Mustakim ID Seorang Blogger, Penulis dan Penikmat Kopi. Menulis Adalah Kebutuhan dan Hobi. Selain Babandungan.com, Saya Juga Sibuk di Beberapa Media Lainnya.

√20 Pusat Oleh Oleh Bandung Paling Murah [Lengkap]

pusat oleh oleh bandung

Hampir semua daerah memiliki ciri khas oleh-oleh baik berupa makanan ataupun barang, tidak terkecuali kota Bandung. Ada banyak lho oleh-oleh khas Bandung yang sangat legendaris. Jika ke Bandung jangan lupa untuk bawa oleh-olehnya. Tapi, tahukah kamu di mana tempat pusat oleh-oleh Bandung?

Bandung selain terkenal dengan tempat wisata alam yang menakjubkan dan kulinernya, Bandung juga memiliki beragam tempat yang bisa kita gunakan untuk berbelanja oleh-oleh seusai liburan.

Nah, buat kamu yang liburan di kota Bandung dan ingin membeli oleh-oleh khas Bandung, beberapa tempat ini bisa kammu kunjungi untuk mendapatkannya dengan mudah dan harganya murah-murah.

1. Cibaduyut

Ketika kita mendengar kata Cibaduyut pasti yang terlintas di pikiran kita adalah sepatu. Kenapa seperti itu? Karena Cibaduyut merupakan salah satu sentral kerajinan tangan rumahan dari bahan kulit, inilah yang membuat nama Cibaduyut mendunia dan populer.

Cibaduyut berlokasi di Jalan Raya Cibaduyut, Bojongloa Kidul, Kota Bandung, Jawa barat. Tempat ini cocok bagi amu penggila shopping. Karena di tempat ini terdapat produksi sepatu serta tas yang tidak kalah saing dengan produk mancanegara.

Bagi kamu yang ingin membeli oleh-oleh khas Bandung di sekitar kawasan Cibaduyut menawarkan berbagai barang seperti sepatu, tas, dan dompet dari bahan kulit asli Bandung.

Hal lain yang lebih menarik dari tempat ini adalah di mana kita bisa langsung memesan barang dari pengrajinnya. Hasilnya bisa sesuai dengan yang kita inginkan.

2. Cihampelas

Di Cihampelas terdapat banyak toko yang berjejer menjual berbagai macam barang dan oleh-oleh khas Bandung.

Tempat ini juga sudah menjadi ikon dari kota Bandung sebagai salah satu pusat oleh-oleh. Mulai dari barang-barang sampai makanan khas Bandung ada di sini.

Kamu bisa berbelanja oleh-oleh khas Bandung di sini untuk dibawa pulang. Tempat ini merupakan salah satu tempat yang cukup padat baik oleh warga Bandung ataupun wisatawan. Tempat ini berlokasi di Jl. Cihampelas, Kota Bandung, Jawa Barat.

3. Kartika Sari

Di tempat ini kamu bisa mendapatkan oleh-oleh berupa roti atau kue-kue khas Bandung yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh.

Makanan ringan yang di maksud ialah pisang mollen, brownies panggang, brownies kukus, pastel, risoles kroket, dan bagelen.

Kamu dapat menjumpai pusa gerai ini di Jl. H. Akbar No. 4, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

Selain itu, kamu juga bisa menjumpainya di beberapa tempat sekitaran Bandung lainnya seperti di daerah Kopo, Cimahi, Jakeju, Antapani, Buah Batu dan lainnya.

4. Oncom Jaya

Bagi kamu yang datang ke Bandung dan mencari oleh-oleh camilan kering, kamu bisa mengunjungi toko ini yang beralamatkan di Jl. Sumanta No. 3, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung.

Makanan camilan kering ini cocok banget ya dijadikan sebagai oleh-oleh untuk kamu bawa. Makanan kering ini memiliki cit rasa khas Bandung pisan.

5. Pasar Gasibu

Tempat ini berlokasi di depan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat. Tempat ini cocok banget untuk kamu yang mau mendapatkan oleh-oleh khas Bandung dengan harga yang murah.

Di sini kamu dapat membeli berbagai aksesoris seperti kaca mata, dompet, topi, tas dan jam tangan khas Bandung.

Selai itu, ada juga beberapa pakaian asli buatan orang Bandung dengan desain yang unik dan menarik.

Namun, tempat ini hanya beroperasi pada hari Minggu saja mulai dari jam 6 pagi sampai jam 12 siang. Jadi buat kamu yang ingin datang ke tempat ini pastikan datang di jam dan hari tersebut.

6. Sentra Rajut Binong Jati

Di pusat oleh-oleh khas Bandung ini kamu bisa mendapatkan berbagai aneka rajutan untuk kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh khas Bandung.

Aneka rajutan yang di produksi di sini antara lain adalah jaket, sweter, syal, kardigan, baju hangat dan lain sebagainya. Kamu bisa pilih beragam jenis desain fashion rajut Bandung yang keren dan unik.

Tempat ini jadi salah satu pusat oleh-oleh unggulan di kota Bandung. Lokasinya di Jalan Binong Jati, Kec. Batu Nunggal, Kota Bandung.

7. Pasar Baru

Pasar Baru selain merupakan salah satu pusat oleh-oleh, juga di kenal sebagai pusat grosir terbesar di Bandung. Ada banyak oleh-oleh yang dijual dengan harga murah banget di sini.

Bahkan buat kamu yang mau jualan produk khas Bandung dan dijual di luar kota Bandung, maka Pasar Baru adalah pusat oleh-oleh Bandung paling direkomendasikan.

Di Pasar baru terdapat berbagai produk fashion, makanan khas Bandung, produk Mekah (oleh-oleh haji), dan beragam jenis oleh-oleh lain. Pasar baru berlokasi di Jalan Otto Iskandar Dinata 70 Bandung.

8. Rumah Sosis

Rumah sosis beralamat di Jalan Dr. Setiabudhi No 293-295 Sukasari Bandung ini menyediakan beragam jenis oleh-oleh makanan yang terbuat dari olahan daging.

Rumah sosis jadi tempat kuliner paling menarik di kota Bandung. Kamu bisa makan sosis sepuasnya dengan porsi dan rasa serta cara penyajian yang tidak biasa.

Kamu juga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh makanan khas kota bandung.

9. Gang Tamim

Di gang Tamim kamu bisa belanja berbagai jenis-jenis bahan tekstil yang dapat kamu jadikan oleh-oleh, sebagai bahan untuk pakaian.

Bukan hanya pesan barang jadi, kamu juga bisa buat langsung di sana. Di sana ada banyak lho tukang jahit profesional yang bisa membuatnya fashion keren dengan bahan yang kamu pilih sendiri.

10. Batagor Riri

Batagor Bandung memiliki cita rasa yang khas dan enak banget. Kamu bisa jadikan ini sebagai salah satu oleh-oleh dari kota Bandung. Jika kamu ingin membeli batagor sebagai oleh-oleh, kamu bisa mampir ke batagor Riri.

Batagor Riri ini beralamatkan di Jl. Burangrang No. 41, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung.

Jika ingin membelinya untuk oleh-oleh, belilah batagor setengah matang itu bisa membuat awet selama 3-4 hari.

11. Pasar Jumat Pusdai

Tempat ini terletak di sepanjang jalan Diponegoro hingga jalan Pusdai, pasar ini hanya buka pada hari Jumat dari jam 3 pagi sampai habis waktu Shalat Jumat.

Tempat ini menjajakan barang-barang murah sehingga kamu bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang dengan tidak terlalu menjebol isi dompet kamu.

Hampir setiap orang yang berkunjung ke Bandung pasti mampir ke tempat ini. Tempat ini menawarkan banyak sekali olahan asli Bandung baik berupa makanan ataupun pernak-pernik.

12. Gepuk Nyi Ong

Buat kamu yang ingin membawa oleh-oleh kuliner gepuk, kamu bisa langsung mengunjungi gepuk Nyi Ong. Rasanya yang khas, gurih dan nikmat serta dikemas dengan kemasan menarik, bisa jadi pilihan oleh-oleh kuliner yang tepat.

Gerai ini dapat kamu temui di kawasan Jalan Pasir Kaliki, Jalan Setiabudi, Jalan Djundjunan dan Jalan Buah Batu. Kamu bis mengunjunginya saat pagi hari ataupun sore hari.

13. Amanda Brownies

Amanda adalah alah satu olahan cake browsies khas Bandung yang paling terkenal. Rasanya yang enak dan legit jadi pilihan utama banyak orang. Bagi orang Bandung sendiri, Amanda brownies ini jadi salah satu makanan favorit.

Bagi kamu yang ingin membawa oleh-oleh brownies, bisa langsung mendatangi gerai ini. yang berlokasi di beberapa lokasi di Bandung, seperti di Jalan Rancaboleng No 28, Ruko Paskal Hyper Squer A-23, Jalan Lengkong Besar No 101 B dan di Jalan Pasir Kaliki No 27-29, Jalan Kopo depan gerbang tol Kopo, dan beberapa tempat lainnnya.

14. Pasar Buku Palasari

Jika kamu ingin membawa oleh-oleh buku yang langka, kamu bisa datang ke pasar buku Palasari.

Di Palasari ada ribuan jenis buku yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan. Ada banyak ruko-ruko yang menjajakan berbagai jenis buku baik buku fiksi ataupun non fiksi dari berbagai penerbit dan pengarang.

Bahkan kamu bisa menemukan buku tua di sini. Biasanya ada orang yang khusus jual buku-buku semacam itu.

Pasar Palasari berlokasi di Komplek Bursa Buku Palasari, Jalan Palasari, Pasar Lodaya, Lengkong, Turangga, Lengkong, Kota Bandung.

15. Saung Angklung Udjo

Jika kamu butuh oleh-oleh berupa souvenir yang terbuat dari bambu, saung angklung adalah jawabannya. Di tempat ini kamu akan menemukan beragam jenis kerajinan tangan yang terbuat dari bambu.

Angklung adalah alah satu contohnya. Angklung merupakan produk kesenian khas Jawa Barat. Kamu bisa beli angklung untuk oleh-oleh di saung angklung Udjo ini.

Tempatnya terletak di Jalan Padasuka No. 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung.

16. Tahu Susu Lembang

Kalo bicara Bandung, orang pasti tahu dengan Lembang. Lembang menyajikan pemandangan yang indah dengan tempat wisata alam beraneka raga.

Dipadukan dengan suasana dan udara yang sejuk, menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang cukup bagus di Bandung.

Selain tempatnya yang indah, dan nyaman, salah satu hal yang menarik dari lembang adalah makanan olahan susunya. Bukan hanya cake dan brownies susu saja, lembang juga terkenal dengan tahu susu.

Tahu susu bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh khas Bandung yang bisa kamu bawa pulang. Tahu ini tidak akan kamu temukan di tempat wisata lain. Karena ini hanya Lembang, Bandung yang punya.

Jika kamu ingin mendapatkan oleh-oleh tahu susu Lembang, kami bisa datang ke Jl. Raya Lembang No. 177, Jayagiri, Lembang, Kab. Bandung Barat.

17. Skoci

Bandung memang dikenal sebagai kota fashion. Tidak salah memang mereka punya segudang kerajinan fashion di hampir penjuru kotanya. Salah satunya adalah Skoci.

Di Skoci kamu bisa membeli beragam jenis t-shirt atapun kaos oblong sebagai oleh-oleh yang unik dan keren. Tempatnya berlokasi di Jl. Surapati, Kota Bandung.

18. Pasar Kosambi

Ingin bawa oleh-oleh dalam bentuk cemilan khas Bandung? Pasar Kosambi adalah jawabannya. Di pasar ini kamu bisa membeli beragam jenis cemilan khas Bandung, seperti wajit, keripik tempe, sale pisang dan yang lainnya.

Letak pasat ini berada di di Jl. R.E. Martadinata No. 85, Citarum, Bandung Wetan.

19. Toko Iteung Bandung

Satu lagi tempat yang bisa kamu kunjungi untuk mendapatkan oleh-oleh khas Bandung, yaitu Toko Iteung. Seperti namanya, tokok ini menyediakan beragam jenis kerajinan yang 100% Sunda pisan.

Toko ini menyajikan beragam jenis souvenir asli hasil kerajinan tangan orang-orang Bandung. Desain dan bentuknya yang unik-unik bisa jadi pilihan oleh-oleh yang tepat. Toko ini berlokasi di Jl. Anggrek No 55 Bandung.

20. Kopi Aroma

Jika kamu merupakan pecinta kopi, kamu juga bisa membeli oleh-oleh berupa kopi khas Bandung. Kopi Bandung ini memiliki aroma yang khas, kuat dan patinya bisa berikan sensasi ngopi yang nikmat.

Jika kamu ingin membeli oleh-oleh kopi, kamu bisa datang ke Jl. Banceuy No. 51, Braga, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung.

Nah itulah sedikit informasi tentang pusat oleh oleh Bandung, sebenarnya masih ada banyak tempat yang bis dikunjungi. Namun 20 tempat tersebut adalah yang paling mudah kamu kunjungi.

Mustakim ID Seorang Blogger, Penulis dan Penikmat Kopi. Menulis Adalah Kebutuhan dan Hobi. Selain Babandungan.com, Saya Juga Sibuk di Beberapa Media Lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *