ini dan percaya bisa ikut keterlibatan sejumlah klub sepak bola bakal berikan dampak positif bagi perkembangan cabang olahraga bola basket Indonesia.

Dengan terobosan dan inovasi kali ini, Persib yang merambah ke dunia bola basket, sejumlah klub-klub sepak bola besar lainnya pun turut serta meramaikan dunia bola basket di Indonesia, seperti Dewa United Surabaya, RANS Cilegon FC, Bali United, Persita Tangerang dan lainnya.

Perjuangan Prawira Bandung dalam Menggapai Juara IBL 2023

Bagi para pecinta bola basket di Kota Bandung jelas saja penuh dengan kegembiraan, Prawira Bandung pun sukses jadi juara Indonesian Basketball League (IBL) 2023. Klub bola basket terkemuka asal Bandung tersebut sukses meraih kemenangan pada gim kedua Final IBL 2023.

Permainannya pun sontak membuat GOR C-TRA Arena penuh sesak untuk menyaksikan pertandingan Prawira Bandung berhadapan dengan Pelita Jaya Bakrie Jakarta. Prawita Bandung pun berhasil meraih skot 63-58 atas Pelita Jaya.

Jared Shaw pun tampil sebagai bintang dalam laga final tersebut. pemain asal Prawira Bandung ini berhasil menorehkan 27 poin dan 20 rebound. Saat gim pertama, Prawira Bandung berhasil meraih kemenangan atas Pelita Jaya Jakarta, saat ini sedang bermain di Hall Basket Senayan dengan kemenangan skor 74-65.

Selama ini, bola basket Indonesia tampak begitu didominasi oleh Jakarta. Semenjak IBL diadakan 20 tahun silam sampai berganti nama menjadi NBL, klub asal Jakarta pun selalu jadi langganan untuk keluar sebagai juara.

Sejak tahun 1993 hingga 2022, klub bola basket asal Jakarta seperti Satria Muda, Pelita Jaya dan Aspac silih berganti menjadi juara. Hanya pada tahun 2016, yang keluar sebagai pemenang adalah CLS Knights Surabaya.

Setelah penantian yang begitu panjang selama kurang lebih 25 tahun, akhirnya Prawira Bandung pun berhasil mengembalikan kejayaan Kota Kembang melalui gelar juara IBL 2023. Ditambah pula, pemain Prawira Bandung yakni Reza Guntara pun berhasil meraih gelar Most Valuable Player Final IBL Tokopedia 2023.

Alumnus DBL yang Jadi Pemain Basket Prawira Bandung di IBL 2023

Pada ajang Final IBL 2023, ada sekitar 8 alumnus kompetisi DBL yang ikut serta bertanding. Di klub Prawira Bandung ada 6 pemain, seperti Ada Yudha Saputera (SMAN 2 Cirebon First Team Honda DBL West Java Series 2015).

Prawira Bandung Sukses Raih Gelar Juara IBL 2023 yang Pertama Kalinya

Ada juga Hans Abraham (SMA 1 PSKD Jakarta DBL Indonesia All Star 2012), Teemo (SMA Sutomo 1 Medan DBL Indonesia All Star 2014), Reza Guntara (SMAN 9 Bandung DBL Indonesia All Star 2012).

Ada juga Fhirdan Guntara (SMAN 9 Bandung). Fhirdan pun tercatat sudah pernah jadi skuad DBL Indonesia All Star 2014 dan DBL Indonesia Selection 2015, ia juga jadi MVP Honda DBL Camp 2014.

Alumnus DBL di Prawira Bandung yang masih muda adalah Fernando Manansang. Pemain ini dulunya membela SMA Lokon St Nikolaus Tomohon yang sempat pula masuk skuad DBL Indonesia All Star 2018 dan 2019, ia juga pernah jadi MVP Honda DBL Camp 2019.